Pencucian Uang: Pengertian, Cara Memberantas, Dan Akibat Negatifnya

Apa yang dimaksud dengan pencucian uang atau money laundering dan apa saja cara dan alat yang digunakan untuk money laundering; Dimana banyak cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan dana ilegal dan mentransfernya ke sumber yang sah melalui beberapa tahapan yang berbeda, dan pencucian uang menimbulkan banyak dampak negatif bagi perusahaan dan masyarakat selain dampak negatif terhadap output ekonomi berbagai negara. dunia.

Apa yang dimaksud dengan pencucian uang?

Pencucian uang didefinisikan sebagai proses yang bertujuan untuk melegitimasi dana yang diperoleh dari sumber ilegal seperti perdagangan narkoba.Keuangan memiliki kebijakan khusus untuk mengetahui dan memerangi operasi ini.

Baca Juga: 10 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021

Bagaimana Prosesnya?

Banyak orang ingin menggunakan uang ilegal secara efektif, yang membuat mereka melakukan pencucian uang sehingga uang ini tampak sah dan digunakan dengan mudah, dengan mentransfer uang tunai ke salah satu bentuk uang lain dan kemudian melakukan banyak operasi keuangan kompleks yang bertujuan mengembalikan uang tunai. Untuk menyimpan dana tersebut di bank, dan pemilik dana ini menggunakannya dalam siklus ekonomi normal untuk mendapatkan legitimasi hukum yang diperlukan.

Alat

Ada banyak alat dan sarana yang digunakan dalam proses pencucian uang, antara lain sebagai berikut:

Penataan simpanan:

Banyak orang membagi sejumlah besar uang menjadi sejumlah kecil uang untuk menghilangkan keraguan tentang dana ini, dan kemudian menyetorkan dana ini ke rekening bank yang berbeda.

Bank luar negeri:

Banyak pencuci uang bekerja untuk mengirim uang ke luar negeri yang dibedakan dengan menerima uang dari sumber yang tidak diketahui dan kemudian melakukan beberapa operasi kompleks untuk mendapatkan uang ini kembali.

Trending:  Update Harga Emas Hari Ini jumat 21/05

Perusahaan Phantom:

Perusahaan -perusahaan ini terbiasa mengambil uang sebagai pembayaran dari harga berbagai barang tanpa barang di tanah, untuk mendapatkan faktur palsu yang membantu mencuci uang.

Baca Juga: Apa itu Aset Digital, cara berdagang, cara membayar pajak?

Tahapan

Proses pencucian uang meliputi tiga tahapan yang berbeda, yaitu:

Menyetorkan:

Tahap ini termasuk mengumpulkan dana ilegal dan menyimpannya dalam sistem keuangan legal dengan mentransfernya dari uang tunai ke jenis uang lain.

Kamuflase:

Tahap ini menangani pengaburan sumber dana yang sebenarnya melalui banyak operasi keuangan yang kompleks, untuk mendapatkan uang kembali dan menyimpannya di bank.

Integrasi:

dana sebelumnya digunakan dalam banyak proyek ekonomi legal untuk mendapatkan tampilan hukum yang sehat dan untuk menjauhkan pemiliknya dari akuntabilitas hukum.

Konsekuensi

Tentunya banyak sekali dampak negatif dari operasi pencucian uang setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan money laundering dan apa saja sarana yang digunakan dalam proses tersebut. Diantara dampak negatif tersebut adalah sebagai berikut:

Efek pada perusahaan:

Keandalan perusahaan yang melakukan operasi pencucian uang oleh pelanggan mereka turun secara signifikan, yang menyebabkan penurunan pendapatan mereka, selain dampak pada berbagai operasi komersial perusahaan-perusahaan ini juga.

Efek ekonomi:

Pencucian uang menyebabkan penurunan kinerja banyak perusahaan, yang menyebabkan penurunan jumlah uang yang beredar di beberapa negara, dan juga mengubah banyak perusahaan produsen menjadi perusahaan steril yang ditujukan untuk hal demikian.

Efek sosial:

Penurunan kinerja perusahaan mengarah pada penyediaan banyak layanan buruk kepada pengguna, dan penyebaran pencucian uang menyebabkan pengeluaran lebih banyak uang untuk memerangi operasi ini, yang mengarah pada penurunan pengeluaran publik.

Negara-negara di seluruh dunia mengeluarkan undang-undang dan peraturan yang bertujuan untuk mencegah penjahat memperoleh dana dari sumber yang tidak diketahui dan kemudian mengubahnya menjadi dana yang sah.

Trending:  Apa itu Akuntansi Keuangan? Pengertian, fungsi, Tujuan dan Poin lainya

dampak negatif dari berbagai operasi money laundering; Karena operasi ini mempengaruhi kehidupan individu dalam masyarakat selain dampaknya terhadap perekonomian negara, negara-negara terus bekerja untuk memerangi para pelaku melalui undang-undang yang diberlakukan.

Originally posted 2021-12-30 20:12:46.

Check Also

Cara Mengelola Uang Untuk Pengusaha

Mengelola uang untuk pengusaha – Hal penting yang perlu diketahui pengusaha dalam pengelolaan uang adalah …