Pentingnya Ansuransi Jiwa untuk Hidup Anda

  1. Masyarakat Indonesia pada umumnya lebih menekankan pada akumulasi aset seperti tanah, rumah dan emas untuk mendukung mata pencaharian mereka. Namun, melihat nilai jual kembali, saya tidak yakin properti saya dapat menjamin ketenangan pikiran dan kenyamanan melalui pentingnya asuransi jiwa.

Sebagai contoh, katakanlah kepala rumah tangga mengalami bencana dan salah satu anggota keluarga menjualnya. Mungkin nilainya lebih dari saat pertama kali membelinya, apakah proses penjualannya mudah dan cepat?

Beberapa anggota keluarga mulai memahami hal ini, sehingga peran  asuransi jiwa menjadi salah satu tanggung jawab mereka untuk dimiliki sebagai aset tambahan keluarga. Ternyata asuransi jiwa, khususnya asuransi jiwa unit link, menawarkan banyak keunggulan dibandingkan investasi.

Jadi sebelum mengetahui kelebihan dan manfaat pentingnya asuransi jiwa, ada baiknya juga memahami jenis-jenis asuransi jiwa yang ada.

Ada empat jenis asuransi jiwa

  1. Whole life insurance

Ini adalah asuransi whole life yang memberikan Anda ketenangan pikiran meskipun Anda meninggal dunia. Dengan menggunakan asuransi jiwa seperti itu, keluarga perusahaan asuransi dapat hidup tenang dengan membayar premi asuransi bulanan.

  1. Asuransi jiwa berjangka

Asuransi jiwa berjangka terbatas ini adalah asuransi jiwa yang berlaku hanya selama 10 tahun, 20 tahun atau jangka waktu yang disepakati. Selama periode tersebut, Anda memiliki asuransi jiwa sesuai dengan premi yang telah disepakati, dan tentunya Anda hanya membutuhkan premi sesuai dengan periode yang disepakati.

  1. Asuransi jiwa Dwiguna (asuransi jiwa modal)

Seperti namanya, adalah sahabat asuransi karena tidak hanya melindungi jiwa dan kesehatan, tetapi sahabat asuransi juga menabung untuk masa depan dengan jenis asuransi jiwa ini, dapat melipatgandakan keuntungan.

  1. Asuransi jiwa unit link

Jika Anda adalah perusahaan asuransi yang sering mendengar tentang manfaat  asuransi jiwa yang ditawarkan, asuransi jiwa jenis ini tidak hanya menawarkan keamanan tetapi juga kenyamanan. Kegunaan dan manfaat asuransi jiwa terletak pada kemudahan proses klaim.

Trending:  Mengenal Asuransi Penyakit Kritis Dan Tips Memilihnya

Tentunya didukung oleh para pemasar asuransi jiwa yang telah beralih dari teman asuransi menjadi keluarga. Asuransi jiwa juga memberikan peningkatan nilai yang aman dan konstan. Nilai tunai asuransi jiwa dijamin oleh perusahaan asuransi, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Perlindungan aset keuangan jangka panjang memungkinkan sebagian dari nilai tunai digunakan untuk biaya hidup. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi kehidupan sahabat asuransi, maka dari itu pernyataan pentingnya memiliki asuransi jiwa itu benar.

Pentingnya Memiliki Asurasi Jiwa

Kebanyakan orang memiliki akses ke beberapa bentuk pertanggungan asuransi jiwa. Secara khusus, banyak ahli sepakat bahwa baik orang dewasa maupun anak-anak membutuhkan perlindungan yang signifikan.

Limra, Asosiasi Riset Asuransi dan Jasa Keuangan, telah melakukan Survei Barometer Asuransi 2020. Faktanya, jumlah orang dengan asuransi jiwa di Amerika Serikat telah turun 54% selama dekade terakhir.

Para ahli Limra mengatakan bahwa tren itu mungkin dapat disebabkan oleh adanya penurunan yang signifikan dalam memberi manfaat asuransi jiwa kelompok berbasis bagi pemberi kerja. Namun, hasilnya tetap sama saja.

Lebih sedikit orang yang memiliki asuransi jiwa. Ini berarti lebih sedikit keluarga yang menerima perlindungan finansial. Jika Anda tidak yakin apakah Anda memerlukan asuransi jiwa, ada beberapa alasan mengapa pernyataan pentingnya asuransi jiwa itu benar;

  1. Penggantian pendapatan

Pada dasarnya,  asuransi ini dirancang untuk dapat memberikan pendapatan pengganti setelah kematian nasabah. Ini bisa menjadi penting ketika kita memiliki pasangan atau orang yang kita cintai yang ternyata bergantung pada kita selama bertahun – tahun.

  1. Bantuan keuangan lainnya

Jika Anda memiliki pinjaman pada mobil, utang pada kartu kredit, atau bahkan komitmen keuangan lainnya, Anda dapat menggunakan hasil asuransi jiwa milik Anda untuk melunasi utang.

Trending:  Asuransi Alianz Syariah Tidak Kalah dengan Asuransi Konvensional

Tanpa asuransi, tentunya keluarga Anda harus pusing memikirkan cara melikuidasi properti atau membayar tagihan setelah Anda pergi.

  1. Pertanggungan Biaya Pemakaman

Tanpa pertanggungan asuransi jiwa, akan sulit bagi keluarga untuk menutupi biaya akhir dari prosesi pemakaman.

  1. Beli dengan Suku Bunga Rendah

Jika saat ini Anda masih muda dan sehat, kini saatnya membeli asuransi jiwa yang memenuhi syarat dengan suku bunga rendah. Jika Anda menunggu untuk mendapatkan asuransi dan kesehatan Anda memburuk.

Anda mungkin tidak bisa mendapatkan asuransi jiwa nantinya. Namun, para ahli sendiri sudah sepakat bahwa ada situasi di mana asuransi jiwa tidak diperlukan sama sekali. Asuransi jiwa adalah salah satu masa yang kurang penting karena kita masih muda, tidak memiliki hutang, dan tidak memiliki tanggungan.

Begitu pula ketika kita sudah tua dan memiliki banyak harta. Atau saat Anda pensiun dan tidak perlu lagi mengganti penghasilan Anda yang tidak ada.

  1. Hindari risiko masalah mendadak

Semua orang, termasuk Anda dan keluarga, berisiko sakit. Ketika Anda dirawat di rumah sakit, tidak seperti ketika Anda menggunakan asuransi, biaya rawat inap tidak murah, sehingga biayanya tentu saja tinggi. Tabungan bisa berkisar dari jutaan hingga puluhan juta.

Namun, jika Anda memiliki asuransi kesehatan, jangan khawatir, biaya rawat inap akan ditanggung oleh asuransi. Ini adalah salah satu pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan untuk Anda dan keluarga.

  1. Dapatkan fasilitas terbaik di rumah sakit

Jika Anda memiliki asuransi pribadi, Anda memiliki akses ke fasilitas rumah sakit terbaik. Info: Banyak perusahaan asuransi bekerja sama dengan rumah sakit ternama dengan peralatan yang paling terbaik.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …