8 Penyebab Laptop Rusak Penting

Dalam pekerjaan sehari-hari tentu setiap orang memerlukan perangkat pendukung seperti handphone canggih. Namun tidak itu saja, banyak juga aktivitas yang membutuhkan perangkat lebih memadai seperti menggunakan Laptop atau PC, sehingga penting mengetahui  penyebab laptop rusak.

Penggunaan laptop yang mudah dan simpel membuat banyak orang lebih menyukai perangkat ini dalam beraktivitas. Meskipun begitu, laptop juga mudah mengalami kerusakan karena berbagai hal yang jarang disadari pemilik atau penggunanya.

Penyebab laptop rusak

Laptop Sering Kehabisan Baterai

Penggunaan benda elektronik seperti laptop memang cukup rawan mengalami kerusakan baik ringan maupun berat. Saat laptop mengalami masalah tentu pemilik akan dibuat bingung cara memperbaikinya.

Meskipun begitu, bnayk orang yang tidak menyadari penyebab laptop rusak terutama karena hal sepele. Padahal banyak hal yang bias menyebabkan laptop mudah bermasalah seperti kebiasaan saat mengisi daya.

Pasalnya kebiasaan mengisi daya menunggu laptop kehabisan baterai bahkan hingga mati membuat baterai cepat rusak. Baterai yang sering dibiarkan sampai mati akan lebih mudah aus dan kinerja menjadi berkurang.

Penyebab Laptop Rusak Melepas Baterai Saat Mengisi Daya

Menggunakan laptop untuk berbagai aktivitas sehari-haru emmang cukup membantu karena sangat simpel dan memiliki fungsi kayak PC. Namun, laptop lebih mudah dibawa kemana saja tanpa harus terhubung dengan listrik.

Meskipun begitu, Penggunaan laptop juga bisa mudah mengalami masalah mulai eror sistem hingga kerusakan total pada perangkat. Tentu hal tersebut bisa berakibat fatal bahkan harus mengganti dengan perangkat baru.

Sebenarnya banyak orang yang beranggapan bahwa melepas baterai saat mengisi data bisa memperpanjang masa pakai baterai. Namun hal tersebut tentu salah, karena baterai akan lebih mudah rusak.

Kontras Kecerahan Layar yang Tinggi

Berbagai hal kecil bsia menjadi faktor yang menyebabkan mudah mengalami masalah hingga penyebab laptop rusak. Akan tetapi, hal tersebut malah kerap disepelekan dan merawat perangkat seadanya.

Trending:  5 Cara Mengatasi Laptop Ngelag Dengan Sangat Mudah

Tidak hanya drai kebiasaan perawatannya saja, melainkan juga kebiasaan penggunaan laptop yang salah juga bisa menjadi faktor. Salah satunya saat mengatur tingkat kecerahan laya laptop yang tinggi membuat laptop lebih mudah panas.

Pasalnya kontras kecerahan layar yang tinggi tidak baik untuk kesehatan perangkat serta kesehatan pengguna. Mesin yang mudah panas dapat membuat sistem operasi serta komponen laptop cepat rusak.

Menutup Laptop Ketika Masih Hidup

Kepadatan aktivitas sehari-hari terkadang membuat setiap orang dituntut untuk kerja cepat dan efisien. Oleh karena itu, banyak orang yang menyukai untuk menggunakan laptop saat bekerja agar lebih simpel dan efisien.

Namun, kebiasaan pengguna yang sembarang bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perangkat mudah rusak. Seperti kebiasaan menutup laptop ketika mesin masih hidup tentu tidak disarankan.

Ada baiknya membiasakan laptop dimatikan terlebih dahulu secara benar sebelum menutupnya. Karena hal tersebut dapat mengeluarkan suhu panas setelah pemakaian agar sirkulasi udara dalam laptop tetap baik.

Jarang Membersihkan Laptop

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab laptop rusak hingga susah diperbaiki kembali sehingga harus mengganti dengan perangkat baru. Pasalnya kebiasaan pengguna yang tidak tahu cara merawat yang baik dan benar juga bisa menjadi faktor.

Jarang membersihkan laptop memungkinkan kotoran yang tersedot oleh kipas laptop dapat menyumbat sirkulasi udara. Pasalnya seiap orang pasti bisa menggunakan laptop dimana saja tempat sesuai keinginan bahkan tempat yang memungkinkan banyak debu.

Kotoran di area pemakaian tersebut yang semakin lama menumpuk tanpa disadari hingga mengakibatkan penyumbatakan. Ventilasi yang tersumbat membuat mesin laptop akan mudah panas dan merusak sistem di dalamnya.

Sering Ditumpuk Benda Berat

Laptop memang memiliki fungsi seperti PC bahkan lebih mudah karena tidak perlu terpasang banyak alat atau kabel. Sehingga lebih mudah dibawa kemana saja dan kapan saja termasuk saat nongkrong bersama teman di kafe.

Trending:  Cara Memelihara Keyboard Laptop Agar Tetap Awet Meski Sering Digunakan

Meskipun begitu, setiap orang juga harus waspada dalam menggunakannya karena perangkat satu ini termasuk rentan kerusakan. Dan sering kali kerusakan timbul karena kebiasaan penggunanya.

Salah satunya sering menumpuk benda berat di atas laptop, bahkan benda apapun sebaiknya tidak diletakkan atas laptop. Karena hal tersebut berisiko meruska LCD laptop hingga kerusakan pada motherboard.

Penyebab Laptop Rusak Meletakkan Benda Cair Dekat Laptop

Menggunakan laptop saat bersantai sambil makan atau minum kerap menjadi kegiatan favorit setiap orang. Terutama anak muda yang hobi melihat drakor di laptop sambil nyemil atau minum.

Tanpa disadari hal tersebut bisa memudahkan terjadinya eror atau kerusakan pada laptop meskipun tanpa sengaja. Benda cair sebaiknya tidak diletakkan dekat laptop karena rawan menumpahi perangkat.

Cairan yang mengenai laptop dapat merusak komponen perangkat hingga merusak sistem pada perangkat. Dan juga serpihan makanan dapat mengotori area sekitar laptop dan menyumbat ventilasi sehingga menjadi penyebab laptop rusak.

Mendekatkan Laptop Ke Benda Bersifat Magnet

Tentu setiap orang ingin menggunakan laptop jangka panjang agar tidak perlu repot melakukan perbaikan atau membeli baru. Namun, untuk bisa melakukan hal tersebut tentu harus tahu cara merawat yang benar serta berbagai hal yang menyebabkan kerusakan.

Dengan begitu, laptop bisa digunakan dalam jangka panjang serta meminimalisir kerusakan sistem ataupun hardware perangkat. Salah satu penyebab laptop mudah rusak adalah sering mendekatkan benda bersifat magnet ke laptop sehingga bisa merusak hardware dan menghilangkan data secara permanen.

Dengan mengetahui penyebab laptop rusak dengan benar, maka kerusakan tersebut bisa ditangani dengan tepat. Bahkan berbagai masalah yang dapat menyerang Laptop dapat dihindari sehingga penggunaan perangkat ini tidak akan mengalami masalah.

Trending:  Tips Memilih Laptop Terbaik Untuk Ilustrator

Check Also

Tips Memilih PC Komputer yang Penting Untuk Diperhatikan

Di era serba digital seperti saat ini, perangkat teknologi seperti smartphone hingga PC komputer menjadi …