Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar

Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar yang Perlu Anda Ketahui

Jika ada dua pilihan antara hosting gratis dan berbayar mana yang harus dipilih? Sebagian besar blogger pemula terutama pasti akan memilih gratis. Sebab lebih hemat, asal blog tetap bisa dipublish. Namun seperti apa efektifitasnya?

Sebaliknya, bagi yang ingin membayar untuk menggunakan hosting apakah terbukti efektif? Sebelum menjawab pertanyaan ini perlu diketahui dulu seperti apa perbandingan keduanya. Sebab baik gratis maupun berbayar tentu memiliki kelebihan serta kekurangan.

Alasan Penggunaan Hosting Berbayar

Ada banyak orang menggunakan hosting gratis dan berbayar. Terutama bagi pebisnis yang saat ini lebih memilih berjualan secara online dibanding offline. Berikut alasannya.

  1. Kepercayaan bisnis

Pengguna hosting adalah orang-orang yang serius membangun blog maupun website apapun tujuannya. Apalagi untuk kepentingan bisnis yang berkaitan langsung dengan konsumen, penggunaannya diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan konsumen.

  1. Kontrol penuh

Menggunakan hosting gratis dan berbayar perlu memperhatikan keleluasaan dalam kontrol. Jika memilih berbayar maka tidak ada fitur maupun tools yang dibatasi. Semua bisa Anda maksimalkan untuk kepentingan bisnis dan sebagainya.

  1. Bebas tanpa ada batasan

Mengingat memakai fasilitas berbayar, maka pengguna bisa memanfaatkan fitur yang ada dalam layanan hostingnya. Sementara itu, saat memakai versi gratisan, otomatis fitur seperti ini tidak ada. Kecuali bila sudah diupgrade ke dalam versi berbayar.

  1. Keamanan aset bisnis

Keamanan aset terjamin dengan penggunaan hosting. Data yang dimiliki dijamin tidak akan bocor sebab Anda sendiri pengelolanya. Dengan begitu bisa lebih maksimal dalam optimasi blog maupun website.

  1. Fleksibel

Layanan berbayar lebih fleksibel digunakan untuk semua kategori platform serta tujuannya. Baik untuk kepentingan personal, perusahaan maupun komersial bisa diterapkan. Lebih maksimal jika ingin mengembangkan web untuk skala lebih besar.

  1. Efisien Waktu dan Tenaga
Trending:  Mengetahui Tips Jitu Pilih Hosting Ideal untuk Website

Efisien dalam hal maintenance karena minim kendala. Kapasitas penyimpanan lebih besar dengan loading cepat. Tidak perlu sering-sering melakukan pemeriksaan dan perawatan sehingga waktu dan tenaga bisa dialokasikan untuk kebutuhan konten.

  1. Efisien Biaya

Menggunakan hosting dapat memaksimalkan efisiensi biaya. Bukan berarti tidak mengeluarkan uang sama sekali, namun pengeluaran tersebut efektif mendorong kemajuan dan pertumbuhan bisnis.

Keuntungan dari Menggunakan Layanan Gratis

Gratis bukan berarti tidak berkualitas, asal tepat dalam penggunaannya tetap bisa maksimal. Keuntungan paling utama adalah hemat. Ini sangat membantu bagi blogger pemula yang masih dalam tahap pengembangan dan belajar.

Antara hosting gratis dan berbayar bagi pemula tentu lebih membantu tanpa bayar. Meski fiturnya terbatas tapi untuk sekedar mengoptimasi web atau blog bisa diupayakan dari berbagai faktor.

Paling penting sudah memiliki platform yang mendukung peluncuran blog. Meski gratis, fitur terbatas, tapi bisa jadi modal membangun engagement, menarik banyak follower, visitor, dan branding tentunya.

Selebihnya setelah memiliki banyak penghasilan dari keuntungan pengelolaan blog, bisa memilih antara hosting gratis dan berbayar. Semakin berkembang platform yang dikelola, semakin mudah ketika akan menggunakan layanan paket lengkap.

Keuntungan kedua, Anda bisa memiliki dan mengelola 2 akun atau 2 web sekaligus. Karena tidak perlu keluar uang, tidak akan ada kendala berarti. Justru bisa jadi sarana mempertajam skill blogging.

Bisa membuka cabang toko online secara leluasa. Menjual atau menjalankan 2 bisnis berbeda dalam satu waktu. Setelah bisnis besar, bisa beralih menggunakan layanan lebih berkualitas.

Perbedaan Antara Hosting Gratis dan Berbayar

Bukan hanya dilihat dari biaya yang perlu dikeluarkan pada saat menggunakannya. Namun ada banyak perbedaan mencolok antara layanan gratis dengan berbayar. Berikut diantaranya.

  1. Kapasitas dan bandwith
Trending:  Apa Beda POP3 dan IMAP? Ini Penjelasan Selengkapnya

Perbedaan pertama antara hosting gratis dan berbayar ada pada kapasitas penyimpanan dan Bandwith. Layanan gratis sangat wajar jika kapasitas penyimpanannya dibatasi, sehingga aktivitas pengguna juga terbatas.

Keterbatasan ada pada saat melakukan upload data, jumlah pengunjung sampai fasilitas upgrade. Sementara layanan berbayar kapasitas penyimpanan serta bandwith bisa didapatkan dengan menyesuaikan paket.

Selain itu menggunakan layanan berbayar memudahkan pada saat dibutuhkan upgrade maupun downgrade. Anda bisa membuat pengaturan misalnya ingin menyesuaikan jumlah pengunjung maupun memaksimalkan konten.

  1. Dukungan teknis

Paket berbayar umumnya lengkap dengan segala fasilitas termasuk dukungan teknis dan tutorial. Jadi bagi yang masih pemula mengelola web atau blog mendapat bimbingan sampai bisa dijalankan atau dioptimasi.

Sedangkan paket gratisan kurang mendukung untuk layanan ini. Biasanya penyedia jasa hosting gratisan hanya menyediakan fasilitas dasar saja. Tapi masih bisa mengakomodasi untuk keperluan setting serta pengelolaan sederhana.

  1. Kelengkapan fitur

Perbedaan hosting gratis dan berbayar selanjutnya adalah dari segi kelengkapan fitur. Fitur yang tersedia untuk paket berbayar tentu lebih lengkap. Bahkan tidak ada tools yang dibatasi bagi penggunanya.

Layanan gratis sudah tentu fiturnya tidak terlalu lengkap. Tidak heran jika lebih direkomendasikan untuk pemula, pengembang blog personal hingga toko online yang sederhana.

  1. Fungsi Keamanan

Perbedaan antara hosting gratis dan berbayar terakhir dari segi jaminan keamanan. Dimana dengan paket premium yang mengharuskan Anda membayar keamanan data lebih teruji. Ini belum maksimal untuk paket gratis.

Dalam mengelola web atau blog untuk kepentingan profesional seperti perusahaan sampai instansi penting, keamanan jadi hal wajib. Hal ini untuk menghindari kebocoran data hingga potensi peretasan.

7 Tips Memilih Hosting Berbayar

Pertimbangan yang perlu dilakukan saat akan menggunakan layanan berbayar adalah dari segi efektifitasnya. Sebab disini Anda akan keluar banyak uang setiap bulan, atau mengambil paket tahunan. Berikut tips memilih supaya penggunaannya sesuai harapan.

  1. Jumlah Pelanggan
Trending:  Cara Memilih Web Hosting untuk Bisnis, Simak Baik-Baik

Apakah penyedia layanan memiliki sejumlah pelanggan berkualitas atau belum, ini perlu jadi bahan pertimbangan. Logikanya jika banyak pelanggan yang mempercayakan web atau blognya dalam jangka panjang, berarti layanan tersebut pantas diperhitungkan.

  1. Pelanggan Kenamaan

Dari seluruh pelanggan adakah nama-nama pesohor, blogger kenamaan dan selevelnya. Sebab ini menunjukkan bahwa hosting tersebut memang mumpuni untuk mendukung blog atau web besar profesional.

  1. Kecepatan Server

Pertimbangkan kecepatan server sebab ini sangat menentukan kenyamanan pengguna. Bukan hanya Anda sebagai pengelola namun juga visitor yang secara berkala mungkin akan mengakses halaman Anda.

  1. Bandwidth

Sesuaikan bandwith jika pengunjung serta jumlah pageviews tinggi. Jika tidak maksimal, bisa menyebabkan hang, server lambat dan sebagainya. Bandwith ini jadi salah satu parameter perbedaan hosting gratis dan berbayar.

  1. Harga

Bandingkan harga antara satu dengan lainnya sebelum menentukan. Bukan berarti mahal pasti berkualitas, begitu sebaliknya. Selama nilainya wajar dan banyak testimoni pengguna sebelumnya, masih bisa dipertimbangkan.

  1. Customer Service

Pilih penyedia layanan yang memberikan fasilitas berupa layanan CS online. CS ini perlu informative sekaligus responsive, sehingga dapat membantu saat ada kendala dalam penggunaannya.

  1. Bisa Add On Domain

Domain yang ditambahkan dalam satu account perlu diperhatikan. Jika tersedia maka Anda bisa memiliki beberapa akun tanpa membayar lagi. Lebih optimal jika ingin membuka toko online.

Dari beberapa ulasan ini Anda bisa menentukan sendiri mana paling ideal digunakan. Pastinya kedua paket memiliki sisi positif dan negative. Namun lebih mudah menentukan pilihan jika paham perbedaan hosting gratis dan berbayar.

Check Also

Web Hosting Gratis, Cari Tahu Keuntungan dan Kekurangannya

Web Hosting Gratis, Cari Tahu Keuntungan dan Kekurangannya

Menggunakan web hosting gratis memang jadi salah satu opsi yang dimiliki oleh blogger dan web …