Perusahaan Asuransi Swasta dan BPJS

Saat ini orang – orang sudah mulai memperhatikan betapa pentingnya kesehatan bagi mereka. Indikatornya adalah awal dari kartu jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan sendiri memberikan perawatan medis ketika Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk menutupi biaya pengobatan dan perawatan menggunakan antara perusahaan asuransi swasta dan BPJS.

Di Indonesia, ada dua jenis asuransi kesehatan yang bisa dipilih masyarakat. Ada dua jenis asuransi: asuransi swasta dan asuransi kesehatan BPJS (Biro Penyelenggara Jaminan Sosial). BPJS adalah asuransi yang dilindungi oleh pedoman pemerintah di bawah naungan Kementerian Kesehatan.

Namun, tentu ada banyak perbedaan antara perusahaan asuransi swasta dan BPJS baik dalam segi kekuatan dan kelemahan layanan lain yang mereka tawarkan. Oleh karena itu, Anda dapat memilih asuransi kesehatan yang tepat dan tentu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketika pemerintah Indonesia memperkenalkan program jaminan kesehatan di bawah payung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), banyak yang mengira bahwa program ini akan “menghilangkan” dominasi perusahaan asuransi kesehatan swasta di tanah air.

Tapi ide ini ternyata salah. Karena produk asuransi kesehatan swasta masih banyak sekali diminati. Beberapa orang yang terdaftar di BPJS dan asuransi kesehatan swasta secara bersamaan, dalam artian memiliki keduanya.

Pilih Mana Antara Perusahaan Asuransi Swasta Dengan BPJS

 – Perbedaan umum

Asuransi kesehatan swasta

Premi bagi asuransi swasta sangat mahal dan tidak mudah terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Pelanggan asuransi kesehatan ini harus membayar premi hingga beberapa ratus ribu rupiah per bulan.

Itu juga tergantung pada perusahaan asuransi swasta yang mana dan apa jenis asuransi kesehatan apa yang Anda miliki. Bonus dibayarkan selama periode 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau bahkan sampai 1 tahun.

Trending:  Mengenal Lebih Dalam Tentang Asuransi Jiwa

Sebagi informasi penting, Anda harus ingat;

  1. Semakin tua peserta, semakin tinggi preminya.
  2. Premi asuransi akan lebih tinggi jika tertanggung adalah seorang perokok.
  3. Terdapat perbedaan harga privilege untuk peserta pria dan wanita

BPJS

Donasi ke BPJS Kesehatan tentu sangat murah dan sangat terjangkau bagi berbagai kalangan. Untuk pekerja kerah biru, sebagian besar sumbangan dibayarkan oleh perusahaan, tetapi untuk veteran dan orang miskin, semua sumbangan BPJS dibayarkan langsung oleh pemerintah.

Iuran BPJS ini di sisi lain, juga sangat terjangkau bagi pekerja informal seperti pedagang, nelayan, atau bahkan untuk pengangguran, dan pekerja lepas. Membayar minimal Rp25.500 sebulan untuk pengobatan Kelas III di rumah sakit.

Oh ya, iuran BPJS ini dipungut setiap bulan dan akan mendapat denda 2% dari total iuran dikenakan apabila Anda terlambat membayar bpjs ini loh.

Sebagi informasi penting, Anda harus ingat;

  1. Tidak ada perbedaan beban antara pria dan wanita dari segala usia
  2. Tidak ada perbedaan premi asuransi antara perokok dan bukan perokok
  3. Tidak ada perbedaan premi asuransi antara pria dan wanita

– Perbedaan dari segi manfaat antara perusahaan asuransi swasta dan BPJS

Asuransi kesehatan swasta

Sebagian besar rencana asuransi kesehatan memberikan manfaat rawat inap seperti kamar, operasi, ambulans, pengobatan, asuransi jiwa seumur hidup, kunjungan dokter, dan kegiatan yang berkaitan dengan perawatan pasien di rumah sakit.

Beberapa perusahaan asuransi kesehatan juga menawarkan perawatan rawat jalan pasca-rumah sakit, atau paket perawatan rawat inap. Apakah Anda ingin menggunakan asuransi untuk membayar rawat jalan? Nah, Anda harus membayar premi lagi, dan itu cukup mahal. Selain itu, asuransi kesehatan tidak menawarkan fasilitas untuk optik, gigi, dan kehamilan.

Trending:  Mengenal Asuransi Syariah Lebih Dalam

BPJS

Dapat dikatakan bahwa BPJS memiliki keunggulan fasilitas kesehatan yang berkembang dengan baik. Selain rawat inap, BPJS juga memberikan pelayanan rawat jalan, mata, gigi dan kehamilan. Menariknya, BPJS mendapat manfaat dari layanan promotif dan preventif seperti penyuluhan, imunisasi, dan keluarga berencana.

Ada juga layanan non-medis seperti ambulans. Manfaat BPJS lebih komprehensif dibandingkan jaminan kesehatan swasta.

– Dari segi plafon antara perusahaan asuransi swasta dan BPJS

Asuransi kesehatan swasta

Batas asuransi atau batas asuransi swasta adalah batas pemulihan biaya yang disepakati dan terbatas pada perawatan di rumah sakit. Hal ini juga berlaku untuk perawatan seperti pembedahan, kunjungan dokter, dan laboratorium.

Jika Anda melebihi batas yang disepakati, Anda harus membayar sisanya sendiri. Model penilaian topi asuransi kesehatan swasta melibatkan dua hal: jenis penyakit dan waktu.

Asuransi BPJS

Jika Anda menggunakan asuransi BPJS, Anda tidak perlu khawatir dengan batas atas. Semua biaya asuransi akan ditanggung oleh BPJS, dan Anda hanya perlu mengikuti serangkaian prosedur yang diputuskan oleh BPJS sesuai dengan premi asuransi.

Asuransi BPJS menanggung biaya pengobatan sampai Anda sembuh total. Sementara itu, jika Anda pindah ke unit rawat inap kelas atas dan membeli obat dalam kisaran yang tidak ditanggung BPJS, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

– Dari segi Penyakit bawaan

Asuransi kesehatan pribadi

Jika Anda memiliki asuransi swasta, harap selesaikan pemeriksaan kesehatan sebelum menerbitkan polis asuransi. Ini akan menentukan jumlah donasi yang akan dibayarkan. Jika Anda memiliki penyakit bawaan (penyakit yang sudah ada sebelumnya) seperti gula darah atau penyakit jantung, prosedur ini juga dilakukan untuk kerabat yang memiliki asuransi koin.

Jika Anda memiliki penyakit bawaan, asuransi swasta umumnya tidak akan menanggung biaya penyakit selama periode pendaftaran dua tahun Anda. Artinya, asuransi tidak akan menanggung biaya pengobatan jika penyakit tersebut kambuh kurang dari dua tahun yang lalu.

Trending:  Gampang Ditiru! Ini Cara Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat untuk Pemula

Asuransi BPJS

Asuransi BPJS mencakup semua penyakit yang Anda derita. Asuransi BPJS tidak membeda-bedakan peserta BPJS. Selain itu, Anda tidak perlu menjalani pemeriksaan medis untuk memeriksa status kesehatan Anda. Calon peserta cukup mengisi formulir dan membayar sesuai dengan biaya dan biaya administrasi yang telah ditetapkan.

Jadi tentukan sendiri untuk memilih antara asuransi swasta atau bpjs sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Check Also

Bagaimana Cara Mendaftar Asuransi Jiwa Yang Tepat? Ini Tipsnya!

Tentunya ada berbagai macam tahapan yang harus Anda lakukan ketika ingin mendaftarkan asuransi jiwa maupun …