Pilih investasi atau asuransi

Pilih investasi atau asuransi? Mana yang harus diprioritaskan?

investasi atau asuransi – Apakah Anda sering dihadapkan pada dilema membeli asuransi atau berinvestasi terlebih dahulu bagi mereka yang baru mulai merencanakan keuangan dan menutupi biaya hidup? Mana yang lebih penting investasi atau asuransi?

Investasi atau Asuransi dulu?

Selamat datang di Perencanaan Keuangan 101. Bagi mereka yang memulai perencanaan keuangan dan manajemen biaya hidup, apakah Anda sering dihadapkan pada dilema untuk mendapatkan asuransi atau berinvestasi terlebih dahulu? Mana yang lebih penting?

Baca Juga: Langkah-langkah yang tepat dalam Berinvestasi di Usia Muda

Tahukah Anda bahwa perlindungan risiko adalah prioritas utama sebelum Anda mulai berinvestasi dalam perencanaan keuangan Anda? Namun tentunya sebelum Anda membeli asuransi, Anda perlu memahami apa yang Anda butuhkan.

Kebutuhan asuransi setiap orang berbeda-beda. Contoh faktor yang mempengaruhi antara lain perbedaan pekerjaan, tingkat pendapatan, gaya hidup, dan jumlah tanggungan.

Tentu saja, para lajang tidak perlu memiliki asuransi untuk tanggungan mereka. Juga, sebagai seorang lajang, saya lebih fokus pada asuransi kesehatan.

Baca Juga: Kenali Investasi Deposito : Pilihan yang tepat untuk generasi millennial

Asuransi jiwa biasanya menjadi prioritas kedua. mengapa? Karena yang dicari adalah perlindungan terhadap risiko kesehatan, bukan persiapan pewarisan. Jika tidak ada tanggungan, kepada siapa warisan itu pergi?

Di sisi lain, jika Anda memiliki tanggungan, Anda dapat membagi fokus antara asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Kami tidak hanya tidak ingin membebani orang yang kami cintai dengan tagihan medis, tetapi kami juga ingin memastikan kelangsungan hidup mereka, terutama ketika risiko ada pada kami, yang bertanggung jawab atas mata pencaharian utama kami.

Langkah selanjutnya sebelum membeli asuransi adalah menanyakan kepada perusahaan tempat Anda bekerja (swasta dan publik jika pekerjaan Anda adalah karyawan).

Trending:  Kelebihan Dari Investasi Asuransi Terbaik Yang Perlu Diketahui

Baca Juga: Apa Asuransi? Dan Apa Manfaat Untuk Penggunanya

Biasanya perusahaan sudah menyediakan asuransi. Itu datang dalam bentuk BPJS pemerintah dan asuransi tambahan lainnya. Baca premi Anda dengan cermat untuk melihat asuransi mana yang sudah ditanggung dan apakah Anda perlu membeli asuransi tambahan sesuai kebutuhan.

Nah, begitu Anda mendapatkan asuransi, Anda bisa beralih ke investasi. Mengapa berinvestasi di asuransi terlebih dahulu? Karena berinvestasi bertujuan untuk meningkatkan aset Anda di masa depan. Di sisi lain, asuransi adalah perlindungan. Jadi, jika Anda hanya menumbuhkan uang tanpa perlindungan, Anda berisiko kehilangan uang yang telah Anda kumpulkan.

Sebagai contoh, Ahmad telah mengumpulkan Rp 50.000.000 dalam investasi selama beberapa tahun. Namun kemarin, Ahmad harus menjalani operasi kecil dan dirawat di rumah sakit. Ahmad tidak memiliki asuransi, jadi Rp. Anda harus membayar 30.000.000 tagihan medis. Dengan kata lain, laba atas investasinya kini hanya Rp. Itu tergerus 20.000.000,-. Lain halnya jika ia memiliki asuransi. Uang Rp 50.000.000 – mungkin belum rusak.

Baca Juga: Kekurangan Dan Kelebihan Asuransi

Bahkan jika Anda memang harus membayar, sisa dari apa yang Anda bayarkan kurang dari apa yang Anda bayarkan untuk seluruh perawatan Anda.

Oleh karena itu, penting untuk memahami produk asuransi yang sudah Anda miliki dan berhati-hatilah dalam membeli yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong Anda. Jangan terbebani.

Originally posted 2022-03-02 16:10:06.

Check Also

Yuk, Siapkan Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang perlu di persiapkan sejak jauh-jauh hari. Maka, dalam hal …