Ramadan Mubarak Artinya Apa Kalau Penasaran Simak Penjelasannya
Ramadan Mubarak English calligraphy text on islamic green background with beautiful lanterns lamp light, moon, star & 3d look. this is an EPS version 10 files, very easy to use.

Ramadan Mubarak Artinya Apa? Kalau Penasaran Simak Penjelasannya

Ramadan Mubarak artinya apa dan banyak orang yang mulai mencari tahu sebelum bulan puasa yang tinggal beberapa hari lagi. Ucapan Ramadhan Mubarak ini biasanya diucapkan oleh umat Islam satu sama lain untuk menyambut bulan yang penuh berkah, yaitu bulan Ramadhan.

Keputusan 1 Ramadhan 1443 Hijriah diketahui melalui sidang isbat pada Jumat 1 April 2022. Dari rukyatul hilal dan beberapa pertimbangan, ditentukan kapan puasa Ramadhan dimulai tahun ini.

Jadi Ramadan Mubarak artinya apa? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Arti Marhaban Ya Ramadhan, Sering di Ucapkan Saat Menjelang Puasa

Ramadan Mubarak Artinya?

Dilansir Times of India dan situs Gulf News, Ramadhan Mubarak adalah ucapan kata dari bahasa Arab. Terjemahan Ramadan Mubarak artinya ‘ramadan yang diberkahi’ atau ‘ramadan berkah’.

Ucapan Ramadhan Mubarak ini banyak digunakan untuk menyapa kerabat, keluarga bahkan sahabat selama bulan suci Ramadhan. Di Uni Emirat Arab, ucapan Ramadhan Mubarak ini juga banyak digunakan.

“Ramadan dirayakan oleh lebih dari satu miliar Muslim yang ada di seluruh dunia. Bulan suci adalah salah satu momen yang paling ditunggu tahun ini. Cara orang saling menyapa jelas tergantung pada bahasa. Tapi di UEA, Ramadan Kareem atau Ramadan Mubarak berbasis di Dubai. ahli bahasa Khaled Boudemagh mengatakan kepada Gulf News:

Baca Juga : Niat Mandi Wajib Puasa Ramadhan, Tata Cara, Dan Doa Mandi Junub

Dikatakan bahwa salam Ramadhan Mubarak ini adalah untuk meminta berkah kepada seseorang sebagai bentuk doa. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ramadhan Mubarak (bulan yang penuh berkah) sudah datang kepada kalian. Allah telah mewajibkan bagimu untuk berpuasa. Pintu-pintu surga terbuka. Pintu-pintu neraka tertutup. Setan telah dibelenggu. Ada malam yang lebih baik dibandingkan dengan seribu bulan. Barang siapa yang dihalangi kebaikannya, sesungguhnya dia terhalangi” (HR Ahmad, Shahih)

Baca Juga : Link Grup WA Sahur Ramadhan 2022 Ramai dan Bikin Puasa Jadi Seru

Arti Ramadhan Kareem

Sekarang Ramadan Mubarak artinya apa sudah kita ketahui. Ada juga sapaan lain yang biasa digunakan untuk menyambut bulan puasa, Ramadhan Kareem.

Terjemahan Arab Ramadhan Kareem atau Ramadhan Karim berarti ‘Ramadhan yang Murah Hati’. Ketika Ramadan Kareem diucapkan kepada seseorang itu berarti seseorang mengatakan ‘Semoga Ramadhan merahmatimu’.

Karena makna ini, pengucapan Ramadhan Kareem dianggap salah. Artinya, mereka tampaknya memahami bahwa bermurah hati adalah bulan Ramadhan, dan bahwa siapa pun yang menunjukkan belas kasihan di bulan Ramadhan bertentangan dengan hukum Islam, hanya Allah SWT.

Baca Juga : Niat Mandi Sunah Ramadhan, Tata Cara dan Penjelasannya

Cendekiawan Arab Saudi Sheikh al-Utaimin mengatakan kepada Metro.co.uk:

“Harus dikatakan sebenarnya ‘Ramadhan Mubarak’ atau semacamnya, karena bukan Ramadhan itu sendiri yang memberikannya sehingga bisa menjadi Kareem (Kemurahan hati). Padahal Allah-lah yang menempatkan rahmat dan yang membuatnya, itu adalah bulan istimewa, dan waktu dimana untuk melakukan salah satu rukun Islam.”

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang Ramadan Mubarak artinya apa. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Artikel Lainnya :

Hukum Mengeluarkan Air Mani Oleh Tangan Sendiri di Bulan Ramadhan

Aplikasi Penunjang Bulan Puasa Ramadhan, Dijamin Bermanfaat

Link Download Twibbon Marhaban Ya Ramadhan 1443 .H Terbaru

Aplikasi Stiker WA Ramadhan Lucu, Agar Puasa 2022 Makin Seru

Aplikasi Menu Buka Puasa, Resep Makanan untuk Berbuka Puasa