3 Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kekinian yang Bisa Dipilih

3 Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kekinian yang Bisa Dipilih

Untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses, Anda tentu membutuhkan berbagai perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu perlengkapan yang tidak bisa dilewatkan adalah aplikasi kasir baik aplikasi yang diakses melalui gadget maupun PC komputer.

Dalam sebuah bisnis baik bisnis berskala besar maupun kecil, kasir memiliki peran yang cukup besar. Melalui peran kasir, perputaran uang dan barang dagang bisa terdeteksi dengan lebih detail dan rapi.

Agar proses perekaman transaksi keluar masuk barang dan uang bisa terdeteksi dengan maksimal, sangat penting untuk memilih jenis aplikasi yang tepat. Beberapa bisnis besar bahkan telah memiliki aplikasi khusus yang digunakan dalam bisnisnya.

Tips Memilih Aplikasi untuk Kasir

Dalam sebuah bisnis, kasir memiliki peran sebagai petugas akhir yang langsung berhadapan dengan customer. Inilah salah satu alasan mengapa pemilihan aplikasi yang digunakan oleh kasir sangat penting.

Ada hal yang penting untuk diperhatikan selama proses pemilihan jenis aplikasi. Dengan memperhatikan hal-hal ini, aplikasi yang digunakan bisa memberikan manfaat yang maksimal. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih aplikasi tersebut diantaranya :

  • Fitur yang ada dalam aplikasi
  • Testimoni dari pengguna lain
  • Ketersediaan layanan call center

3 hal diatas menjadi hal yang cukup penting dalam proses pemilihan sebuah aplikasi termasuk aplikasi untuk kasir. Pada dasarnya ketiga hal diatas menggambarkan berbagai kriteria lainnya yang dibutuhkan dalam sebuah aplikasi khusus kasir.

Saat Anda menganalisa fitur yang ada dalam aplikasi kasir yang akan dipilih, tentu Anda juga akan otomatis memeriksa apakah fitur yang ada sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda serta bersifat fleksibel atau tidak. Fitur aplikasi memang berperan sangat penting bagi kasir.

Begitupun dengan layanan call center, ketersediaan layanan call center bisa membuat Anda mengetahui apakah aplikasi tersebut nantinya bisa mudah dikendalikan atau tidak. Peran call center aplikasi sangat penting untuk mengantisipasi masalah yang terjadi dalam aplikasi.

Rekomendasi Aplikasi Kasir

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih aplikasi kasir, Anda juga perlu mengetahui aplikasi yang cukup banyak direkomendasikan.

Mengetahui rekomendasi aplikasi dari berbagai sumber bisa menjadi referensi untuk mendapatkan aplikasi yang berkualitas.

Proses pemilihan aplikasi ini juga tidak boleh dilakukan dengan terburu-buru, Anda harus mempertimbangkannya dengan matang sebelum memilihnya. Berikut ini 3 rekomendasi aplikasi untuk kasir yang bisa menjadi pilihan Anda.

Aplikasi Kasir MOKA POS

MOKA POS menjadi salah satu aplikasi kasir yang belakangan ini banyak di sorot. Ada berbagai bisnis retail di berbagai bidang yang menggunakan aplikasi ini. Mulai dari kuliner hingga  pertokoan seringkali memilih aplikasi ini sebagai aplikasi untuk kasir bisnisnya.

Ada berbagai hal yang membuat aplikasi ini banyak diminati, salah satunya adalah layanan call center dan bimbingan berlanjut yang disediakan. Aplikasi MOKA POS secara terbuka menyediakan petugas-petugas khusus yang akan membimbing pengguna aplikasi tersebut.

Para petugas yang ada akan membantu dan mengarahkan pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan aplikasi. Bukan hanya berhubungan dengan masalah pada aplikasi, Anda juga bisa bertanya mengenai cara menggunakan fitur tertentu.

Fitur yang ada dalam aplikasi ini juga cukup beragam, Anda bahkan bisa menyesuaikan fitur mana yang akan digunakan dan mana yang akan di non aktifkan. Dengan penyesuaian fitur yang ada, Anda akan lebih nyaman selama menggunakan aplikasi MOKA POS di kasir Anda.

Kasir Pintar

Aplikasi kasir lainnya yang juga banyak direkomendasikan adalah kasir pintar. Aplikasi ini banyak digunakan karena memiliki fitur yang cukup lengkap. Aplikasi ini juga bisa digunakan dalam mode offline sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika jaringan internet terputus.

Aplikasi ini juga telah di dukung dengan fitur barcode sehingga sangat mudah digunakan pada bisnis yang menjual barang jadi dengan kode barcode khusus. Anda hanya perlu mengatur aplikasi untuk merekam barcode barang yang ada saat akan menggunakannya.

Bukan hanya fitur barcode, fitur laporan yang tersedia juga cukup lengkap. Mulai dari laporan analisa untung rugi hingga laporan detail transaksi bisa Anda akses dalam aplikasi ini. Fitur ini sangat bermanfaat karena Anda bisa membuat rekapitulasi transaksi dengan mudah.

Aplikasi Pawoon POS

Pawoon menjadi aplikasi lainnya yang juga cukup banyak direkomendasikan dan telah digunakan pada beberapa bisnis besar. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya dengan mudah melalui layanan Google Playstore.

Aplikasi pawoon seringkali direkomendasikan bagi bisnis dengan kategori tertentu seperti kuliner. Fitur yang tersedia didalamnya dinilai sangat tepat digunakan pada kategori bisnis tersebut. Anda juga bisa mempelajarinya dengan cukup mudah sebelum menggunakannya.

Aplikasi pawoon bisa diakses melalui gadget seperti smartphone sehingga sangat tepat digunakan oleh kasir. Proses analisa dan rekapitulasi data dalam aplikasi ini bersifat  real time sehingga Anda bisa langsung mengetahui data yang dibutuhkan dengan sangat mudah.

Adanya berbagai fitur lain seperti penyediaan voucher dan promo juga membuat kasir bisa dengan mudah merekam transaksi konsumen meski harus melibatkan transaksi dengan promo tertentu. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur laporan yang cukup lengkap.

Mulai dari inventory, supply chain, hingga fitur online order dan delivery disediakan bersama dengan laporan yang detail namun tetap mudah dibaca. Berbagai kemudahan yang ada pada aplikasi ini membuatnya cukup banyak diminati di bidang bisnis.

Itulah 3 rekomendasi aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda. Pastikan Anda memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda agar aplikasi tersebut bisa berjalan lebih efektif dan memberikan manfaat yang maksimal dalam bisnis Anda.