Rekomendasi Pen Tablet Terbaik untuk Desain Grafis

Pen tablet merupakan alat penting bagi para desaigner grafis bekerja. Dengan pen tablet, pekerjaan desain grafis bisa dilakukan dimana saja. Berikut ini adalah rekomendasi pen tablet terbaik yang bisa Anda gunakan.

Sebelum membeli pen tablet, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana memilih pen tablet yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pen tablet yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara Memilih Pen Tablet

Sesuaikan dengan Kenyamanan

Ada dua jenis pen tablet yang ada di pasaran, yakni pen tablet LCD dan non display. Anda bisa memilih yang sekiranya sesuai dengan kenyamanan diri. Jika ingin pen tablet yang bisa langsung disentuh, bisa gunakan LCD tablet. Berbeda jika ingin ukuran yang besar, non display lebih direkomendasikan.

Pertimbangkan Ukuran

Ternyata rekomendasi pen tablet tak hanya terbatas untuk jenisnya saja, tapi juga ukuranya. Ada tiga tipe pen tablet yang bisa Anda pilih, yakni ukuran M, S dan L. makin besar ukuran, makin tinggi pula harganya.

Pertimbangkan Harga

Selain ukuran, Anda juga harus mempertimbangkan harga dari pen tabel tersebut. Untuk yang budgetnya terbatas, Anda bisa memilih pen tablet ukuran S. Tapi jika Anda sedang memiliki budget cukup, lebih baik membeli ukuran yang lebih besar agar tak cepat berganti.

Sesuaikan Pen Tablet dengan Monitor

Anda juga harus menyesuaikan pen tablet dengan monitor yang Anda gunakan. Jika ukuran monitor Anda di bawah 15 inchi, sebaiknya pen tablet yang Anda pilih berukuran S. Tapi jika ukuran monitor lebih dari 25 inchi, maka pen tablet yang Anda pilih sebaiknya ukuran L.

Rekomendasi Pen Tablet Terbaik

XP Pen Artist 15.6 Pro

Rekomenasi pen tablet pertama yang bisa Anda pilih adalah XP Pen Artist 15.6 Pro. Pen tablet ini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Pen tablet ini juga memiliki delapan tombol, ukuran L, dan cukup lebar untuk berbagai kerja grafis.

Trending:  Cara Menonaktifkan WA di HP Realme Dengan Sangat Mudah

Tambahan fitur lain yang bisa Anda dapatkan dari pen tablet adalah roller wheel. Dengan fitur tersebut, Anda bisa menebalkan dan menipiskan brush hanya dengan sekali tombol yang ada.

Setelah selesai mengatur ukuran tebal tipis gambar, Anda bisa langsung melihat hasil gambar yang sudah dibuat. Tersedia juga display tambahan yang bisa Anda manfaatkan untuk melihat hasil gambar tanpa harus melihat layar komputer.

VEIKK A30 Pen Tablet

Jika Anda ingin menggambar di smartphone, kini sudah tersedia VEIKK A30 Pen Tablet. Rekomendasi  ini terkenal karena memiliki fitur gesture touch pad dengan tambahan LED indicator.

Ada juga empat tombol tambahan yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan control penggunaan. Jangan khawatir, pen tablet ini muah disimpan dan bisa Anda gunakan di semua smartphone, baik yang punya sistem iOS atau Android.

Untuk harganya, VEIK A3O Pen Tablet ini cocok untuk Anda yang sedang on-budget. Harganya memang standar, namun kualitas yang didapatkan sudah termasuk unggul di kelasnya. Daya stylus-nya juga battery free jadi lebih nyaman digunakan.

Wacom One Small CTL – 472

Jika sedang mencari pen tablet yang ukurannya kecil, ada rekomendasi pen tablet dari Wacom. Brand ini terkenal dengan kualitasnya prima dan bisa digunakan dimana saja. Anda yang sudah professional atau masih belajar sebagai illustrator dan desainer, bisa menggunakan pen tablet ini.

Meski pen tablet ini tak memiliki tombol short cut, namun Wacom memberikan klaim bahwa Anda akan merasakan feel selayaknya menggambar di atas kertas. Jadi jika Anda sebelumnya menggambar dengan kertas dan ingin pindah ke bentuk digital, Anda bisa memilihnya.

Daya stylus yang tersedia juga battery free, jadi harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk harganya, Wacom memang memiliki harga yang agak tinggi, namun ini sesuai dengan kualitas yang Anda dapatkan.

Trending:  Spesifikasi dan Harga HP Redmi 10C, Resmi Diluncurkan di Indonesia!

Veikk S640 Pen Tablet

Masih dari brand Veikk, rekomendasi  selanjutnya dari seri S640 Pen Tablet. Kelebihan dari pen tablet ini adalah Anda bisa langsung terhubung dengan game Osu. Jadi jika sedang memiliki waktu luang, Anda bisa memainkan permainannya.

Sayangnya pen tablet ini belum kompatibel untuk pengguna smartphone. Untuk seri terbaru, Anda bisa menggunakannya untuk beberapa brand ponsel Android, tapi tidak untuk Samsung.

Dengan jenis non display pen tablet, produk ini cocok untuk Anda yang baru belajar menggambar secara digital. Ada berbagai ukuran yang tersedia, untuk ukuran S Anda akan mendapatkan pen tablet dengan diameter 218 mm x 130 mm x 2 mm.

Huion Inspiroy H43OP

Rekomendasi pen tablet yang tak boleh Anda lewatkan adalah Huion Inspiroy H430P. Harganya yang terjangkau membuat pen tablet ini banyak direkomendasikan untuk illustrator atau desainer grafis pemula.

Fiturnya memang tak banyak dan cukup standar, namun untuk pemula, sudah cukup mumpuni untuk belajar dan menggembangkan skil. Ada tambahan fitur tombol shortcut untuk menambah efisiensi kerja.

Karena area gambarnya yang sempit, Anda harus memperhatikan dengan baik tekanan stylus yang digunakan. Untuk pen tablet dengan fitur standard dan harga yang terjangkau, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan pen tablet ini.

Jika Anda tertarik dengan rekomendasi  diatas, Anda bisa melakukan pembelian secara daring ataupun offline dengan datang ke toko langsung. Jangan lupa menanyakan garanasi untuk berjaga-jaga.

Itulah berbagai rekomendasi pen tablet yang cocok untuk illustrator, komikus ataupun desainer grafis. Dengan pen tablet yang nyaman, tentu Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …