Rumus Excel Yang Bisa Meringankan Pekerjaanmu

Menginjak usia dewasa ini, khususnya yang sudah menginjak dunia kerja anda mungkin saja dituntut untuk bisa mengoperasikan microsoft excel dan mampu memahami rumus excel yang ada di dalamnya.

Mengapa? Karena excel saat ini dikenal sebagai aplikasi yang sangat mulitifungsi apalagi dalam hal mengolah data, terkhusus lagi data yang berupa angka.

Rumus yang bisa digunakan terbilang cukup lengkap dan sudah lebih dari cukup untuk membantu anda dalam mengolah data. Baik itu di pekerjaan atau pun tugas – tugas lainnya.

Sebagai aplikasi yang multifungsi excel memiliki banyak manfaat. Namun, dibalik itu tentu ada beberapa kekurangan dari aplikasi pengolah angka ini.

Sebelum Mengetahui Rumus Excel, Anda Juga Perlu Tahu Manfaat Dan Kekurangan Excel

  1. Manfaat Excel

Karena dengan banyaknya rumus excel, maka aplikasi ini memiliki banyak manfaat di berbagai bidang dan pekerjaan, antara lain :

Bidang Akuntansi

Akuntansi identik dengan pengolahan angka – angka. Terkhusus pada penghitungan uang di suatu instansi atau perusahaan. Maka excel sangat bisa membantu dalam proses penghitungan keuntungan dan kerugian dari suatu perusahaan.

Pembuatan Grafik

Tidak hanya mengolah angka menggunakan rumus excel, anda juga bisa menggunakan excel untuk membuat sebuah grafik. Jadi, hasil olah dari data anda bisa disajikan dalam bentuk grafik menggunakan aplikasi ini.

Pengolahan Data

Jika anda ingin mengolah data, apalagi data statistik makan aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk anda. Begitupun jika anda ingin mencari nilai rata – rata ataupun median dari suatu data.

Kalkulasi Matematik

Kalkulasi matematik bisa anda gunakan  jika hendak mencari hasil jumlah, perkalian, pengurangan pembagian dan variasi lainnya. Nah, disinilah fungsi dari rumus excel.

Trending:  Cara Mengatasi Laptop Not Responding!

Pembuatan Tabel

Selain bisa membuat grafik, apliakasi excel juga bisa anda gunakan untuk membuat tabel loh.

Dibalik Banyaknya Rumus Excel, Aplikasi Ini Juga Punya Beberapa Kekurangan

Perlu Banyak Latihan

Untuk bisa mengoperasikan excel, apalagi untuk menggunakan rumus excel tentunya diperlukan banyak latihan. Karena dalam mengoperasikan excel anda harus terbiasa dalam menggunakan cara penulisan excel.

Memakan Waktu Yang Cukup Lama

Untuk proses pengolahan datanya mungkin terbilang cepat. Tapi yang membuat aplikasi ini memakan waktu yang lama adalah proses penginputan datanya karena dilakukan secara manual. Semakin banyak data yang anda input maka semakin banyak waktu yang anda perlukan.

Apa Saja Rumus Excel Yang Bisa Digunakan?

  1. SUM

Rumus yang pertama adalah SUM. Jadi, fungsi dari rumus ini adalah untuk memperoleh hasil penjumlahan dari 2 atau beberapa baris data. SUM menjadi rumus yang paling sering digunakan diexcel.

Dengan rumus ini anda bisa memperoleh hasil penjumlahan dengan lebih cepat dan tepat. Untuk mendapatkan hasilnya anda cukup mengetik format SUM, yaitu : =SUM( number1,number2 ). Contohnya =SUM(A1,A2)

  1. Pengurangan

Selain penjumlahan, ada juga rumus pengurangan loh. Cara menggunakan rumus satu ini adalah, anda harus meengganti salah satu kolom yang ingin dacari hasilnya menjadi negatif.

Maka,rumus yang digunakan adalah : SUM( number – number2 ). Sehingga salah satu kolom yang ingin dikurangngkan akan otomatis berubah menjadi negatif.

  1. Pembagian

Selain rumus penjumlahan dan pengurangan, juga tersedia rumus pembagian loh. Cara menggunakannya cukup dengan menambahkan satu simbol saja yaitu simbol (/) garis miring.

Jadi, cara menuliskan rumus untuk memperoleh hasil pembagian adalah : number1 / number2.

  1. Perkalian

Tak lengkap rasanya jika ada rumus pembagian tanpa ada rumus perkalian. Untuk mengoperasikan rumus perkalian sangat sederhana. Hanya dengan menggunakan simbol *.

Trending:  Acer Aspire 5 a515, Laptop Keren Dengan Fitur Lengkap

Jadi bentuk rumusnya adalah : number1*number2. Sangat sederhana bukan.

  1. AVERAGE

Rumus yang selanjutnya adalah AVERAGE. Rumus ini digunakan jika anda hendak mencari nilai rata – rata dari beberapa data.

Rumusnya yaitu : =AVERAGE(number1,number2,number3,etc) jadi anda hanya perlu memasukkan semua data yang ingin anda cari rata – ratanya. Untuk lebih singkatnya anda bisa menggunakan rumus =AVERAGE(start value:end value). Contohnya =AVERAGE (A1:A10)

  1. MIN

Rumus ini digunakan jika anda ingin mencari nilai terendah dalam kumpulan data.

Jadi, rumus yang bisa anda gunakan adalah : =MIN( number1 : number2 ). Makan anda akan langsung mendapatkan nilai terendah dari beberapa data tersebut.

  1. MAX

MAX adalah kebalikan dari MIN. Jika MIN adalah rumus excel untuk mencari nilai terendah, maka MAX adalah rumus untuk mendapatkan nilai tertinggi dari beberapa data.

Adapun rumus yang dapat ada terapkan yaitu =MAX (number1 : number2 ).

  1. Persentase

Untuk mendapatkan hasil persentasi suatu data, sebenarnya tidak ada rumus excel yang spesifik yang bisa anda gunakan. Namun, anda bisa menggunakan rumus lain dengan beberapa langkah tambahan.

Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghitung terlebih dahulu data yang ada dengan menggunakan rumus atau fungsi kurang, tambah, bagi ataupun kali. Anda juga bisa menghitungnya secara manual.

Setelah mendapatkan hasil dari rumus excel yang disebutkan tadi, selanjutnya anda mengubah format cell sehingga menjadi percentage. Anda bisa menemukannya di tab home.

Setelah mengubah format cell dari data yang ingin anda cari persentasenya, maka hasil perhitungan di awal yang menggunakan rumus kurang, tambah, bagi dan kali akan otomatis ditampilkan dalam bentuk persen. Jadi, Anda tidak perlu lagi menghitungnya secara manual.

Nah, itulah beberapa rumus excel yang umumnya sering digunakan sehari – hari. Masih banyak rumus – rumus lainnya yang bisa meringankan pekerjaan anda. Pastikan Anda bisa menguasai, paling sedikit dasar-dasar rumus excel tersebut, ya.

Trending:  Kelebihan Laptop Acer Aspire 3 A315- 41G- R38X

Check Also

Begini Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Laptop saat ini sudah menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu …