Sejarah Hari Santri Nasional 2021, Yang Diperingati Setiap 22 Oktober

Sejarah Hari Santri Nasional 2021 – Disetiap tanggal 22 bulan Oktober diperingati sebagai hari Santri Nasional. Peringatan yang wajib kita ketahui karena mengingatkan akan perjuangan santri bersama masyarakat melawan pasukan kolonial di Surabaya yang pada saat itu dipimpin oleh KH Hasyim Asyari.

Tertulis di buku ‘Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren’ oleh Abdulloh Hamid M.Pd, bahwa resolusi jihad tersebut menggerakkan para santri, pemuda, juga masyarakat untuk bergerak bersama, berjuang melawan pasukan kolonial yang puncaknya terjadi pada 10/November/1945.

Sejarah hari Santri Nasional Yang Harus Diketahui:

Latar Belakang Terjadinya Peringatan Hari Santri Nasional

Peringatan ini mengisahkan KH Hasyim Asyari yang pada saat itu menjabat sebagai Rais Akbar PBNU tergerak melakukan resolusi jihad untuk melawan pasukan kolonial di daerah Surabaya-Jawa Timur. Keputusan itu ditetapkan setelah mendengar tentara Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia dengan membonceng sekutu.

Ahirnya Para santri pun mengajukan permintaan kepada pemerintah agar menentukan sikap dan tindakan supaya tidak membahayakan kemerdekaan juga agama. Pasalnya, perbuatan yang dilakukan Belanda dan Jepang terhadap Indonesia dianggap sebagai perilaku zalim bagi NU.

Sejak menyerukan untuk resolusi jihad tersebut, para santri dan juga rakyat pun melakukan perlawanan yang sengit didalam pertempuran di Surabaya. Dengan semangat untuk mempertahankan indonesia ahirnya pimpinan Sekutu Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby pun mati dalam pertempuran.

Sejak saat itu Hari Santri Nasional pun dituangkan kedalam Keputusan Presiden No-22-Tahun-2015 yang ditandatangani di Mesjid Istiqlal Jakarta. Dengan begitu, kita bisa mengingat kembali perjuangan dan meneladankni semangat jihad para santri yang digelorakan para ulama pada saat itu.

Banyak sekali cara untuk memperingati hari santri nasional salah satunya membuat twibbon hari santri nasional, kamu bisa membuat fotomu di bingkai yang bertemakan hari santri nasional dan memasangnya di media sosial, seperti facebook, instagran, whatsapp dan lainya.

TRENDING:  Kamera Murah Dibawah 500 Ribuan Dengan Kualitas Dan Fitur Lengkap

Berikut contoh Bingkai hari santri nasional:

twibbon hari santri nasional

Untuk pasang twibbon hari santri nasional klik disini

Momen peringatan hari santri nasional juga di abadikan dalam sebuah lagu, Berikut Lirik Lagu Hari Santri:

# Lagu Hari Santri

>22 Oktober 45 – Resolusi jihad panggilan jiwa
>Santri dan ulama tetap setia
>Berkorban pertahankan indonesia

>Saat ini kita telah merdeka
>Mari teruskan perjuangan ulama
>Berperan aktif dengan dasar pancasila
>Nusantara tanggung jawab kita

Reff:
>Hari santri hari santri hari santri
>Hari santri bukti cinta pada negeri
>Ridho dan rahmat dari ilahi
>Nkri harga mati

>Ayo santri ayo santri ayo santri
>Ayo ngaji dan patuh pada kyai
>Jayalah bangsa, jaya negara
>Jayalah pesantren kita

>Mari bersiap kita berangkat
>Ke pesantren dengan penuh semangat
>Raih cita cita luruskan niat
>Mengabdi tuk kemaslahatan umat

Kembali ke ref:

>Jayalah bangsa negara
>Jayalah indonesia
>Jayalah indonesia

 

mrberita.com