Simak Pengaruh Asuransi Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi

Asuransi sebetulnya sudah masuk ke Indonesia sejak zaman kolonial Belanda dengan produk asuransi yang sampai saat ini belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan memiliki atau membeli asuransi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia kadang beberapa menilai pengaruh asuransi merupakan hal tabuh dan dianggap sebagai suatu hal yang dapat memboroskan.

Kurang tertariknya sebagian golongan masyarakat untuk melindungi diri dengan asuransi dapat memberikan bukti bahwa masyarakat Indonesia beberapa diantaranya masih dinilai sebagai masyarakat yang kuno. Hanya sedikit masyarakat yang melek terhadap segala hal berkaitan dengan asuransi tentang pentingnya hal tersebut.

Pengaruh Asuransi Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi

Pengaruh asuransi dalam kehidupan masyarakat justru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan sosial ekonomi baik bagi mereka yang terlibat langsung dalam kegiatan asuransi ataupun mereka yang tidak terlibat secara langsung terhadap asuransi. Dampak dari asuransi tersebut pun dapat memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya kerugian yang akan terjadi di masa mendatang.

Melakukan investasi sebagian dari dana yang telah terkumpul dari pemegang polis atau berupa premi asuransi ke dalam berbagai sektor ekonomi justru dapat membantu atau memberikan simpanan manakah jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Memberi Rasa Aman

Adapun motivasi utama dari pengaruh asuransi terhadap polis adalah mendorong lahirnya usaha berupa dorongan naluriah terhadap diri setiap orang untuk dapat memenuhi keinginan akan rasa aman. Dalam aspek psikologis hal ini sangat mungkin diwujudkan dengan sikap yang biasa dilakukan atau mungkin pula dapat menimbulkan sikap baru.

Hal ini dikehendaki dengan adanya alat pemuas terhadap keinginan tersebut di mana cara pemenuhannya dapat dilakukan dengan Asuransi. Asuransi yang disediakan tersebut sebagian besar dapat menurunkan kekhawatiran terhadap ketidakpastian yang berpusat pada keinginan untuk memperoleh rasa aman terhadap bahaya tertentu yang dapat dieliminir.

Trending:  Pengertian Asuransi, Objek serta Asas-asas yang Melandasinya

Melindungi Keluarga dari Perpecahan

Pengaruh asuransi selanjutnya juga dapat berupa santunan terhadap keluarga apabila tertanggung meninggal dunia pada saat kontrak. Hal ini sangat wajib dilakukan oleh perusahaan asuransi jiwa untuk memberikan sesuatu yang benar-benar tepat dan sebab datang pada saat yang sangat dibutuhkan berupa kebutuhan dana untuk melanjutkan kehidupan keluarga bagi mereka yang sumber utama penghasilannya terputus atau hilang.

Uang santunan ini terima oleh pihak keluarga pun merupakan salah satu alat untuk dapat mempertahankan kerukunan dan keutuhan keluarga di saat salah satu tulang punggungnya atau penghasil nafkah meninggal dunia.

Menghilangkan Ketergantungan

Pengaruh asuransi selanjutnya adalah ketergantungan yang dapat dikurangi apabila pada sebelumnya pada saat kondisi orang tua masih dalam keadaan sehat dan kuat telah diatur oleh suatu program asuransi agar dapat mengantisipasi ketergantungan tersebut. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui program asuransi beasiswa untuk dapat menghindari ketergantungan anak terhadap biaya untuk pendidikannya yang biasanya hanya dapat digantungkan terhadap orang tuanya saja.

Yang mana apabila kita tidak mampuan tersebut tiba atau suatu waktu orang tuanya meninggal dunia, makasih anak akan dapat memperoleh biaya kelanjutan pendidikan dari perusahaan asuransi yang telah didaftarkan oleh orang tuanya. hal ini tentu saja menjadi jaminan masa depan anak.

Pengaruh Asuransi Akan Menjamin Kehidupan Wanita Karier

Pengaruh asuransi juga dapat menjamin kehidupan wanita karir di masa yang akan datang. Beberapa orang menganggap bahwa saat wanita karir dan usia senja meskipun akan menerima pensiunan, cuma yang diterima tidak akan terlalu besar atau mungkin dianggap masih kurang karena kebutuhannya.

Program asuransi yang mempunyai peranan tidak kecil ini dapat memberikan santunan yang didapat dari program asuransi dengan memperbesar persediaan dana agar dapat menopang kehidupannya di masa yang akan datang. Dapat mengetahui dan menyadari bahwa kebutuhan-kebutuhan yang akan diperoleh di masa yang akan datang dapat dipenuhi dengan program asuransi dan dapat dimanfaatkan melalui hal tersebut, tentu saja akan dapat memberikan perasaan aman dan tentram.

Trending:  Memahami Prinsip Asuransi Yang Perlu Diketahui Sebelum Transaksi

Oleh karena ini, masyarakat Indonesia harus melek dengan program asuransi yang dapat membebaskan mereka terutama bagi para wanita karir dari berbagai kekhawatiran mengenai kondisi keuangan di saat dia sudah tidak mampu lagi membiayai dirinya sendiri dari penghasilan karena beberapa faktor termasuk di hari tua dengan pengaruh asuransi.

Kontribusi Terhadap Pendidikan

Aspek lain yang dapat memperoleh pengaruh adalah hal yang berkaitan dengan masalah kelanjutan pendidikan misalnya bagi para mahasiswa yang jauh dari orang tuanya. Bila suatu waktu mahasiswa tersebut mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya dikarenakan adanya kebutuhan dengan dana yang mendadak, akan dipenuhi dengan mudah oleh asuransi.

Apabila dia memiliki polis asuransi kebutuhan tersebut maka ada akan dengan mudah dipenuhi oleh pihak asuransi dengan mengadakan polisi asuransi kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan dan tentunya hal ini akan diproses secara mudah. Yang tentunya hal ini merupakan pengaruh asuransi yang sangat baik di saat kebutuhan mendesak datang.

Pengaruh Asuransi Kontribusi Terhadap Lembaga-lembaga Sosial

Tidak hanya berpengaruh terhadap hal-hal yang bersifat lebih pribadi, namun juga sangat berpengaruh terhadap lembaga-lembaga sosial. Lembaga-lembaga sosial yang memberikan jasa sosial sangatlah memiliki peran yang penting bagi masyarakat. Sebagian besar lembaga sosial menggantungkan kebutuhan dana operasional melalui sumbangan atau juga dapat dari hadiah.

Dalam kondisi perekonomian yang penuh dengan ketidakpastian, tentu saja akan timbul keraguan bagi para donatur untuk dapat tetap memberikan sumbangan karena takutnya kehilangan harta kekayaan atau tidak terjamin masa depannya. Akan tetapi, apabila para donatur juga turut mengasuransikan dirinya terhadap resi resiko tersebut, maka hal tersebut sudah tidak perlu ditakutkan atau dikhawatirkan lagi.

Itulah pengaruh asuransi terhadap kehidupan sosial ekonomi yang tentunya memiliki pengaruh cukup besar dan dapat memenuhi beberapa hal yang memang tidak dapat dilakukan secara pribadi. Hal-hal yang bersangkutan dengan asuransi sebetulnya adalah menjaga berbagai kekhawatiran dan ketakutan yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang.

Trending:  Catat..! Ternyata Seperti Ini Ketentuan Pencairan Dana Asuransi Kesehatan

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …