Spesifikasi dan Harga HP Vivo T1 5G, Keunggulan dan Kekurangan

Spesifikasi dan harga HP Vivo T1 5G, keunggulan dan kekurangannya yang resmi diluncurkan di Indonesia pada 25 April 2022. Unit ini merupakan T-series pertama di Indonesia, yang sebelumnya hanya diterapkan untuk pasar India.

HP Vivo T1 5G menawarkan spesifikasi yang sangat menarik bagi konsumen yang biasanya mengandalkan kamera. Kali ini, Vivo mengutamakan performa mumpuni yang dibutuhkan untuk bermain game mobile. Bahkan, perusahaan memiliki sistem pendingin.

Namun, dibalik performanya yang prima, diketahui masih banyak fitur dan spesifikasi lain yang menjadi kelebihan dari smartphone ini. Memanggil kamera dan baterai berkapasitas tinggi membuat ponsel lebih nyaman digunakan pengguna dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang Dollar Paypal Terbaik 2022 (terbukti)

Overview HP Vivo T1 5G

Spesifikasi dan harga HP Vivo T1 5G dengan cepat menyita perhatian kalangan HP kelas menengah di Indonesia. Dari seri terbaru Vivo yaitu seri T, Vivo T1 5G pasti menawarkan keunikan tersendiri.

Detail spesifikasi dan harga Vivo T1 5G resmi dipublikasikan di situs resmi Vivo Indonesia akhir April lalu. Di Indonesia, Vivo T1 5G tersedia dalam dua varian: memori masing-masing 4/128 GB dan 8/128 GB.

Harga model Vivo T1 5G 4/128GB adalah itu hanya Rp. 2.999.000. Model 8/128GB dibanderol dengan harga Rp. 3.399.000. Menariknya, untuk setiap varian terdapat teknologi extended RAM. Varian 4GB mendapat tambahan 1GB, dan varian 8GB mendapat tambahan 4GB.

Menariknya, untuk setiap varian terdapat teknologi extended RAM. Varian 4GB mendapat tambahan 1GB, dan varian 8GB mendapat tambahan 4GB.

Dari segi spesifikasi, Vivo T1 5G tentu memiliki sejumlah detail menarik untuk kalangan menengah. Jelas dimulai dengan prosesor Dimensity 810 5G yang sangat kuat.

Varian 8/128GB adalah suatu keharusan untuk mengalami kinerja maksimal. Harga varian HP Vivo T1 5G ini masih sangat terjangkau.

Soal kamera, Vivo T1 5G mengandalkan deretan tiga kamera di bagian belakang. Masing-masing memiliki sensor sudut lebar 50MP, makro 2MP, dan bokeh 2MP. Ada juga kamera selfie 16MP dengan dukungan sudut lebar.

Baca Juga: Cara Memperpanjang STNK di Aplikasi Samsat Digital Nasional [SIGNAL]

Baik kamera depan dan belakang dapat merekam video pada resolusi hingga 1080p@30fps.

Secara lahiriah, layar Vivo T1 5G masih menggunakan panel IPS LCD berukuran 6,58 inci yang cukup lebar dan sederhana. Layar ini juga dapat menampilkan resolusi hingga FHD+ dengan refresh rate hingga 120Hz.

Bagi pecinta game, layar Vivo T1 5G pasti sangat bagus. Ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi liquid cooling yang mampu mendinginkan suhu mesin hingga 10 derajat Celcius.

Ada juga Multi Turbo 5.5 dan Ultra Game Mode 2.0 untuk mengoptimalkan semua aktivitas gaming Anda. Mengingat harga HP Vivo T1 5G yang hanya Rp 3 jutaan, fitur ini pasti sangat menarik untuk digunakan.

Trending:  Review Printer Epson L3210, Keunggulan, Kelebihannya Terbaru 2022

Dari segi baterai, Vivo T1 5G mengandalkan baterai 5.000mAh dengan pengisian cepat 18W yang dapat menemani Anda menonton YouTube hingga 20 jam. Bagi pecinta game PUBG, baterainya diklaim mampu bertahan selama 8,9 jam.

Secara umum, harga HP Vivo T1 5G sepertinya sangat murah mengingat spesifikasi yang diusungnya. Khusus untuk para gamers, Vivo T1 5G pasti bisa jadi pilihan.

Baca Juga: 6 Aplikasi Jawab Soal Dapat Uang dan Menambah Pengetahuan

Spesifikasi dan Harga HP Vivo T1 5G

Layar 6,58 inci
2408×1080 (FHD+)
LCD Colorful
Refresh rate 120Hz
Chipset & OS Prosesor Dimensity 810 5G
GPU Adreno 619
Android 11, Funtouch 12
Memori 4GB RAM (1GB Extended) + 128GB ROM
8GB RAM (4GB Extended) + 128GB ROM
Kamera utama Triple camera 50MP, f/1.8, 26mm (wide); 2MP, f/2.4, (macro); 2MP, f/2.4, (depth)
Perekaman video 1080p@30fps
Kamera depan Single camera 16MP, f/2.0, (wide)
Perekaman video 1080p@30fps
Baterai 5.000 mAh
Fast charging 18W
Kelengkapan USB Type-C
NFC
Dual SIM
Sensor sidik jari
Harga 4/128GB: Rp 2.999.000
8/128GB: Rp 3.399.000

Baca Juga: 9 Aplikasi Translate Semua Bahasa Terbaik dan Gratis di Android

Keunggulan Vivo T1 5G

Selain performa, ada beberapa keunggulan lain yang dimiliki ponsel ini.

1. Kecepatan prosesor yang kenceng

Berbeda dengan seri-seri sebelumnya yang sudah ada, kali ini HP Vivo T1 5G berani menawarkan performa yang lebih baik dan cepat untuk kebutuhan gaming Anda. Berbicara soal chipset, mereka mengklaim bahwa seri Dimensity Mediatek lebih baik daripada seri G.

Perangkat tersebut sudah memiliki prosesor Mediatek Dimensity 810 dengan dukungan konektivitas 5G. Jaringan ini dikatakan 7 kali lebih cepat dari jaringan 4G pada akhirnya. Ini adalah keuntungan tersendiri bagi pengguna.

Dimensity 810 dibuat menggunakan node manufaktur 6nm berperforma tinggi, dan proses manufakturnya sangat efisien dan hemat daya.

Prosesor ini dilengkapi dengan kecepatan CPU Arm Cortex-A76 hingga 2,4 GHz. Dalam uji benchmark AnTuTu, T1 5G dapat mencetak skor hingga 380.000, yang cukup tinggi untuk kisaran harganya.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh tim Jagat Review, ponsel ini mampu menjalankan PUBG Mobile dengan pengaturan Balance – Ultra pada frame rate 40 fps.

Menurutnya, game tersebut terlalu ringan untuk ponsel ini. Game berikutnya, Apex Legends, disetel ke Balanced – High. Mobile Legends berjalan pada pengaturan High – HD – Shadow dengan frame rate 58-60 fps. Genshin Impact dapat berjalan dalam mode grafis seimbang dan kecepatan bingkai 35-45 fps.

Untuk membuat gaming lebih nyaman bagi pengguna dan tidak mengorbankan kinerja prosesor, vivo memiliki teknologi pendingin cair bawaan. Teknologi ini memiliki lima komponen yang dapat mendinginkan suhu inti hingga 10°C, menjaganya tetap dingin dan stabil.

Selain itu, unit ini dilengkapi dengan fungsi Multi Turbo versi 5.0. Fitur ini secara cerdas mengoptimalkan penggunaan jaringan, pembuangan panas, AI, dan kinerja gameplay untuk memulai dengan cepat.

Trending:  Spesifikasi dan Harga HP Realme 9 Kelebihan dan Kekurangan

Ultra Game Mode 2.0 yang ditingkatkan secara visual memberikan pengalaman gaming sensorik yang lebih lengkap. Mainkan, nikmati, dan menangkan dengan gaya yang lebih santai dan menyenangkan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Menjual Gambar Foto Terbaik Untuk Menghasilkan Uang

2. Extended RAM

Apa sih fitur Extended RAM? Extended RAM merupakan fitur penambahan RAM yang dapat meningkatkan performa ponsel saat digunakan untuk multitasking. Fitur ini, biasa disebut sebagai RAM virtual, memakan sebagian dari penyimpanan internal untuk digunakan seperti RAM.

HP Vivo T1 5G juga dilengkapi dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk memperluas memori dengan RAM yang diperluas hingga 4GB untuk model 8GB dan RAM tambahan 1GB untuk versi 4GB. Penyimpanan internal yang disediakan adalah 128 GB, dapat diperluas dengan MicroSD opsional hingga 1 TB.

3. Kamera

Beranjak ke bagian kamera, Vivo T1 5G menghadirkan konfigurasi tiga kamera dengan kamera utama 50 megapiksel dengan sensor ISOCELL JN1. Fungsi mode malam.

Kamera kedua adalah lensa makro 2 megapiksel dengan bukaan f/2.4 yang dapat memotret objek dari jarak 4 cm, dan kamera berikutnya adalah kamera beresolusi kedalaman 2 megapiksel dengan bukaan f/2.4 yang menghasilkan gambar bokeh memukau. Kamera selfienya sendiri sebesar 16 megapiksel.

Kamera depan menghasilkan gambar yang tajam dan alami bahkan dalam kondisi kurang cahaya dan tetap bagus dan cerah. Menurut tim Jagat Review, kamera selfie lebih baik dari kamera belakang yang agak pucat. Sayangnya tidak ada stabilizer untuk merekam video.

Perekaman video kamera berada pada resolusi maksimum 1080p dengan resolusi maksimum 60 fps di bagian belakang dan 30 fps di bagian depan.

Tersedia mode atau fitur seperti Photo, Portrait, Night, Video, 50MP, Panorama, Live Photo, Slow Motion, Time Lapse, Pro Mode, AR Sticker, Dual View Video Document. Lampu kilat LED di bagian belakang terintegrasi ke dalam modul kamera.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Pengubah Suara dan Efek Keren, Unik

4. Baterai berkapasitas besar

HP Vivo T1 5G menggunakan baterai 5000mAh yang dipadukan dengan teknologi Mediatek UltraSave 5G, sehingga Anda tidak perlu khawatir baterai akan habis. Vivo mengklaim baterai berkapasitas tinggi bertahan 121 jam mendengarkan musik, 20 jam streaming YouTube, 23 jam Kindle dan 8,9 jam pemutaran PUBG Mobile.

Itu juga memperkenalkan teknologi pengisian cepat dengan daya 18W. Menariknya, ponsel ini mendukung pengisian daya terbalik dengan kabel OTG, sehingga Anda dapat mengisi daya perangkat lain. Fitur ini pasti sangat berguna saat temanmu kehabisan daya.

5. Fungsi NFC

Ponsel yang dibandrol mulai dari harga 2 jutaan ini dilengkapi dengan fungsi NFC (Near Field Communication) dan bisa melakukan fungsi seperti memindahkan dokumen dan memeriksa uang elektronik sendiri.

6. Desain yang keren

Temui dengan desain minimalis dan trendi yang keren. Dibangun dalam konsep 2.5D datar, berukuran tebal 8.25mm dan berat 187g, masih relatif ringan. Susunan kameranya juga tidak terlalu aneh. Dua kamera besar vertikal dan di sebelahnya ada tulisan 5G, LED flash, kamera kecil.

Trending:  Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Sangat Mudah di Android

Varian warnanya adalah Rainbow Fantasy, dengan warna mencolok yang sangat cocok dengan gaya Anda. Dengan teknologi Warna Dinamis yang diciptakan melalui teknologi pelapisan kristal cair, penutup belakang memberikan kecemerlangan seperti pelangi.

Kalau mau tampil kalem, ada Starlight Black. Teknologi Crystaline Matte yang inovatif menambahkan kilau pada hasil akhir matte seperti bintang di langit malam yang tenang.

Baca Juga: 12 Aplikasi Yang Wajib Ada di HP Mahasiswa Agar Lebih Produktif

7. Dukungan 5G

Vivo T1 5G sudah mendukung jaringan 5G, menawarkan banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya, seperti bandwidth yang lebih besar, kecepatan download yang lebih cepat, atau aktivitas browsing yang bisa berjalan lancar tanpa gangguan internet.

Kekurangan HP Vivo T1 5G

1. Tidak ada Lensa Ultrawide

Dengan harga antara 2 jutaan hingga 3 jutaan, sayangnya T1 5G tidak dilengkapi dengan lensa ultrawide. Ini sudah umum tahun ini, dan beberapa vendor lain juga telah menghapus lensa ultrawide dari smartphone mereka. Padahal, lensa memegang peranan penting bagi pengguna yang menyukai fotografi dan video.

2. Refresh rate Standar

Saya pikir layarnya rata-rata, tidak buruk dan tidak buruk untuk harganya. Layar ini tidak memiliki panel Super AMOLED, namun masih menggunakan layar IPS LCD 6,58″, sehingga sangat bagus untuk menonton video atau bermain game.

Banyak pesaingnya yang sudah menggunakan kecepatan refresh 90Hz, tetapi Vivo masih hanya menawarkan kecepatan refresh standar 60Hz. Resolusinya adalah Full HD+ (2408×1080) dipadukan dengan P3 Color Gamut untuk mendukung saturasi yang lebih baik dan gambar yang lebih jernih dan jelas.

Baca Juga: 15 Aplikasi Untuk Pelajar Sekolah Menengah Terbaik 2022

3. Pengisian Tergolong Lama

Teknologi pengisian dayanya cukup lama dan pengisian cepat 18W ini dapat mengisi baterai dalam 39 menit dari 0-50%, sedangkan dari 0-100% membutuhkan waktu 1 jam 56 menit. Ini tidak lebih baik dari pengisian cepat 33W yang saat ini kita lihat di ponsel Realme atau Xiaomi.

Akhir Kata 

Nah itulah spesifikasi dan harga HP Vivo T1 5G, keunggulan dan kekurangannya. Terima kasih sudah menungjungi artikel ini dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Check Also

Inilah Daftar Masalah Umum Pada Smartphone

Smartphone adalah salah satu teknologi masa kini yang keberadaannya sudah tidak asing lagi. Semua orang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.