Spesifikasi dan Harga HP Realme 8 Pro, Kelebihan, Kekurangan

Awal tahun ini, harga HP Realme 8 Pro turun menjadi Rp 3 juta. Bukan hal baru, tapi Realme 8 Pro masih stabil di tahun 2022.

Spesifikasi dan harga HP Realme 8 Pro sudah diumumkan pada Maret 2021. Di usianya yang baru menginjak satu tahun, spesifikasi Realme 8 Pro masih bisa bersaing dengan banyak produk baru.

Per April 2022, harga HP Realme 8 Pro di situs resminya masih Rp 4.499.000. Namun, jika mencari di e-commerce, sudah dipastikan dapat menemukan Realme 8 Pro dengan harga mulai dari Rp 3,6 juta.

Tentunya dengan harga HP Realme 8 Pro nan semakin murah membuat ponsel ini semakin menarik untuk dibeli.

Baca Juga: 6 Trik Mengecek Spesifikasi Laptop dan Komputer (Pc) Yang Sangat Mudah Dilakukan.

Dari segi spesifikasi, Realme 8 Pro tentunya sangat layak untuk bersaing di pasar kelas menengah. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 720G dan mendukung RAM dalam jumlah besar. Realme menjanjikan performa gaming terbaik di HP ini.

Ini juga mendukung baterai 4.500mAh dengan pengisian cepat 50W. Disebut Realme, teknologi pengisian cepat ini bisa mengisi daya hingga 100% hanya dalam 47 menit.

Soal kamera juga tidak perlu khawatir. Sensor utama 108MP menjadi salah satu daya tarik utama ponsel ini. Itu juga dilengkapi dengan tiga lensa berbeda: masing-masing 8MP, 2MP dan 2MP. Di bagian depannya ada sensor kamera 16MP untuk selfie.

Melihat harga HP Realme 8 Pro saat ini dibanderol Rp3 jutaan, dukungan kamera 108MP terlihat sangat istimewa.

Layarnya berukuran 6,4 inci, terasa sangat luas berkat desain punch-hole untuk kamera depan. Panel Super AMOLED terbaik dapat memberikan kualitas gambar hingga 1080 x 2400 piksel.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Realme 8i Kelebihan, Kekurangannya

Spesifikasi dan Harga HP Realme 8 Pro

Body Dimensi 160,6 x 73,9 x 8,1 mm
Bobot 176 gr
Layar 6,4 inci
1080 x 2400 pixels
Super AMOLED
Chipset & OS Snapdragon 720G
GPU Adreno 618
Android 11, Realme UI 2.0
Memori 8 GB RAM + 128 GB ROM
Kamera utama Quad camera 108 MP, f/1.9, 26mm (wide); 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
Perekeman video sampai 4K@30fps
Kamera depan Single camera 16 MP, f/2.5, (wide)
Perekeman video sampai 1080p@30/120fps
Baterai 4.500 mAh
Fast charging 50W
Fitur Always-on display
Dual SIM
USB Type-C
NFC Audio jack 3,5mm
Sensor sidik jari dalam layar
Harga Rp 4.499.999
Trending:  Spesifikasi dan Harga HP Realme GT Master Edition Mei 2022

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Realme 9 Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan Realme 8 Pro

1. Sensor kamera utama mencapai 108 MP (megapiksel)

Keunggulan HP Realme 8 Pro pertama adalah sensor kamera utama yang dipadukan dengan sensor Samsung ISOCELL HM2 mencapai 108MP. Sensor ini memungkinkan untuk menghasilkan foto beresolusi tinggi secara maksimal. 12.000 x 9.000 Memberikan detail ultra-jelas dalam gelap atau malam hari.

Selain sensor 108MP, kamera HP Realme 8 Pro memiliki sensor ultra-wide 108MP mampu menghasilkan foto dengan sudut 199 derajat. Lalu ada 2 sensor tambahan lainnya, 2MP makro juga 2MP depth, pasti membantu untuk mengambil gambar dari jarak yang sangat dekat.

2. Tampilan visual layar yang elegan

Tak hanya kamera, tampilan layar Realme 8 Pro juga harus dikesampingkan dari segi kualitas. Itu karena HP ini sudah memiliki layar Super AMOLED yang bisa memberikan pengalaman visual nan luar biasa saat menonton film atau bermain game.

Dengan layar seluas 6,4 inci, resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), bisa melihat layar dengan nyaman. Selain itu, ponsel ini memiliki kerapatan hingga 411 ppi dan kecepatan pengambilan sampel sentuh 180Hz.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Vivo T1 5G, Keunggulan, Kekurangan

3. Desain ultra-tipis, ringan

Realme 8 Pro juga sangat cocok untuk pengguna yang mencari HP cepat terus juga nyaman dengan harga lumayan. Hal ini dikarenakan memiliki bodi hanya setebal 8mm dan bobot hanya 176g.

Desain warnanya juga terlihat cukup mewah dengan tiga variasi: Infinite Blue, Infinite Black, Punk Black, dan Illuminating Yellow. Warna ini terlihat sangat menarik karena menggunakan partikel anti silau yang dibuat dengan treatment AG-Crystal.

4. Performa chipset tangguh untuk bermain game

Bagi yang ingin bermain game seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile dalam waktu lama. Realme 8 Pro menjadi alternatif bagus untuk chipset Snapdragon 720G cepat yang dapat menjalankan hampir semua game seluler dengan lancar.

Trending:  Gadget Rumah Tangga Murah 2022

Realme 8 Pro memiliki RAM 6/8 GB terus juga memori internal 128 GB, sehingga bisa menyimpan banyak file atau game. Bahkan jika membutuhkan lebih banyak ruang, dapat juga menambahkan kartu MicroSD untuk membuat penyimpanan lebih besar.

5. Mendukung pengisian cepat 50 watt

Hal hebat lainnya tentang Realme 8 Pro adalah kemampuan pengisian cepat 50 wattnya yang dapat mengisi baterai dari 0-50% hanya dalam 17 menit. Sedangkan pengisian baterai dari 0-100% membutuhkan waktu hingga 47 menit dengan kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 4.500mAh.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Samsung S22 Ultra, Kelebihan, Kekurangan

Kekurangan Realme 8 Pro

1. Kecepatan refresh standar

Meski memiliki banyak kelebihan, namun realme 8 Pro juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah refresh rate yang masih standar 60Hz.

Seperti yang dilihat, rata-rata ponsel kelas menengah sekarang menggunakan layar dengan kecepatan refresh minimal 90Hz, tetapi ponsel ini tidak.

Kualitas tampilan layar Super AMOLED tidak terasa sempurna dengan kecepatan refresh standar 60Hz. Masalahnya adalah tidak banyak orang melihat spesifikasi kecepatan refresh di ponsel mereka. Hal ini karena sangat mempengaruhi kualitas konten atau video yang ditonton.

2. Belum mendukung jaringan 5G

Sebagian besar merek kini mulai mengembangkan teknologi 5G, terus beberapa telah diluncurkan ke ponsel kelas menengah terbaru. Sayangnya, Realme tidak menawarkan keunggulan dukungan jaringan 5G, malah menjadi salah satu kelemahan paling signifikan dari Realme 8 Pro.

Baca Juga: Spesifikasi, Harga HP Redmi Note 11 Pro Kelebihan, dan Kekurangannya

3. Badan ponsel terbuat dari plastik

Perlu diketahui bahwa bodi HP Realme 8 Pro terdiri dari bingkai plastik terus juga penutup berwarna hitam. Ini telah dinyatakan secara resmi dengan tujuan membuat bobot ponsel seringan mungkin.

Trending:  Spesifikasi dan Harga HP Samsung M23 5G, Resmi Rilis di Indonesia

Namun demikian, keunggulan terbesar dari bagian belakang Realme 8 Pro adalah terlihat seperti HP premium dengan bodi nan sangat ramping dan warna elegan.

4. Tidak dilindungi oleh Gorilla Glass

Terakhir, Realme 8 Pro tidak ada perlindungan layar yang tidak dilindungi oleh Gorilla Glass. Tapi jangan terlalu khawatir karena masih bisa mengatasinya dengan mengganti layar dengan kaca temper untuk memastikan layar benar-benar terlindungi dari goresan maupun guncangan.

Akhir Kata

Nah itulah tentang spesifikasi dan harga HP Realme 8 Pro, kelebihan, kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …