Spesifikasi HP POCO M3, Keunggulan, Kekurangan, dan Harga Terbaru

Ada alasan mengapa POCO menjuluki POCO M3 sebagai pembunuh tingkat pemula. Beberapa detail tampak lebih tinggi dari rata-rata HP lain di kelasnya. Harganya yang murah membuat HP ini semakin laris di pasaran.

POCO M3 masih dianggap sebagai salah satu ponsel entry-level paling mumpuni di pasaran saat ini. Wajar saja, tak hanya memiliki spesifikasi mumpuni seperti baterai 6.000mAh, kamera 48MP, dan RAM hingga 6GB, harga HP ini yang beredar di pasaran juga sangat terjangkau.

Menurut situs resmi Xiaomi Indonesia, HP POCO M3 untuk model 4/64GB dibanderol dengan harga Rs 1.799.000. HP ini dengan kapasitas memori 6/128 GB dibanderol dengan harga Rp 2.199.000, namun masih sangat murah.

Baca Juga: 9 Aplikasi Translate Semua Bahasa Terbaik dan Gratis di Android

Harga HP POCO M3 cukup terjangkau, namun performanya tidak bisa diremehkan. Ponsel ini menggunakan prosesor Snapdragon 662 yang merupakan seri chipset HP entry-level kelas menengah.

Kamera utama 48MP juga membuat spek POCO M3 semakin baik. Itu juga dilengkapi dengan sepasang sensor 2MP yang memberikan fungsi makro dan efek bokeh. Di bagian depan terdapat kamera selfie 8MP dengan kemampuan sudut lebar.

HP POCO M3 yang dibanderol mulai Rp 1 jutaan ini sebenarnya memiliki baterai 6.000 mAh dengan fast charging 18W. Tentu saja baterai berkapasitas tinggi seperti itu jarang ditemukan di ponsel lain di kelasnya.

Melihat spesifikasinya, ponsel murah dengan RAM besar ini sangat cocok untuk kamu yang sangat membutuhkan banyak aplikasi sekaligus. Performa chipset yang digunakan juga mendekati mid-range. Kualitas kamera kelas atas juga tidak membuat HP POCO M3 ini menjadi terlihat murahan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Menjual Gambar Foto Terbaik Untuk Menghasilkan Uang

Spesifikasi dan Harga HP POCO M3

Body Dimensi 162.3 x 77.3 x 9.6 mm
Bobot 198 g
Layar berlapis Gorilla Glass 3, bagian belakang dan frame plastik
Layar 6.53 inci
1080 x 2340 pixel
LCD IPS
Chipset & OS Chipset Snapdragon 662
GPU Adreno 610
Android 10, MIUI 12
Memori 4GB RAM + 64GB ROM
6GB RAM + 128GB ROM
Kamera utama Triple camera 48MP, f/1.8, (wide); 2MP, f/2.4, (macro); 2MP, f/2.4, (depth)
Resolusi video 1080p@30fps
Kamera depan Single 8MP, f/2.1, (wide)
Resolusi video 1080p@30fps
Baterai 6.000 mAh
Fast charging 18W
Fitur USB Type-C
Sensor sidik jari
Dual SIM
Audio jack 3,5mm
Harga 4/64GB : Rp 1.799.000
6/128GB : Rp 2.199.000
Trending:  Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A03, Keunggulan dan Kelemahan

Baca Juga: 10+ Aplikasi Pengubah Suara dan Efek Keren, Unik

Kelebihan dan Kekurangan Poco M3

1. Desain mewah dan sederhana

Desain Poco M3 cukup unik karena logo POCO berada di kanan atas kamera. Warna-warna seperti kuning, hitam dan biru juga cukup menarik.

Ponsel ini sangat nyaman saat digenggam karena bagian belakangnya matte. Karena sikunya terlihat tumpul, mereka terlihat sangat tidak persegi, seperti perangkat Sony.

Desain kamera depan menggunakan tetesan air. Meski desain lama, tidak apa-apa.

2. Perlindungan Layar Corning Gorilla Glass 3

Tanpa screen saver, ponselmu terasa kurang. Ini karena jika digores langsung menyentuh layar utama. Nah, Poco M3 menawarkan perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Ini hanya versi 3, tetapi perlindungan ini cukup bagus.

Ini bisa menjadi fitur yang menarik, setidaknya sejauh ini.

Baca Juga: Aplikasi trading Forex Terbaik Untuk pemula Wajib Coba

3. Layar hanya IPS LCD

Sayangnya hanya mendapatkan layar IPS LCD. Namun bukan berarti layar IPS-nya jelek. Layar IPS juga masih banyak digunakan sebagai tempat untuk menampilkan gambar di banyak perangkat elektronik.

Di sini kita harus memperhatikan bahwa layar terlihat agak kuning ketika kita berada di latar belakang putih. Ini adalah satu-satunya kelemahan dari layar IPS LCD. Saya tidak yakin apakah itu masalah layar atau apakah itu sebenarnya perangkat lunak POCO M3.

4. Performa kamera cukup stabil

Ya, kamera utama Poco M3 memiliki resolusi 48MP yang sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan dokumentasimu. Gambar yang dihasilkan sangat cerah dan bebas noise.

Untuk 6/128GB, 2 jutaan cukup dengan lensa 48MP. Ya, sensor pada kamera POCO M3 cukup solid.

Segala sesuatu yang lain baik-baik saja, dimulai dengan potret siang dan malam, hampir sama dengan kamera pesaing.

Trending:  Spesifikasi Printer Epson L120, Kelebihan dan Kekurangannya

5. Performa chipset ok

Dengan chipset Snapdragon 662, skor Antutu 177.904 cukup bagus. Dibandingkan dengan chipset ponsel OPPO Reno4 F yang menggunakan chipset Helio P95, masih sedikit lebih baik dari Helio P95, hanya dengan sedikit perbedaan.

Nah, performa dari chipset Snapdragon 662 itu mampu membanjiri beberapa game seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG. Namun dalam kasus Genshin Impact, kamu pasti akan kecewa.

Sejauh ini, tidak ada masalah mesin. Namun terkadang ada sedikit masalah dengan software yang menundanya.

Baca Juga: Situs dan Aplikasi Edit Foto Ucapan Ramadhan Beserta Caranya

6. Baterai berkapasitas besar 6000mAh

Untuk baterai berkapasitas besar, ponsel kamu pasti akan terlihat lebih besar. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang tidak suka ditagih setiap saat, HP POCO M3 bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Kapasitas 6000 mAh jarang ditemukan di ponsel yang memfasilitasinya, dan rata-rata hanya 5.000 mAh. Nah, ini mungkin hanya untuk menarik perhatian konsumen. Jika kamu membutuhkan baterai berkapasitas tinggi, ponsel ini adalah solusinya.

7. Banyak varian RAM

Ada beberapa varian RAM dan penyimpanan yang bisa dipilih: 6/128GB, 4/64GB, dan 6/64GB. Tentu saja harganya jelas berbeda 2,3 juta untuk 6/128GB dan 1,8 juta untuk 4/64GB.

Kamu dapat memilih RAM sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, hanya bisa menggunakan RAM 4GB karena tidak terlalu mahal untuk penggunaan sehari-hari. Jika membutuhkan game, gunakan lebih banyak RAM.

8. Getaran Speaker Terasa

Speaker merasakan getaran yang sangat tinggi saat mendengarkan musik. Saya tidak tahu di mana masalahnya. Ini bisa berupa ponsel berlubang atau kualitas build rendah Xiaomi.

Selain masalah ini, speaker berada di lantai, sehingga speaker ditutupi dengan tangan saat bermain game. Jika kamu adalah pengguna game, ini bisa menjadi masalah.

Trending:  7 HP Terbaru Akan Rilis di Pertengahan Tahun 2021

9. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Saya tidak tahu mengapa merek ini menyingkirkan kamera ultra lebar. Karena kamera depth dan macro jarang digunakan. Jika kamu memiliki kamera ultra lebar, itu lebih baik lagi karena masih dapat menggunakannya untuk fotografi.

Kamera utama sangat stabil, tetapi 2 kamera depth dan makro sebenarnya lebih baik untuk diganti dengan kamera ultra wide.

10. Terkadang UI Lag

Saya pikir kamu perlu memperbarui perangkat lunak MUI 12 ke versi terbaru untuk membeli ponsel ini. Saya suka gulir lambat ke atas, bawah, kiri dan kanan setelah menggunakannya dari waktu ke waktu. Cukup perbarui ke MIUI 12.5.2 (2.5GB) dan itu akan menjadi ponsel paling menakjubkan yang pernah ada.

Masalahnya adalah perangkat lunaknya yang rusak, bukan teleponnya. Misal sudah diupdate tapi masalah masih ada, sepertinya perlu diservis.

11. Rekaman Video Biasa Saja

Ini memiliki kamera 48MP, tetapi perekaman video biasa-biasa saja. Nah, berikut ini kekurangan dari Xiaomi Poco M3. Hasilnya warna kurang cerah dan kusam. Tapi potongan kamera HP 2 juta itu bisa dimaklumi.

12. MIUI 12 mudah digunakan.

Pembahasan terakhir tentang Xiaomi Poco M3 adalah MUI 12 yang sangat cantik dan mudah digunakan. Kontrol, ikon, dan pengaturannya sangat mudah dipahami bahkan untuk orang biasa. Inilah mengapa Xiaomi masih stabil dalam hal UI.

Peluncur didasarkan pada Android 10 dan memiliki antarmuka penuh gaya dengan animasi hebat, opsi privasi baru, jendela mengambang, pusat kendali khusus, wallpaper super, laci aplikasi baru, dan banyak lagi.

Akhir Kata

Nah itulah apesifikasi HP POCO M3, keunggulan, kekurangan, dan harga terbaru. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Check Also

Yuk Intip Tips Sebelum Membeli HP Bekas, Agar Tidak Rugi!

Tips sebelum membeli hp bekas ini memang cocok untuk Anda yang ingin membeli benda canggih …