Spesifikasi Printer Epson L120, Kelebihan dan Kekurangannya

Spesifikasi Epson L120 – Printer Epson dengan seri L120 menjadi printer untuk sejuta pengguna. Harganya yang terjangkau membuat printer ini menjadi pilihan banyak konsumen untuk kebutuhan pencetakan dokumennya. Bahkan, dapat mencetak foto menggunakan printer ini dengan pengaturan yang benar.

Namun, printer Epson L120, betapapun murahnya, tidak murah. Kualitas cetaknya sebanding dengan printer sekelas di atasnya. Ini cukup andal dalam hal daya tahan, saya telah menggunakan printer ini sendiri selama 3 tahun sekarang, dan kemampuan pencetakannya baru.

Nah, kali ini penulis akan mengulas spesifikasi printer Epson L120 ini lebih lanjut. Pembahasan akan disajikan sekomprehensif mungkin, termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Nah berikut ini adalah reviewnya. Simak!

Baca Juga : Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark dan Aplikasi 2022

Artikel Terkait :
Spesifikasi Printer Canon PIXMA MP287 Lengkap, dan Harga Terbaru
Review Spesifikasi Printer Epson L5190, Ini Kelebihan dan Kekurangannya
Spesifikasi Printer Canon G2000, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga 2022
Review Printer Epson L3210, Keunggulan, Kelebihannya Terbaru 2022
Printer HP Ink Tank 315, Spesifikasi dan Harga Terbaru 2022
Daftar harga Printer HP dan spesifikasinya update Terbaru 2022

Spesifikasi Printer Epson L120 Kelebihan dan Kekurangan

Printer seri L120 pertama kali diperkenalkan oleh pabrikan Epson pada tahun 2004. Printer ini ditujukan untuk segmen pengguna rumahan atau kantor kecil dengan kemampuan printer tunggal: kemampuan untuk mencetak dokumen.

Printer seri-L generasi kedua Epson menawarkan pencetakan ultra-cepat, mampu mencetak ribuan halaman hingga 27 halaman per menit (ppm). Printer Epson L120 merupakan printer yang didesain untuk menekan biaya pencetakan dokumen sehari-hari.

Epson menawarkan isi ulang tinta asli yang murah dan dapat mencetak ribuan halaman sekaligus, sehingga pengguna tidak perlu lagi repot membeli tinta injeksi atau isi ulang. Dari segi sistem, printer Epson L120 juga memiliki sistem yang sangat mudah dioperasikan.

Selain itu, pengguna tidak perlu lagi khawatir dengan proses pengisian tinta. Karena caranya sangat mudah dan bisa kamu lakukan di rumah. Epson L120 dilengkapi dengan tinta asli yang dipasok oleh Epson serta tabung khusus yang dapat diisi ulang dengan mudah oleh pengguna.

Trending:  Review Printer Epson L3210, Keunggulan, Kelebihannya Terbaru 2022

Baca Juga : Cara Membuat Stiker WA Tanpa Aplikasi Tambahan Paling Mudah 2022

Spesifikasi Printer Epson L120

Untuk informasi lebih lanjut tentang printer Epson L120, silakan lihat tabel spesifikasi berikut.

Tabel Spesifikasi Printer Epson L120

Metode Cetak InkJet
Maks. Besaran Kertas A4
Maks. Resolusi 720
Effective Print Resolution 720 x 720 dpi
Dimensi 461 x 215 x 130 mm (W x D x H)
Dimensi Kemasan : 55 x 30 x 19 cm
Berat 2.4 kg
Consumables Black Ink Catridge [T6641]
Cyan Ink Catridge [T6642]
Magenta Ink Catridge [T6643]
Yellow Ink Catridge [T6644]
Kecepatan Cetak B/W 8.5 IPM
Kecepatan Cetak Warna 4.5 IPM PPM
Konektivitas USB
Kesesuaian Sistem Operasi Windows XP/XP Professional x64 Edition/Vista/7/8/8.1
Mac OS X 10.5.8, 10.6.x, 10.7.x, 10.8.x, 10.9.x
Input Tray #1 50 sheets, A4 Plain paper (75g/m²)
Duplex Printing Manual
Power Consumption Printing: Approx. 10 Watt
Standby: Approx. 2.0 Watt
Sleep: Approx. 0.6 Watt
Power Off: Approx. 0.3 Watt

Keunggulan Printer Epson L120

Apa kelebihan dari printer Epson ini? Yah, setidaknya printer Epson L120 memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya pilihan populer bagi pengguna untuk memenuhi kebutuhan pencetakannya. Keuntungan ini meliputi:

1. Ukuran kompak dan kompak

Salah satu keunggulan printer Epson L120 ini adalah kekompakan dan ukurannya yang ringkas. Berdasarkan tabel spesifikasi di atas, printer ini berukuran 461 x 215 x 130mm dan beratnya hanya 2,4kg. Printer Epson L120 dengan ukuran ini tidak memakan banyak tempat dan sangat cocok untuk diletakkan di meja dekat laptopmu.

Dengan tangki tinta Epson L120 di sebelah kanan, menempatkan printer ini di sisi kanan meja memudahkan pengisian tinta setiap saat.

2. Kecepatan cetak yang luar biasa

Dibandingkan dengan printer lain di kelasnya, printer Epson L120 ini mencetak jauh lebih cepat, mencapai 8,5 IPM hitam putih dan hingga 4,5 IPM berwarna.

Trending:  Spesifikasi, Keunggulan dan Harga Printer Epson L3110 Terbaru

Hal ini membuat produktivitasmu tetap tinggi saat menggunakan printer ini karena tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mencetak dokumenmu. Ini terutama benar jika dokumen hanya membutuhkan tinta hitam, seperti dokumen yang hanya berisi teks.

Bahkan, kecepatan cetak ini dapat ditingkatkan lagi dengan mencetak dokumen dalam mode draft. Kami merekomendasikan pencetakan dalam mode draf untuk korespondensi informal atau dokumen yang digunakan hanya untuk keperluan pribadi karena lebih cepat dan lebih hemat tinta.

Baca Juga : Cara Convert Youtube to MP3 Tanpa Aplikasi Dengan 9 Situs ini

3. Hemat penggunaan tinta

Dalam hal penggunaan tinta, printer Epson L120 sangat irit. Meski tanpa mode draft, Epson L120 tetap irit. Efisiensi penggunaan tinta pada Epson L120 merupakan hasil penyempurnaan dari generasi sebelumnya yaitu Epson L110.

Epson L110 dikenal sebagai printer bernilai baik untuk uang, sekitar Rs 30 per halaman warna. Sebagai penerus yang telah mengalami berbagai peningkatan kualitas, printer Epson L120 tentunya jauh lebih hemat.

Kapasitas tangki tinta yang terpasang pada printer Epson L120 adalah 40ml per warna. Karena printer ini sesuai dengan sistem warna CMYK: Cyan, Magenta, Yellow dan Black, total ada 4 warna.

4. Isi ulang tinta mudah

Hal hebat lainnya dari printer Epson L120 ini adalah pengisian tinta yang sangat mudah. Paket isi ulang tinta dirancang agar pas dengan mudah ke dalam tabung penyimpanan tinta.

Printer Epson L120 juga memiliki tabung khusus yang memungkinkan tinta mengalir dengan lancar saat mengisi ulang tabung.

Isi ulang tinta Epson L120 juga relatif murah. Harga per botol 70ml adalah $5,5 menurut situs resminya, atau sekitar Rp80.000 di Indonesia. Tentu saja, setiap botol tinta Epson L120 hanya berisi satu warna.

Baca Juga : 7 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman Terbaik dan Terpercaya

5. Pastikan kualitas printer dan hasil cetak

Berdasarkan pengalaman penulis, kualitas cetak printer Epson L120 sangat mengagumkan. Bahkan, pabrikan Epson berani menjamin kualitas ini dengan syarat menggunakan tinta asli. Hasil cetakan tidak mudah luntur karena tahan lama atau cepat kering.

Trending:  Spesifikasi Printer Canon PIXMA MP287 Lengkap, dan Harga Terbaru

Selain untuk mencetak dokumen, Epson juga memberikan garansi printer selama 2 tahun untuk menjamin keawetan produk L120 ini. Selama masa garansi, printer Epson mampu mencetak 20.000 cetakan. Itu angka yang cukup tinggi untuk kelas printer seperti ini.

Kekurangan Printer Epson L120

Namun, printer ini bukannya tanpa kekurangan. Yah, harus saya akui bahwa Epson L120 memiliki beberapa kekurangan dari segi penggunaan, antara lain:

1. Fungsi dibatasi hanya untuk penggunaan printer

Printer Epson L120 ini tidak memiliki fungsi tunggal tipe All In One. Model dan tipe printer Epson ini hanya dapat digunakan untuk mencetak dokumen. Padahal, sejak awal, printer ini ditujukan untuk pengguna rumahan atau pelajar yang hanya membutuhkan printer sebagai printer dokumen.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Poster, Desain yang Mudah Untuk Pemula

2. Resolusi maksimum adalah 720 x 720dpi

Kelemahan lainnya adalah resolusi maksimal printer Epson L120 hanya 720 x 720 dpi. Pada resolusi ini, printer ini tidak cocok untuk mencetak foto menggunakan kertas foto. Namun untuk foto di dokumen, hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan.

3. Tidak ada fungsi pencetakan dua sisi otomatis

Kekurangan selanjutnya dari printer Epson L120 ini adalah tidak dilengkapi dengan pencetakan dua sisi otomatis. Jadi bagi pengguna yang ingin mencetak bolak-balik harus melakukannya secara manual.

Akhir Kata

Nah, berikut ini artikel tentang spesifikasi printer Epson L120, Kelebihan dan Kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini dan semoga bermanfaat.

 

Artikel Lainnya :

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Gampang No Ribet

Download Video Youtube Tanpa Aplikasi di Android, Dengan 10 Cara Ini

Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi, Reels, Story IG

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP OPPO, VIVO, IPHONE, SAMSUNG, XIAOMI, INFINIX

Cara Menghilangkan Info di Whatsapp Tanpa Menggunakan Aplikasi

Aplikasi Menu Buka Puasa, Resep Makanan untuk Berbuka Puasa

Check Also

7 Alternatif Aplikasi Penyimpanan Selain Google Drive

Alternatif Aplikasi Penyimpanan Selain Google Drive, Berbicara tentang Google Drive ialah salah satu layanan penyimpanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.