fbpx
Teknik SEO Writing

Teknik SEO Writing Agar Artikel Berhasil di Page One Google

Teknik SEO writing saat menulis artikel di blog sangat peting untuk diperhatikan. Sebab, artikel yang SEO friendly akan lebih mudah berada di page one atau halaman pertama mesin pencari.

Dengan demikian, pembaca akan lebih mudah menemukan tulisan Anda. Seperti yang diketahui bahwa salah satu sumber trafik utama blog adalah pencarian melalui mesin pencari. Khususnya Google yang paling populer.

Sehingga saat artikel Anda ada di halaman utama mesin pencari, trafik blog juga secara otomatis meningkat. Sebab, hampir semua pengguna internet lebih memilih artikel di halaman utama dibandingkan halaman selanjutnya.

Oleh sebab itu, sebagai seorang blogger Anda perlu mempelajari penulisan sesuai kaidah SEO. Untuk mengetahuinya, simak pembahasan berikut ini.

10 Teknik SEO Writing Agar Page One Google

Untuk menjadi seorang blogger profesional Anda harus mengenal apa itu SEO. Sebab nantinya, teknik SEO akan menjadi makanan sehari-hari blogger jika ingin blognya lebih dikenal.

Jadi, yang dimaksud dengan SEO writing atau Search Engine Optimization writing adalah sebuah teknik optimasi agar visibilitas artikel Anda meningkat di mesin pencari. Artinya, artikel akan mudah ditemukan.

Bahkan, artikel Anda akan berkesempatan berada di halaman pertama mesin pencari. Seperti yang kita ketahui bahwa mesin pencari saat ini sudah sangat banyak jenisnya. Hanya saja, Google masih menjadi favorit banyak orang.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan kaidah teknik SEO writing agar artikel Anda berhasil menempati page one berikut ini:

  1. Tentukan Keyword

Kaidah pertama jika ingin artikel Anda SEO friendly adalah harus menentukan keyword atau kata kunci dalam artikel. Sebab, seseorang hanya akan memasukkan kata kunci saat hendak mencari informasi tertentu.

Saat memasukkan kata kunci tertentu pada Google, maka akan muncul hasil pencarian yang sangat banyak. Hasil yang ditampilkan tersebut dianggap memiliki kaitan dengan kata kunci tersebut.

Oleh sebab itu, penentuan keyword dalam teknik SEO writing sangat penting agar artikel lebih mudah muncul pada hasil pencarian. Untuk menentukan keyword, ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan yaitu:

  • Tentukan tema atau topik artikel yang ingin dibahas.
  • Gunakan tools seperti Uber Suggest, Semrush, atau Google Keyword Planner untuk mencari keyword populer terkait topik yang akan dibahas.
  • Pilih keyword dengan popularitas sedang agar persaingan dengan blogger lain tidak terlalu tinggi.
  • Masukkan keyword tersebut secara konsisten pada tulisan dan disebar secara merata.
  1. Perhatikan Jumlah Pengulangan Keyword

Teknik SEO writing berikutnya adalah memperhatikan jumlah pengulangan keyword, jangan sampai terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jumlah keyword yang ideal dalam kaidah SEO adalah sekitar 0,7 hingga 1%.

Jika jumlah keyword terlalu banyak, maka akan terjadi keyword stuffing. Hal ini berpengaruh buruk bagi artikel Anda karena Google akan menganggapnya spam. Sehingga, kecil sekali kemungkinan artikel akan ada di page one.

Selain memperhatikan jumlah, Anda juga harus memperhatikan penempatan keyword tersebut. Pastikan keyword ada di bagian judul, sub judul, awal kalimat, akhir kalimat, dan sisanya disebar secara merata.

  1. Gunakan LSI Keyword

LSI keyword (Latent Semantic Indexing keyword) adalah kata kunci yang menjelaskan lebih dalam apa isi artikel tersebut. Selain dari keyword utama, Google juga akan mempertimbangkan LSI keyword pada hasil pencariannya.

Dalam teknik SEO writing, menentukan LSI menjadi sebuah keharusan. Sebab, artikel jadi lebih mudah ditemukan. Penggunaan LSI dalam sebuah artikel biasanya berjumlah 0,7 hingga 1% sama seperti keyword utama.

Kata kunci LSI dapat ditentukan dari search intent pengguna internet. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Melihat hasil pencarian terkait saat Anda mengetik kata kunci di Google.
  • Melihat ‘People also ask’ pada hasil pencarian Google yang menunjukkan search intent pengguna internet.
  • Menggunakan tools khusus seperti Uber Suggest atau Google Keyword Planner. Pada tools ini Anda akan mendapatkan banyak sekali LSI terkait keyword utama lengkap dengan jumlah pencarian per bulannya.
  1. Tambahkan Elemen Visual

Teknik SEO writing yang harus Anda perhatikan pada saat membuat artikel di blog adalah menambahkan elemen visual. Elemen visual ini sangat penting untuk menjelaskan isi artikel secara visual.

Atau, hanya sekedar agar pembaca tidak merasa bosan ketika membaca artikel Anda. Beberapa elemen visual yang bisa Anda tambahkan di antaranya adalah gambar, infografi, tabel, atau bahkan video.

  1. Optimasi Alt Text pada Gambar

Alt text atau alternative text merupakan teks yang bisa digunakan untuk menjelaskan gambar. Khususnya jika audiens memiliki masalah pada penglihatannya atau keterbatasan lainnya.

Optimasi Alt Text pada gambar bertujuan agar gambar lebih mudah ditemukan dan artikel lebih SEO friendly. Untuk melakukan teknik SEO writing ini, Anda cukup menambahkan keyword pada bagian alt text.

  1. Buat Struktur Artikel yang Baik

Struktur artikel yang baik juga menjadi salah satu faktor artikel lebih SEO friendly. Selain itu, pembaca juga akan lebih nyaman saat membacanya karena artikel lebih runut dan mudah dipahami. Secara garis besar, struktur artikel terdiri dari tiga bagian yaitu:

  • Bagian pembuka yang fokus menjelaskan latar belakang kenapa Anda perlu menulis artikel ini. Anda bisa menunjukkan fakta atau opini pribadi pada bagian ini.
  • Bagian isi fokus membahas topik berdasarkan fakta atau berupa solusi dari latar belakang. Pada bagian isi juga Anda bebas untuk mengungkapkan opini pribadi.
  • Bagian penutup merupakan simpulan dari pembahasan di bagian isi.
  1. Optimasi Heading

Teknik SEO writing yang tidak boleh diabaikan adalah mengoptimasi heading pada artikel. Heading memiliki fungsi yang sama seperti sub judul pada artikel.

Google lebih menyukai artikel yang memiliki heading karena tingkat keterbacaannya tinggi. Selain itu dengan adanya heading, pembaca juga bisa memahami isi dari artikel tanpa harus membaca seluruh isinya.

Heading juga membuat pembahasan artikel menjadi lebih terstruktur. Pembaca juga tidak akan mudah bosan ketika membaca tulisan yang memiliki heading.

Untuk mengoptimasi heasing, Anda bisa melakukannya dengan menambah keyword pada setiap heading. Selain itu, pastikan jumlah kata pada heading juga tidak terlalu banyak.

  1. Gunakan URL Sederhana

Teknik SEO writing berikutnya adalah pastikan Anda membuat URL untuk artikel tersebut secara sederhana. Cukup gunakan kata kunci utama, di mana pada setiap katanya dipisahkan tanda strip “ – “.

Hindari membuat URL yang terlalu rumit atau terlalu panjang. Sebab, akan menyulitkan Google dalam memahami isi artikel tersebut.

  1. Tambahkan Internal Link

Internal link adalah sebuah link yang mengarah ke dalam blog Anda sendiri. Ternyata, internal link mampu membantu sistem Google untuk memahami isi artikel Anda.

Hal ini tentunya akan membuat artikel tersebut lebih SEO friendly dan berhasil masuk page one Google. Tapi, pastikan Anda menggunakan internal link yang masih berkaitan dengan isi artikel.

  1. Buat Artikel Original

Teknik SEO writing terakhir yang masih banyak diabaikan adalah konten yang original. Jika ingin menjadi blogger profesional, pastikan Anda tidak mencuri konten orang lain.

Selain tidak SEO friendly, konten hasil curian memiliki kualitas rendah. Bahkan, reputasi blog Anda bisa menjadi buruk di mata Google. Dampaknya bisa fatal dan blog Anda bisa saja tenggelam ke halaman bawah.

Dalam dunia blogging, menulis saja tidak cukup. Jika ingin mendapatkan trafik tinggi, Anda perlu memhami teknik SEO writing agar bisa berada di page one Google.