9 Tips Agar Anak Lupa Main Gadget

Di zaman yang semakin canggih, perkembangan teknologi ikut serta dalam kemajuannya. Anak-anak tidak luput dari kegiatan bermain gadget. Untuk Anda yang khawatir terhadap akibat yang akan terjadi di masa mendatang pada anak Anda. Ini dia tips anak lupa gadget yang harus Anda pahami.

Kecanggihan Gadget

Salah satu perangkat elektronik yang kini dimiliki karena serba bisa dan sudah begitu familiar di masyarakat sering kita sebut dengan gadget (gawai) atau ponsel pintar. Dengan gadget, semua dapat kita lakukan. Beragam fitur mulai dari permainan, hiburan hingga media sosial yang  hanya terhubung dengan internet.

Kita boleh mengenalkan anak kepada gadget, tetapi tentu tidak berlebihan dan tidak terlalu jauh dalam mengenalnya. Karena hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan pemikiran anak kedepannya, dan juga jika sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas. Anda perlu tips anak lupa gadget agar tetap bisa mengontrol kemauan anak.

Meskipun banyak sisi positif, perlu orang tua ketahui bahwa dalam gadget tersebut ada hal negatif yang tentunya tidak baik jika anak terlalu lama bermain gadget. Terlebih bila dia sudah kecanduan, maka dia akan semakin sulit untuk diatasi karena gadget sudah merupakan teman bermain baginya.

Lalu, bagaimana seharusnya tips anak lupa gadget agar mereka tidak kecanduan? Simaklah tipsnya dibawah ini:

Beri Mainan Alternatif

Berikanlah mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan yang anak sukai. Mungkin saja cara ini kurang efektif, tetapi setidaknya anak Anda masih memiliki beberapa pilihan mainan yang dapat dia mainkan.

Apabila Anda melihat banyak temannya di luar rumah, biarkanlah dia bermain dengan mereka asalkan tidak berbahaya dan dalam pengawasan Anda.

Trending:  Cara Menonaktifkan WA di HP Samsung

Luangkan Waktu

Jika Anda menginginkan anak tidak kecanduan gadget maka ada baiknya Anda bisa meluangkan waktu untuk bermain bersama anak Anda.

Perlu Anda ketahui salah satu alasan anak memilih bermain gadget karena merasa kesepian, bosan dan kurang perhatian dari orang tua. Oleh karena itu, Anda jangan sibuk bekerja tetapi coba luangkan waktu untuk si kecil. Cara ini merupakan tips yang bisa Anda coba.

Harus Sibuk Berkegiatan

Semakin banyak waktu yang anak punya maka akan semakin banyak peluang untuk merasa bosan. Ketika anak sudah bosan maka dia akan cenderung memilih untuk bermain gadget.

Dari situlah anak akan merasa kecanduan dan sulit untuk lepas dari gadget. Maka tidak ada salahnya Anda memberi kesibukan yang bermanfaat untuk anak seperti: les bernyanyi, les piano, les bahasa inggris dan lain sebagainya yang masih dia sukai.

Beri Batasan Waktu

Cara selanjutnya dari tips anak lupa gadget ialah Anda harus memberikan batasan waktu kepada anak untuk dia bermain gadget. Anda pun harus tegas dan jangan membiarkan anak Anda terlalu asik bermain gadget.

Jika Anda membiarkan anak, maka yang terjadi akan semakin kecanduan, terlebih lagi jika gadget yang Anda berikan mendukung banyak game yang mumpuni. Maka anak Anda pun menjadi sulit untuk terlepas dari gadget tersebut.

Jaringan Internet Dibatasi

Bukan hal yang baru lagi jika kini para orang tua sudah memasang koneksi internet di rumahnya yang membuat mereka akan mudah dalam mengakses dunia internet.

Namun perlu Anda ketahui bahwa hal itu bisa menyebabkan anak kecanduan gadget. Sambungan internet yang mudah mereka dapat, mampu mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya.

Trending:  Ini Dia 5 Daftar Iphone Yang Worth It Dimiliki Tahun 2022

Maka jangan heran jika anak Anda akan individualis atau sering mengurung diri di kamar karena bermain internet. Maka dari itulah Anda sebaiknya membatasi penggunaan jaringan internet di luar kebutuhan Anda.

Bermain Di Luar

Sebagian orang tua tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah. Mereka mempunyai  tujuan baik yakni ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang bisa menimpanya.

Seperti misalnya ajakan bermain dari teman-temannya yang kurang baik, ucapan yang kurang baik, takut bajunya kotor dan masih banyak hal yang lain.

Akan tetapi, ada baiknya Anda memberi kesempatan walau hanya sedikit untuk bermain di luar rumah. Hal ini berguna untuk mereka agar tidak kesepian dan pastinya bisa sejenak terlupa dengan gadget.

Orangtua Memberi Contoh

Anak merupakan peniru yang ulung, dia bermain gadget karena bisa saja meniru orang tuanya. Maka dalam hal ini Anda perlu memberikan contoh dengan tidak bermain gadget di depan anak Anda

Sisihkan ponsel, tablet, dan laptop Anda selama beberapa jam pada setiap harinya. Lalu, libatkan diri dalam bentuk hiburan alternatif dan habiskan waktu bersama keluarga serta anak-anak Anda.

Kenali Alam Semesta

Ketika Anda sudah tidak memiliki pekerjaan di kantor, maka tidak ada salahnya untuk mengajak anak untuk jalan-jalan di waktu sore hari.

Tentu dengan menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar rumah atau dimana saja yang dirasa indah ketika sore tiba. Hal itu akan membuat mereka lupa dengan gadget-nya, karena asik menikmati pemandangan alam yang pastinya sangat menyenangkan.

Bersosialisasi Dengan Teman Sebayanya

Mungkin saja anak bermain gadget karena tidak memiliki aktivitas bermain dengan teman yang menyenangkan dengan teman sebayanya. Hal ini lah yang membuat orang tua perlu mengajak anak untuk bermain dengan teman sebayanya. Anda bisa mengundang teman-temannya untuk ke rumah atau Anda dapat mengajaknya untuk berkunjung ke rumah sahabatnya di sekolah.

Trending:  Top Gadget Penghemat Uang Harian!

Dengan banyak teman maka dia pun akan memiliki kesibukan baru dan hal ini juga bisa menjadi tips yang terakhir.

Demikian beberapa tips anak lupa gadget yang bisa Anda coba pada anak Anda dirumah. Ingatkan juga bahaya bermain gadget ya, agar mereka bisa memahaminya.

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …