fbpx
tips diterima Google Adsense

Tips Diterima Google Adsense Paling Ampuh untuk Blogger

Bagi blogger, penting sekali untuk mengetahui bagaimana tips diterima Google Adsense. Sehingga, Anda akan memperoleh keuntungan dari blog tersebut.

Google Adsense merupakan salah satu sumber penghasilan blogger yang dapat memberikan kentungan besar. Sistem kerjanya adalah, blog Anda akan menayangkan iklan dari klien yang sudah bekerja sama dengan Google.

Keuntungan diperoleh ketika ada pengunjung yang melihat iklan tersebut dan mengkliknya. Seorang blogger bisa memperoleh penghasilan yang tidak terhingga dari Google Adsense. Hal ini yang membuatnya sangat menggiurkan.

Hanya saja untuk diterima menjadi publisher iklan tidak mudah. Sebab, Google memiliki berbagai kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh blogger.

Tapi tenang saja, kami memiliki tips mudah agar blog Anda dapat diterima adsense. Simak tipsnya di bawah ini.

Tips Diterima Google Adsense untuk Blogger

Mendapatkan penghasilan dari blog yang dikelola merupakan mimpi terbesar bagi setiap blogger. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan dan kesenangan tersendiri.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar blog bisa menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan menjadi penayang iklan Google Adsense. Namun tidak mudah untuk diterima adsense.

Bahkan, sudah banyak blogger yang ditolak berulang kali saat mendaftar program ini. Tapi, kami memiliki tips diterima Google Adsense yang sangat ampuh dan bisa Anda coba berikut ini:

  1. Gunakan Domain TLD

Tips pertama adalah sebisa mungkin Anda harus menggunakan domain TLD atau top level domain. Seperti .com, .co.id, .net, .website, dan masih banyak lainnya.

Memang domain bawaan seperti .blogspot.com juga memiliki peluang diterima adsense. Hanya saja peluangnya kecil dan kurang profesional. Terlebih lagi jika Anda ingin menjadi blogger profesional.

Jika diibaratkan, domain seperti identitas blog. Bahkan, nama domain bisa menggambarkan karakter blog yang Anda buat. Biasanya, klien akan mempertimbangkan nama domain sebelum bekerja sama.

Mereka lebih menyukai blog dengan TLD dibandingkan dengan domain bawaan. Begitu pula dengan Google Adsense yang lebih sering menerima blog dengan domain TLD.

Oleh sebab itu sebelum mendaftar program adsense, pastikan Anda melakukan tips diterima Google Adsense ini. Anda bisa mendapatkan domain TLD di penyedia hosting dengan harga yang sangat beragam.

  1. Buat Navigasi Blog yang Jelas

Ketika Anda mendaftar ke program Google Adsense, pihak terkait akan memeriksa keseluruhan aspek blog. Salah satunya adalah navigasi atau penunjuk yang ada di blog Anda.

Google lebih menyukai blog atau website yang memiliki navigasi jelas dan sederhana. Dengan demikian, audiens yang mengunjungi blog Anda tidak akan kebingungan da merasa lebih nyaman. Beberapa navigasi penting yang harus ada di dalam blog di antaranya adalah:

  • Post selanjutnya untuk mengantarkan audiens ke postingan selanjutnya yang lebih baru.
  • Post sebelumnya untuk mengantarkan audiens ke postingan berikutnya yang lebih lama. Navigasi ini sangat penting dalam tips diterima Google Adsense.
  • Button Home atau beranda untuk mengantarkan audiens ke halaman utama blog.
  • Menu berisi topik pembahasan setiap kelompok artikel. Misalnya lifestyle, fashion, sport, dan lainnya.
  • Privacy and Policy berisi ketentuan-ketentuan yang berlaku ketika audiens mengunjungi blog Anda.
  • Contact merupakan navigasi yang mengarahkan ke kontak Anda.
  • Disclaimer adalah navigasi untuk menjelaskan peringatan pada audiens terhadap sesuatu yang di luar tanggung jawab Anda.
  1. Hindari Menggunakan External Link

Tips diterima Google Adsense berikutnya adalah Anda harus menghindari penggunaan external link selama proses pengajuan. External link sendiri merupakan link yang mengarahkan pengunjung ke luar situs Anda.

Hal ini kurang disukai oleh Google karena akan membuat audies merasa kurang nyaman. Selain itu, external link juga bisa mengurangi interaksi audiens dengan blog Anda.

Memasang external link memang tidak salah, tapi sebisa mungkin Anda harus menghindarinya saat pengajuan Google Adsense. Jika sudah diterima, maka Anda bisa bebas memasangnya selama dalam batas wajar.

Ada beberapa jenis external link yang biasanya ada di dalam blog, di antaranya adalah di artikel, guest post, dan media partner. Hindari ketiganya terlebih dahulu jika ingin cepat diterima adsense.

  1. Pilih Niche Bernilai Tinggi

Pemilihan niche blog menjadi salah satu tips diterima Google Adsense yang perlu Anda perhatikan. Sebab, Google sangat menyukai niche yang bernilai tinggi.

Niche adalah topik blog yang menargetkan kelompok khusus. Kriteria niche bernilai tinggi di antaranya adalah memiliki banyak peminatnya. Sehingga, rasio pencarian oleh pengguna internet tinggi.

Misalnya seperti informasi seputar kesehatan, game, keuangan, parenting, masakan, dan masih banyak lainnya. Jika sadah menentukan salah satu niche yang bernilai tinggi, maka Anda perlu konsisten.

Artinya jangan sampai mengubah-ubah niche tersebut terlalu sering. Hal ini bisa membuat peluang diterima Google Adsense semakin kecil. Sebab, Google lebih menyukai blog yang fokus pada satu niche atau beberapa saja.

  1. Buat Artikel Original

Tips diterima Google Adsense berikutnya adalah pastikan Anda membuat artikel original. Jangan sampai copy-paste artikel dari blog lain karena hal tersebut bisa terbaca oleh Google.

Perlu diperhatikan bahwa copy-paste berbeda dengan menjadikan artikel tersebut sebagai referensi. Jika menjadikannya sebagai referensi, maka Anda akan mengetik ulang dengan bahasa sendiri meski isinya sama.

Sedangkan copy-paste adalah blogger benar-benar memposting ulang artikel dari blog lain. Tindakan ini harus dihindari oleh setiap blogger, sebab reputasi blog Anda nantinya akan jelek.

Tidak hanya di mata Google tapi juga di mata blogger lainnya. Bahkan, blog Anda bisa terkena report masal jika melakukan pencurian konten terus menerus.

  1. Buat Artikel Berkualitas

Tidak cukup hanya sekedar membuat artikel original, sebab tips diterima Google Adsense adalah artikel harus berkualitas. Sehingga, audiens akan mendapatkan informasi yang mereka mau saat membaca artikel Anda.

Hal ini tentu akan menambahkan nilai plus dari pihak Google. Ada beberapa kriteria artikel disebut berkualitas, di antaranya adalah:

  • Memiliki bagian pembuka, isi, dan penutup yang jelas.
  • Bahasa yang digunakan mengalir dan tidak berbelit-belit.
  • Memiliki heading yang membantu audiens memahami isi artikel.
  • Tata bahasanya sesuai dengan PUEBI.
  • Pembahasannya bermanfaat.
  • Memiliki jumlah kata yang cukup dan tidak terlalu sedikit.

Intinya adalah artikel yang berkualitas nyaman dibaca dan mudah dipahami oleh audiens. Sebab, saat ini banyak sekali artikel yang sulit dipahami dan kurang nyaman untuk dibaca.

  1. Rutin Posting Artikel

Rutin posting artikel menjadi tips diterima Google Adsense yang tidak boleh diabaikan. Dengan rutin memposting artikel, Google akan menganggap blog Anda aktif dan produktif.

Sehingga, mereka tidak ragu untuk menerima Anda. Tidak perlu posting setiap hari, yang penting adalah rutin dan teratur. Misalnya seminggu tiga atau dua kali sudah cukup selama proses pratinjau oleh pihak Google.

  1. Tingkatkan Trafik

Jika Anda sudah mampu memposting artikel secara rutin, maka tips berikutnya adalah meningkatkan trafik. Sebab Google akan menjadikan trafik suatu blog sebagai pertimbangan diterima atau tidaknya dalam program adsense.

Anda tidak bisa hanya mengandalkan trafik dari mesin pencari, apa lagi jika baru merintis. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan trafik.

Google Adsense merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari blog. Agar bisa diterima program ini Anda bisa mengikuti tips diterima Google Adsense di atas.