Tips jitu pilih hosting

Mengetahui Tips Jitu Pilih Hosting Ideal untuk Website

Tips jitu pilih hosting berikut ini bisa jadi jalan bagi Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan website untuk bisnis. Web dan hosting adalah lengkap yang dapat menunjang kinerja halaman bisnis maupun personal agar lebih baik lagi dan bisa mencapai goals yang ingin diraih.

Ada banyak pilihan yang dapat dipakai untuk tujuan optimasi web. Contohnya Shared Hosting, WordPress Hosting, Cloud Hosting sampai VPS Hosting. Semua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam penggunaannya Anda bisa memilih mana paling ideal. Sehingga efektif dan efisien, apalagi jika berbayar, hasilnya jadi lebih optimal. Sebelum masuk ke tips jitu pilih hosting ideal, Anda perlu memahami dulu karakteristik dan jenisnya.

Mengenal Apa itu Hosting

Hosting adalah suatu lokasi dimana semua data website tersimpan. Data yang tersimpan ini dapat dikelola secara online menggunakan koneksi internet. Data yang dimaksud dapat berupa gambar, video, email, script, aplikasi hingga database penting.

Setiap host memiliki kapasitas penyimpanan masing-masing. Perbedaan kapasitas berlandaskan atas kebutuhan pengguna atau pemilik website. Secara umum setiap web dibangun dan digunakan untuk tujuan berbeda dari lainnya.

Anda tentu pernah membaca blog yang di dalamnya merupakan portofolio. Berisi tentang perjalanan riwayat hidup, pengalaman pendidikan, karir, keterampilan yang dikuasai dan sebagainya.

Tidak ada kepentingan komersial untuk web atau blog semacam ini, murni untuk mengekspresikan suatu hal melalui tulisan. Meski penggunaannya untuk menuangkan pengalaman hidup, tetap saja penting mempelajari tips jitu pilih hosting.

Banyak juga orang membuat halaman web atau blog untuk keperluan komersial. Selain sebagai media menuangkan berbagai ide juga sebagai sarana berjualan produk. Toko online salah satu contohnya yang banyak dijumpai.

Tidak harus corporate besar atau badan usaha, toko online individu sudah banyak yang menggunakan halaman web untuk berjualan. Mulai dari branding, promosi menggunakan katalog hingga penawaran dan layanan transaksi jual beli.

Trending:  Apa Itu Hosting? Apa Perbedaan Hosting Dan Domain?

Ada juga tips jitu pilih hosting bertujuan demi branding semata. Mengenalkan perusahaan dan eksistensinya kepada masyarakat luas. Berisi tentang profil perusahaan, visi misi, dan segala aktivitas di dalamnya.

Apakah perusahaan tersebut juga butuh tips pilih hosting? Jika ingin lebih dikenal masyarakat secara luas, tentu ini juga dibutuhkan. Kedepannya akan banyak pengguna internet mem-follow dan menjadi visitor tetap hanya untuk update info dari perusahaan bersangkutan.

Ketiga tipe web diatas bisa jadi tidak memakai host berkapasitas sama. Tetapi dari fungsionalitas tidak akan jauh berbeda. Yaitu untuk menyimpan data web secara keseluruhan supaya aman dan mudah dipanggil kembali.

Hosting Ideal untuk Penggunaan Personal

Ada banyak jenis bisa Anda pertimbangkan dalam menerapkan tips jitu pilih hosting. Ada yang cocok untuk keperluan personal, sebaliknya lebih ideal untuk profesional. Jenis paling ideal untuk keperluan personal adalah Shared Hosting dan WordPress.

Shared Hosting bisa digunakan bersama sesuai namanya share atau sharing, artinya berbagi. Jenis ini bisa digunakan beberapa pemilik website berbeda dalam satu server fisik sama.

Layanan ini cocok untuk para pemula yang ingin menjalankan web personal. Misalnya sekedar ngeblog, membuat portofolio, bank data dan sebagainya. Bisa diterapkan juga untuk website yang belum memiliki pengunjung tinggi.

Menariknya, karena digunakan secara bersama-sama, maka biaya yang dikeluarkan para pengguna juga ditanggung bersama-sama. Jadi lebih hemat, efisien dari segi pengelolaan keuangan bagi yang masih pemula.

Dibalik kelebihan dari segi biaya, ada kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Yaitu terbatasnya kontrol server sehingga dapat berpotensi crash. Jadi disarankan untuk membaca dulu seperti apa efektifitasnya supaya maksimal sesuai kebutuhan penggunaan dan minim kendala.

Jenis ini sudah sangat populer saat mencari tips jitu pilih hosting. WordPress Hosting merupakan layanan yang diperuntukkan bagi pengguna platform WordPress sebagai CMS. Ideal bagi pengguna WordPress baik itu blogger, toko online maupun profesional.

Trending:  Apa Beda POP3 dan IMAP? Ini Penjelasan Selengkapnya

Salah satu kelebihannya adalah harganya yang cukup terjangkau, mudah dikelola, pembaruan secara otomatis dan fitur lengkap lainnya. Cocok bagi pemula karena navigasinya mudah diikuti.

Hosting untuk Kepentingan Profesional

Kepentingan profesional tentu butuh layanan premium karena tujuannya lebih besar mencakup berbagai aspek. Beberapa paling direkomendasikan adalah Cloud, VPS atau Virtual Private Server.

Jenis ini menggunakan beberapa server tersebar guna menyeimbangkan performa website dan memaksimalkan uptime (jam kerja server). Server tersebut tersebar di beberapa titik pada tempat berbeda.

Disini tidak menggunakan single server namun teknologi cluster dimana beberapa server digabung sehingga bisa berjalan sebagai 1 server utuh. Apabila server down, performa web Anda tidak akan terpengaruh dan tetap berfungsi normal.

Paling ideal untuk website dengan traffic tinggi serta fungsionalitas besar. Biasanya digunakan untuk kepentingan e-commerce, website perusahaan, website instansi pemerintah dan lainnya.

VPS atau Virtual Private Server adalah server berteknologi virtualisasi yang membagi sumber daya (resource) pribadi pada banyak pengguna (multiple users). Meski beberapa server virtual menggunakan resource sama, tidak akan mempengaruhi kinerja satu server dengan lainnya sehingga menghindari kebocoran data.

Kelebihan VPS adalah pemilik memiliki kontrol penuh untuk mengelola website yang memiliki traffic dan tingkat keamanan tinggi. Lebih cocok digunakan untuk profesional. Kekurangannya dari segi harga terbilang masih relatif mahal.

Tips Jitu Pilih Hosting Paling Ideal

Dari keempat jenis diatas, Anda bisa menentukan sendiri apa yang akan digunakan. Berdasarkan efektivitas, tujuan membangun web serta harga tentunya. Sebagai acuan, berikut beberapa tipsnya.

  1. Sesuaikan Kebutuhan Penggunaannya

Seperti apa tujuan pembuatan web pada awalnya, apakah untuk keperluan personal. berjualan, kepentingan profesional dan lainnya. Apa yang ingin dikembangkan harus jelas, untuk mengukur mana jenis paling efisien.

  1. Tips Jitu Pilih Hosting Berdasarkan Platform
Trending:  Cara Memilih Web Hosting untuk Bisnis, Simak Baik-Baik

Menentukannya sederhana misalnya untuk ngeblog, bisa menggunakan WordPress. Platform ini cocok digunakan untuk pemula maupun profesional. Bisa juga memilih platform lain seperti Joomla, WIX, Drupal dan platform CMS lainnya.

  1. Perhatikan Potensi Traffic

Jika web memiliki potensi traffic tinggi tidak disarankan menggunakan shared hosting. Terutama untuk toko atau portal berita pasti akan menarik banyak pengunjung tiap hari. Lebih disarankan menggunakan resource besar dan cepat agar tidak down saat traffic tinggi.

  1. Lokasi Target Pengunjung

Tips jitu pilih hosting selanjutnya adalah memilih penyedianya sesuai lokasi server dan data center. Jika target pengunjung dalam negeri, maka pilih yang servernya berada di Indonesia, lebih efisien.

Hal ini bertujuan agar kecepatannya tetap stabil. Selain itu, jika web mengalami kendala maka tidak perlu repot menanganinya dan bisa segera diperbaiki oleh tim support.

  1. Sesuaikan Fitur dan Konten

Web untuk kepentingan pribadi, tidak memerlukan fitur yang banyak. Terutama yang sudah memiliki tema khusus, tidak perlu konten variatif minimal ada gambar, video, animasi, teks. Jadi pilih yang lebih sederhana karena harganya juga lebih murah.

  1. Kapasitas

Semakin banyak fitur dan konten, membutuhkan kapasitas lebih besar. Hal ini diperlukan agar dapat menyimpan file dan database penting yang diperlukan dan dapat diakses sewaktu-waktu.

Jadi pada intinya, Anda perlu menentukan dulu apa yang ingin dikembangkan. Tujuan pembuatan halaman web harus jelas. Supaya hasilnya efisien dengan mengikuti tips jitu pilih hosting paling ideal.

Check Also

Ciri Hosting Berkualitas

6 Ciri Hosting Berkualitas yang Harus Dipahami sebelum Membeli

Demi blog eksis, Anda harus memahami ciri hosting berkualitas. Sampai salah memilih penyedia jasa, Anda …