Inilah Tips Memilih Kamera Terbaik Yang Bisa Anda Coba!

Ada beberapa tips memilih kamera terbaik yang bisa Anda lakukan tanpa perlu menjadi seorang expert. Jika Anda sedang mencari cara baru untuk mengambil foto di tahun 2022, panduan membeli kamera ini wajib dibaca!

Memilih kamera baru dulu begitu mudah. Dengan pilihan yang terbatas, keputusan Anda biasanya hanya berkisar pada harga. Saat ini, ada ratusan model untuk dipilih, dan yang lebih membingungkan lagi, ponsel cerdas Anda sudah mengambil foto yang cukup bagus!

Dengan semua jargon teknis seputar istilah fotografi dan bagian-bagian kamera, membuat keputusan bisa jadi menakutkan. Di sinilah mengapa Anda butuh panduan terbaik tentang tips terbaik.

Tips Memilih Kamera Terbaik

Ada beberapa tips memilih kamera terbaik yang bisa Anda mulai. Belanja untuk kamera dapat dengan cepat menjadi rumit. Seperti kebanyakan hal, semakin banyak pilihan yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan Anda untuk membuat keputusan. Berikut adalah panduannya untuk Anda!

Tentukan Harga Secara Realistis

Saat membeli kamera, penting untuk realistis dengan anggaran Anda. Menghabiskan terlalu sedikit akan menghasilkan kamera dengan kualitas gambar yang biasa-biasa saja, dan menghabiskan terlalu banyak, yah, itu akan membuat dompet Anda boros!

Tipsnya adalah dengan memperhatikan kamera yang hendak Anda beli. Jika Anda siap untuk membeli model lama, Anda bisa mendapatkan banyak uang, tetapi teknologinya sudah ketinggalan zaman.

Cobalah untuk berinvestasi dalam model terbaru jika memungkinkan. Sedangkan untuk membeli barang bekas, Anda harus berhati-hati. Kamera DSLR memiliki ‘kehidupan rana’, berdasarkan jumlah foto yang telah diambil, dan suku cadang bisa mahal.

Kamera mirrorless bekas memiliki lebih sedikit bagian yang bergerak yang bisa gagal, tetapi jika tidak ada garansi, Anda masih bisa mendapatkan tagihan perbaikan yang mahal saat terjadi kesalahan. Memilih harga dan kamera menjadi kunci dari tips memilih kamera terbaik.

Trending:  Spesifikasi dan Harga HP Vivo Y20 di 2022, Keunggulan dan Kekurangan

Kualitas Gambar

Anda bisa melihat berbagai ulasan online terpercaya terlebih dahulu untuk melihat kualitas gambar dari suatu kamera. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa kualitas gambar kamera sangat bergantung pada lensa yang dipasang padanya.

Jika Anda memilih kamera lensa tetap, Anda jelas tidak punya pilihan dalam hal ini, tetapi untuk model lensa yang dapat diganti, lensa yang Anda pilih sangat penting. Memilih kualitas gambar dari kamera juga menjadi salah satu panduan penting dalam tips memilih kamera terbaik.

Sebagian besar model DSLR dan mirrorless entry-level hadir dengan ‘lensa kit’. Ini biasanya lensa zoom mid-range yang dibuat dengan harga murah dengan aperture variabel yang lambat. Singkatnya, biasanya sangat jelek!

Lensa kit bisa menjadi cara yang baik untuk membiasakan diri dengan kamera baru Anda, tetapi disarankan Anda berinvestasi dalam lensa prima yang terjangkau dan kualitas zoom yang lebih baik segera setelah anggaran Anda memungkinkan. Tips ini bisa sekali Anda praktikkan dengan menabung terlebih dahulu.

Ukuran dan Ergonomis

Ukuran kamera dan bagaimana rasanya di tangan Anda adalah faktor yang jarang dibahas, tetapi sebenarnya sangat penting. Kamera saku terkecil tidak cocok untuk tangan yang besar atau jari yang lebih tua yang tidak memiliki ketangkasan.

Di ujung lain skala, Anda tidak akan ingin membawa kamera Anda jika terlalu besar dan besar. Ukuran lebih merupakan preferensi pribadi, dan juga sangat subjektif. Apa yang dianggap besar bagi seorang pemula, mungkin akan tampak kecil bagi seorang profesional! Jadi, mengetahui tips yang satu ini juga penting lho!

Anda bisa memilih kamera saku yang sedikit lebih besar yang sesuai dengan tangan saya yang besar. Saya juga lebih suka model tanpa cermin dengan cengkeraman yang lebih jelas, yang biasanya membuatnya sedikit lebih besar.

Trending:  Spesifikasi Lengkap dan Harga HP POCO F3 Terbaru Mei 2022

Ergonomi kamera tidak hanya berkaitan dengan bagaimana rasanya di tangan Anda, tetapi juga penempatan tombol. Beberapa kamera kecil mungkin terasa oke untuk dipegang, tetapi tombolnya terlalu berdekatan, membuatnya canggung untuk digunakan. Jadi, penting untuk memperhatikan tips memilih kamera terbaik satu ini.

Ukuran Sensor

Kamera digital menggunakan sensor untuk ‘merekam’ gambar. Ada berbagai jenis sensor yang tersedia untuk setiap jenis kamera, sehingga topik ini agak membingungkan. Jika Anda baru memulai fotografi, tidak perlu terlalu terobsesi dengan ukuran sensor – cukup gunakan faktor lain yang tercantum dalam panduan ini sebagai referensi untuk membeli kamera pertama Anda.

Untuk semua orang, inilah yang perlu Anda ketahui – semakin besar sensor, semakin baik kualitas gambar, terutama dalam cahaya rendah. Juga, semakin besar sensor, semakin besar kemampuan Anda untuk memburamkan latar belakang. Jadi, perhatikan bagaimana tips satu ini membantu Anda memilih kamera terbaik.

Jenis Lensa

Lensa yang dapat dipertukarkan adalah dunia yang penuh kesenangan dan peluang kreatif, tetapi segudang pilihan terkadang tidak diperlukan oleh fotografer. Keputusan utama yang perlu Anda buat pada saat ini adalah apakah Anda senang memiliki lensa ‘tetap’ di ujung kamera Anda, atau jika Anda menginginkan fleksibilitas lensa yang dapat diganti-ganti.

Tips memilih kamera terbaik juga perlu Anda perhatikan lho! Canon dan Nikon menawarkan pilihan lensa terbesar untuk DSLR mereka, tetapi pilihan terkecil untuk kamera mirrorless mereka di sini pada tahun 2022. Sony dan Fujifilm menawarkan pilihan lensa yang jauh lebih banyak untuk sistem mirrorless.

Selain itu, perhatikan pula soal kecepatan dan perfoma kamera. Ini terkait dengan kecepatan fokus otomatis, bingkai per detik (FPS), dan waktu mulai serta kecepatan operasional umum kamera.

Trending:  Aplikasi Kamera Malam Terbaik untuk Android

Itulah beberapa tips memilih kamera terbaik yang bisa Anda lakukan sebelum membeli kamera terbaik yang Anda inginkan. Semoga membantu!

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …