Yuk Ikuti Beberapa Tips Memilih Laptop Bekas Berikut Ini!

Laptop merupakan salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang. Di mana, kadang harga yang mahal membuat seseorang untuk membelinya. Padahal, ada banyak laptop bekas yang bisa menjadi pilihan jika paham bagaimana tips memilih laptop bekas.

Bekas sendiri bukan berarti sudah tidak bisa digunakan. Kadang, ada beberapa laptop bekas yang memiliki sistem masih bagus dan bisa berjalan dengan baik. Sehingga, masih bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang memiliki budget terbatas.

Namun memang ketika memilih laptop bekas tidak sembarangan memilih, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Adapun beberapa tips yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Beberapa Tips Memilih Laptop Bekas

Memahami Dulu Kebutuhanmu

Tips memilih laptop bekas pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memahami dulu kebutuhanmu. Ada banyak sekali laptop bekas dengan harga murah yang bisa ditemukan. Namun, apakah laptop tersebut sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak.

Di sini, kamu harus cari tau terlebih dahulu mengenai spesifikasi dari laptop yang akan dibeli. Mulai dari RAM dan prosesor yang nantinya akan sangat kamu butuhkan. Jika memang mau membeli laptop bekas untuk kebutuhan browsing dan mengetik saja, tidak perlu RAM dan prosesor yang terlalu tinggi.

Lain halnya jika laptop tersebut akan digunakan untuk berbagai pekerjaan berat, seperti salah satunya menggambar desain. Tentu saja RAM dan prosesornya pun harus tinggi. Jadi hal utama yang harus dipahami adalah kebutuhan kamu terhadap laptop tersebut.

Cek Bagaimana Kondisi Bodi Laptop

Tips memilih laptop bekas selanjutnya adalah dengan mengecek bagaimana kondisi bodi laptop. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab memang jika ada sesuatu pada bodi laptop yang kurang baik, bisa berpengaruh terhadap sistem di dalamnya.

Trending:  5 Cara Mengatasi Laptop Ngelag Dengan Sangat Mudah

Pilihlah laptop bekas yang masih memiliki bodi mulus. Seperti misal tidak terdapat lecet atau retak. Setidaknya, kamu bisa tau bahwa pemilik sebelumnya sudah merawat laptopnya dengan baik.

Namun, jika yang ditemui adalah laptop dengan kondisi lecet dan terdapat retakan, lebih baik tidak mengambilnya. Sebab, pasti sudah ada sesuatu terhadap laptop tersebut dan tidak bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Melakukan Pengecekan Terhadap Layar Monitor

Layar monitor tentu sangat perlu untuk dicek ketika kamu membeli laptop. Di sini, kamu harus memeriksanya secara teliti, baik bagian layar sedang dalam kondisi menyala atau dimatikan. Tips memilih laptop bekas satu ini akan menjauhkanmu mendapatkan laptop dengan kondisi yang kurang baik.

Biasanya, ketika laptop dalam kondisi mati layar tidak memiliki bintik atau warna yang berbeda di setiap sudutnya. Untuk mengetahui adanya bintik-bintik ini, kamu bisa mencoba mengganti wallpaper dengan warna hitam pekat. Sehingga, akan terlihat bagaimana kondisi monitor yang sesungguhnya.

Selain itu, pastikan juga ketika dinyalakan tidak ada garis-garis pada layar. Biasanya garis-garis ini menandakan bahwa ada kerusakan pada bagian layar yang mungkin saja berhubungan dengan berbagai kabel di dalamnya. Pastikan juga bahwa layar tidak bergelombang.

Memperhatikan dan Melakukan Testing Pada Keyboard

Untuk mendukung pekerjaan, tentu saja kondisi keyboard laptop harus baik. Oleh sebab itu, tips memilih laptop bekas yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan laptop terlebih dahulu. Pastikan bahwa laptop berjalan baik sebagaimana mestinya.

Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu, semisal melakukan pengetikan. Sehingga, bisa mengetahui apakah semua huruf, angka, dan simbol pada keyboard berjalan baik atau tidak. Jika berjalan baik, kamu bisa memutuskan untuk membelinya.

Trending:  Ini Tips Membeli Laptop Bekas yang Perlu Dilakukan

Namun, jika ternyata ada beberapa yang tidak berfungsi dengan baik, maka bisa memutuskan untuk memilih laptop bekas lainnya. Keyboard yang masih berjalan dengan baik, akan mempermudah kamu dalam menyelesaikan semua pekerjaan.

Mengecek Bagaimana Kondisi Baterai dan Charger

yang selanjutnya adalah dengan mengecek bagaimana kondisi baterai dan charger-nya. Untuk mengecek kondisi baterai sendiri, kamu bisa memakai laptop beberapa menit saja dengan membuka beberapa software berat.

Selain itu, pengecekan baterai juga bisa dilakukan dengan mengakses command prompt sebagai admin. Kamu hanya perlu mengetikkan perintah powercfg/batteryreport. Nah, nantinya akan muncul path directory dan kamu bisa beralih ke sana, serta membukanya.

Jika sudah, akan muncul bagaimana kesehatan dari laptop tersebut. Jika ternyata full charge capacity dan design capacity memiliki perbedaan lebih dari 50%, maka bisa dipastikan bahwa baterainya sudah tergolong rusak.

Selain itu, tips memilih laptop bekas selanjutnya juga harus memperhatikan bagaimana kondisi charger-nya. Untuk memeriksa charger cukup mudah, sebab hanya perlu dicoba dengan memasukkannya pada sumber listrik. Lihatlah bagaimana proses pengisian baterainya, apakah cepat atau lambat.

Melakukan Pengecekan Terhadap Semua Port yang Ada

Tips terakhir yang bisa harus kamu lakukan adalah dengan mengecek semua port yang ada pada laptop. Kamu harus mengecek semuanya untuk memastikan bahwa dalam keadaan yang baik dan tidak akan mengganggu ke depannya.

Tips memilih laptop bekas yang satu ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur test your microphone pada laptop. Nantinya, kamu bisa memastikan bagaimana kondisi dari semua port tersebut. Jangan lupa juga untuk memeriksa bagaimana kondisi slot dvd, apakah berjalan lancar atau tidak.

Meskipun memiliki label “laptop bekas”, tetapi untuk memilih dan membelinya tidak bisa asal saja. Ada beberapa tips memilih laptop bekas yang perlu kamu ketahui. Agar nantinya laptop yang dibeli bisa bertahan lama.

Trending:  Begini Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri di Laptop/PC

Check Also

Tips Memilih PC Komputer yang Penting Untuk Diperhatikan

Di era serba digital seperti saat ini, perangkat teknologi seperti smartphone hingga PC komputer menjadi …