Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar

Inilah Beberapa Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar

Laptop sudah bukan menjadi hal yang asing bagi kebanyakan orang. Justru penggunaannya sangat dinanti oleh setiap orang. Maksudnya adalah semua orang dari berbagai kalangan selalu membutuhkan laptop untuk sehari-hari, baik untuk belajar atau bekerja. Biasanya memang akan muncul beberapa artikel mengenai tips memilih laptop untuk pelajar.

Perlu diketahui bahwa memang untuk memilih laptop tidak bisa sembarangan. Tentu saja akan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Apalagi yang menggunakan laptopnya adalah pelajar, sudah pasti beberapa pertimbangan tersebut harus dipahami terlebih dulu. Nah, untuk kamu seorang pelajar yang sedang mencari laptop, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Beberapa Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar

Memperhatikan Budget yang Dimiliki

Tips memilih laptop untuk pelajar yang pertama adalah dengan memperhatikan budget yang dimiliki. Nah, perlu kamu pahami bahwa budget menjadi suatu hal yang memang akan selalu dipermasalahkan ketika membeli sesuatu. Oleh sebab itu, hal ini juga berlaku ketika kamu akan membeli sebuah laptop. Terlebih, jika kamu seorang pelajar yang membeli laptop dari hasil menabung atau dari orang tua.

Nah, saat ini memang untuk laptop banyak harga yang cukup mahal. Di sini, karena memang akan digunakan untuk proses belajar, maka cukup pilih laptop yang bisa mencakup hal tersebut, tapi bisa dibeli dengan harga terjangkau. Meskipun banyak laptop-laptop mahal, tapi kamu bisa mendapatkan laptop dengan harga 3-4 jutaan. Spesifikasi dari laptop dengan range harga segini masih cukup bagus digunakan oleh para pelajar.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Kamu

Seperti yang sudah disinggung di atas, laptop juga harus disesuaikan dengan kebutuhanmu dalam penggunaannya. Biasanya hal ini akan sangat terlihat dari spesifikasi laptop yang dibeli. Pilihlah spesifikasi yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu. Hal yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua pelajar hanya menggunakan laptop untuk keperluan membuat power point atau makalah saja. Namun, beberapa pelajar yang memilih sekolah kejuruan pasti memilih laptop yang akan mendukung kejuruannya.

Seperti misal pelajar yang pembelajarannya fokus pada multimedia. Di sini berarti dibutuhkan laptop yang mampu memuat aplikasi-aplikasi multimedia. Biasanya memang aplikasi ini membutuhkan ruang yang besar, oleh sebab itu pilih laptop dengan spesifikasi ruang yang besar.

Kemampuan Multitasking

Tips yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kemampuan multitasking. Kemampuan multitasking sendiri tentu sangat penting untuk laptop para pelajar. Minimal bisa menggunakan 3 program dalam waktu yang bersamaan.

Untuk komponennya sendiri lebih kepada RAM dan prosesornya. Untuk prosesornya, lebih baik memilih laptop dengan minimal AMD A-Series, atau Intel Core i3. Sementara itu, untuk RAM sendiri minimal laptop dengan RAM 4GB. Namun, akan lebih baik ketika kamu memilih laptop yang memiliki RAM 8GB. Biasanya spesifikasi ini sudah menjadi standar kebutuhan multitasking.

Kapasitas Baterai yang Besar

Kapasitas baterai yang besar menjadi salah satu tips memilih laptop untuk pelajar yang selanjutnya. Kapasitas baterai memang sangat penting, mengingat tidak selamanya kamu mau repot selalu mencari colokan charger ketika sedang menggunakan laptop. Umumnya, laptop baru harus mampu bertahan setidaknya 14 jam.

Jika kamu membeli laptop bekas, maka daya tahan baterainya biasanya akan menurun. Penyebab baterai cepat habis biasanya dikarenakan performanya sendiri. Semakin tinggi performa dari laptop, maka semakin cepat juga baterai menjadi habis.

Hal inilah yang akan menjadi rujukan bahwa ketika memilih laptop dengan RAM besar dan prosesor tinggi, maka baterainya pun harus seimbang. Laptop yang digunakan untuk belajar atau kuliah biasanya minimal harus bisa bertahan 8-10 jam atau 12-17 jam. Nah, inilah tips memilih laptop untuk pelajar yang harus dipahami dengan benar.

Dimensi dan Desain Dari Laptop

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan dimensi dan desain dari laptop itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, kadang ada kalanya harus membawa laptop ke kelas. Sehingga, hal ini bisa menjadi dasar kenapa harus memperhatikan dimensi dan desainnya. Perlu diketahui juga bahwa setiap laptop memiliki dimensi dan beratnya masing-masing.

Ada yang masuk ke kategori ringan dengan ukuran 13-14 inci, ada juga yang masuk dalam kategori populer dengan ukuran 15-16 inci, dan ada yang masuk dalam kategori berat atau kurang cocok untuk pelajar. Biasanya, ukuran laptopnya 17-18 inci. Tips memilih laptop untuk pelajar adalah dengan memilih laptop dengan dimensi ringan dan desain yang bagus. Kamu bisa memilih laptop dengan ukuran 15-16 inci. Biasanya untuk ukuran laptop ini hanya memiliki bobot sekitar 1,8-2,5 kg.

Adanya Garansi

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperhatikan garansi. Jangan sampai karena membutuhkan dalam waktu yang cepat, maka terburu-buru membeli laptop dan tidak memperhatikan bahwa laptop tersebut tidak memiliki garansi. Biasanya memang setiap jenis atau merk laptop memiliki garansinya masing-masing.

Kamu harus memeriksa kelengkapan kartu garansi dan lokasi service center di kota kamu ketika akan memilih laptop. Tips yang satu ini tentu sangat bermanfaat. Di mana, nantinya kamu bisa menghemat pengeluaran untuk biaya komponen yang mengalami kerusakan ketika masa garansi masih ada.

Demikianlah beberapa tips memilih laptop untuk pelajar. Beberapa tips di atas tentu sangat berguna, mengingat penggunaan laptop sendiri adalah jangka panjang dan akan selalu digunakan terus menerus. Pilihlah laptop yang memang sudah memenuhi beberapa pertimbangan yang sudah kamu buat.