Tips Menang Lomba Blog

Berbagai Tips Menang Lomba Blog yang Harus Diterapkan

Ketahui tips menang lomba blog agar saat melawan para pesaing, Anda bisa unggul dan mendapatkan penghargaan atau dicatat sebagai juara. Sampai saat ini perlombaan jurnal online masih banyak tersebar dengan berbagai ketentuan tema penulisan secara khusus.

Ajang ikut perlombaan biasanya untuk membuktikan kemampuan diri di tengah persaingan pada penulis jurnal online lainnya. Selain itu, tentunya tujuan mendapatkan uang tidak ketinggalan menjadi alasan penting. Untuk itu, penting bagi Anda mengikuti berbagai tips ini.

Beberapa Tips Menang Lomba Blog

Jika Anda ingin mengikuti lomba blog tentu harus paham tentang langkah atau tipsnya. Jadi, simak ulasannya berikut ini.

  1. Pelajari dan Pahami Tema Lombanya

Untuk tips menang lomba blog pertama ini wajib dicermati secara seksama sejak awal memutuskan mengikuti perlombaan. Biasanya pihak penyelenggara menetapkan tema khusus bagi para peserta dengan ketentuan tidak boleh menyinggung SARA.

Dengan memahami tema secara seksama, Anda bisa mengembangkan ide menjadi lebih luas sehingga proses penulisan dapat berlangsung lebih lancar. Untuk membuat penulisan terarah dan rapi, silakan buat kerangka ide terlebih dahulu sebagai panduan penulisan.

Mengikuti perlombaan memang sangat bagus untuk menjadi ajang pembuktian diri. Selain itu, Anda bisa semakin berpengalaman dan menambah banyak link melalui perlombaan tersebut. Namun, pastikan penguasaan diri terhadap tema juga tidak mentah.

Karena tips menang lomba blog yang pertama ini menjadi penentu keberhasilan proses lainnya. Ketika Anda keliru dalam menangkap tema yang diminta maka hasil penulisan tidak akan maksimal bahkan tidak akan sesuai dengan permintaan pihak penyelenggara.

Biasanya tema perlombaan dikemas dalam satu istilah saja. Apabila ada istilah yang tidak dimengerti maka silakan cari kontak yang dapat dihubungi dari panitia lomba. Tanyakan detail yang tidak dimengerti sehingga Anda bisa mengikuti perlombaan dengan tepat.

  1. Cermati Aturan Perlombaan

Tidak kalah penting dari pemahaman tema, memahami aturan lomba juga sama pentingnya. Aturan merupakan ketentuan yang dibuat oleh pihak penyelenggara. Sebagus apapun konten yang Anda tulis, jika tidak memahami dan mematuhi aturan maka bisa digugurkan.

Karena dalam menerapkan tips menang lomba blog, bukan hanya harus memperhatikan kreativitas konten, tetapi juga harus mematuhi teknis perlombaan. Aturan teknis lomba biasanya berkaitan dengan panjang kata, jumlah halaman, termasuk juga penentuan tema.

Beberapa penyelenggara menetapkan aturan khusus, terkait siapa yang boleh ikut kompetisi. Contoh, kompetisi diselenggarakan untuk internal atau melibatkan eksternal juga. Dengan membaca aturan terlebih dahulu, Anda bisa lebih terarah dalam mengembangkan konten.

Panduan paling sering ditemukan dari setiap tema perlombaan adalah tidak memperkenankan peserta menyentuh konten SARA. Jika didapatkan konten tersebut maka sebagus apapun isinya akan kena diskualifikasi dari para juri terlibat.

  1. Perbanyak Riset dan Referensi

Melakukan riset dari banyak referensi merupakan tips menang lomba blog berikutnya yang harus dipatuhi saat mengikuti kompetisi. Dalam rangka mengikuti perlombaan, riset dapat sangat mempengaruhi penilaian juri terhadap kinerja Anda menulis jurnal online.

Semakin banyak riset dan referensi maka semakin kuat penyajian konten dari jurnal onlinenya. Proses riset yang benar sedikit banyaknya mempengaruhi Anda dalam menuliskan kembali sumber informasi ke dalam bentuk konten atau artikel yang baru.

Dalam hal ini, supaya terhindar dari ancaman plagiat maka terapkan teknik ATM atau amati, tiru, dan modifikasi. Anda dapat mengamati sumber terpercaya kemudian meniru isinya dengan melakukan modifikasi. Meniru bukan artinya menyalin konten secara keseluruhan.

Riset dari berbagai sumber dapat menjadi kumpulan referensi yang nantinya dirangkum ke dalam satu konten. Memperbanyak riset dan referensi merupakan tips menang lomba blog yang dapat mengantarkan Anda menjadi pemenang perlombaan mengalahkan kompetitor.

Semakin banyak referensi diambil, semakin kuat penulisan konten dan ide dapat dikembangkan dengan lebih luwes. Meskipun menjadikan sumber sebagai acuan, namun gaya penulisan akan membedakan penilaian juri yang bertugas menyeleksi peserta.

Trik untuk menuangkan konten dalam bentuk semenarik mungkin adalah meriset banyak sumber yang dapat dipastikan terpercaya. Semakin faktual sumbernya maka semakin kuat kemungkinan Anda mendapatkan penghargaan sebagai pemenang lomba.

  1. Berikan Infografis yang Relevan

Berikutnya, Anda bisa menerapkan infografis apabila dibutuhkan dan tema yang ditetapkan relevan untuk penerapan infografis. Salah satu tips menang lomba blog ini bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber terpercaya, baik yang sudah bentuknya rapi atau belum.

Jika sudah berbentuk rapi, jangan langsung salin dan tempelkan karena berpotensi mengurangi penilaian juri. Anda bisa menjadikannya referensi saja, sementara penyajian data harus dikemas sendiri dengan tampilan yang baru.

Untuk beberapa contoh referensi, beberapa ada yang bisa dan semestinya dimodifikasi. Namun, beberapa lainnya justru mesti disajikan begitu saja karena jika diubah sedikit saja maka akan menimbulkan kesalahan tafsir atau berakibat sangat fatal.

Untuk mensiasati agar tidak terdeteksi plagiat, Anda bisa mengubah urutan pada sumber tanpa mengurangi sedikitpun maknanya. Poin penting dari infografis adalah menyajikan data, serta tambahannya adalah untuk memberikan daya tarik visual terutama bagi juri.

  1. Perhatikan Deadline

Deadline menjadi tips menang lomba blog berikutnya yang harus diingat sejak awal keikutsertaan perlombaan. Deadline atau tenggat waktu paling akhir pengiriman karya ini mesti menjadi lampu merah untuk Anda bisa menyelesaikan semua tantangan kompetisi.

Jika memungkinkan maka sebaiknya jangan kirim karya mendekati tenggat waktu atau satu menit sebelum deadline berakhir. Yang dikhawatirkan adalah pada saat pengiriman terjadi kesalahan teknis dan membuat Anda terdiskualifikasi secara otomatis oleh sistem.

Namun, jangan juga terlalu terburu-buru untuk mengirimkan hasil kerja apabila dirasa masih bisa dimaksimalkan lagi. Karena nantinya juri akan menilai keseluruhan karya maka teliti dalam mengerjakannya adalah hal penting yang wajib diperhatikan.

Sebagai salah satu tips menang lomba blog, dalam rangka mensiasati agar tidak molor deadline, Anda bisa menandai bulatan merah pada tanggal terakhir pengiriman karya. Letakkan kalender itu di meja kerja Anda sehingga Anda bisa mengingatnya setiap hari.

  1. Belajar dari Pemenang Perlombaan

Belajar dari para pemenang sebelumnya juga menjadi anjuran paling efisien untuk memenangkan perlombaan. Selain menguasai hal teknis yang ditetapkan panitia, Anda juga bisa menerima masukan berikut saran terkait tips dan trik memenangkan kompetisi.

Karena nantinya juri tentu tidak hanya menilai hal teknis, namun kualitas penulisan, dan keunikan konten turut masuk hitungan penilaian. Pastikan Anda mencari orang terpercaya yang dapat membimbing Anda mendapatkan kemenangan.

Karena ketepatan hasil dari tips menang lomba blog yang satu ini kuncinya mendapatkan orang yang tepat. Tepat dalam artian mau diajak bekerja sama dan tidak sayang menyebarkan ilmunya.

  1. Konsisten Ikut Perlombaan

Terakhir, jika belum berhasil dari satu perlombaan maka jangan berkecil hati untuk mengikuti ajang lainnya. Bisa jadi gagal di ajang skala kecil justru menjadi pemicu untuk Anda menjadi juara dalam ajang yang skalanya lebih besar.

Yang penting adalah konsisten dan tidak patah semangat dalam mengembangkan diri dan membuktikan kemampuan menulis. Semakin banyak pengalaman, semakin kenal juga Anda dengan medan kompetisi yang dilalui.

Berbagai hal penting di atas dapat diaplikasikan dan diperhatikan sebelum mengikuti kompetisi. Anda harus menerapkan seluruh tips menang lomba blog jika menginginkan peluang menang lebih besar.