fbpx
Tips Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan

Tips Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan Besar

Semua orang bisa menjadi blogger, namun belum tentu semuanya sanggup menerapkan tips menjadi blogger sukses dan mendapatkan penghasilan besar dari sana. Terlepas dari maraknya content creator di YouTube, blog masih memiliki daya tarik tersendiri.

Platform blog rupanya masih memberikan penghasilan yang tidak kalah menarik. Tidak main-main, penghasilan yang diperoleh dengan menjadi blogger profesional bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah, lho.

Tentu saja hasil tersebut tidak bisa diperoleh secara instan. Jika ingin mewujudkan mimpi menjadi blogger sukses dan profesional seperti Sugeng Riyadi, Iwan Banaran, hingga Raditya Dika, Anda dapat mulai serius menekuninya dari sekarang.

Berikut Tips Menjadi Blogger Sukses

Syarat utama menjadi blogger tentunya adalah dengan membuat blog kemudian menulis konten-konten menarik. Namun itu saja belum cukup, Anda perlu memiliki persiapan dan perencanaan yang matang kemudian mengeksekusinya dengan strategis.

  1. Tentukan Tujuan Membuat Blog

Hal pertama yang perlu Anda tekankan di awal adalah mengetahui apa tujuan pembuatan blog. Ini merupakan langkah pertama yang sangat penting. Karena dengan memiliki tujuan, Anda mengetahui bagaimana blog tersebut akan dibangun.

Sebagai langkah awal, tips menjadi blogger sukses adalah tahu ke mana blog yang dikelola akan dikembangkan nantinya. Ini sangat penting karena menjalankan sebuah blog bukanlah kegiatan sehari atau seminggu.

Akan tetapi dilakukan dalam jangka waktu yang panjang sehingga membutuhkan upaya pengelolaan serta pengembangan secara terus-menerus. Setiap orang dapat memiliki tujuan yang berbeda-beda, misalnya menjalankan blog untuk:

  • Mengembangkan kemampuan menulis
  • Membagikan informasi
  • Mendapatkan penghasilan lewat platform online
  • Mendukung bisnis yang dijalankan, dan sebagainya.
  1. Tentukan Topik

Salah satu tips menjadi blogger sukses yaitu memiliki topik tertentu untuk blog yang dikelola. Sebaiknya pilihlah topik yang memang Anda sukai dan kuasai. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan ide saat hendak menulis konten.

Untuk memperoleh penghasilan tinggi dari blog, usahakan memilih topik yang banyak dibutuhkan. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda bisa melakukan riset mengenai topik-topik apa saja yang paling sering dibicarakan oleh pengguna.

  1. Tingkatkan Skill Menulis

Artikel menjadi konten utama dalam sebuah blog. Pengunjung tidak akan tertarik kecuali jika Anda menyajikan konten berbobot yang enak dibaca. Informasi yang Anda miliki akan sia-sia jika tidak disampaikan secara tepat melalui artikel yang bagus.

Perlu diingat, saat ini mesin pencari lebih mengutamakan blog dengan artikel berkualitas untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih maksimal.

Untuk itu, tips menjadi blogger sukses adalah selalu berlatih agar skill menulis terus meningkat. Beberapa hal yang perlu Anda catat untuk meningkatkan skill menulis antara lain:

  • Gunakan penjelasan sederhana karena tujuan utama penulisan artikel adalah untuk memberikan pemahaman bagi pembaca.
  • Tulis dalam kalimat dan paragraf pendek untuk memberikan kenyamanan bagi pembaca.
  • Gunakan struktur artikel yang baik untuk memberikan informasi secara sistematis, mudah dipahami, serta memudahkan pembaca mendapatkan informasi yang mereka inginkan secara cepat.
  • Menulis dengan topik yang spesifik, sehingga informasi yang Anda berikan memiliki batasan jelas, pembahasannya lebih terfokus, dan tidak melebar kemana-mana.
  1. Time Management yang Baik

Blogger-blogger profesional dan ternama biasanya memiliki kemampuan time management yang baik. Maka, tips menjadi blogger sukses yang mesti Anda mulai saat ini adalah melatih kemampuan mengatur waktu.

Pada kenyataannya, buruknya time management menjadi salah satu faktor terbesar gagalnya para blogger. Tidak sedikit blogger pemula yang hanya semangat di awal. Tidak adanya pengaturan waktu terhadap pekerjaan-pekerjaan blogging membuat blog sulit berkembang.

Padahal, untuk menjadikan blog Anda besar, ada banyak hal yang mesti dilakukan. Selain menulis konten, tugas yang tidak kalah penting yaitu mencari ide konten, merencakan strategi konten, hingga melakukan optimasi.

Ada beberapa langkah tips menjadi blogger sukses dengan memperbaiki time management, yaitu:

  • Menentukan target posting dalam jangka waktu tertentu, misalnya dua posting dalam seminggu.
  • Gunakan waktu produktif Anda secara maksimal. Ketahui kapan saat Anda bekerja lebih produktif, apakah di pagi hari, malam hari, atau lainnya.
  • Catat ide saat itu juga, Anda bisa memanfaatkan fitur note di hp agar tidak kehilangan inspirasi yang datang sewaktu-waktu.
  • Lakukan hal yang sama untuk alasan efisiensi. Misalnya membuat jadwal untuk fokus membuat draft artikel, mengoptimasi gambar, menulis konten, dan lain-lain.
  1. Pelajari Hal-Hal Baru

Pengunjung datang untuk konten-konten Anda. Kualitas blog yang tidak berkembang mungkin membuat Anda cepat atau lambat kehilangan kunjungan satu demi satu. Untuk itu, tips menjadi blogger sukses adalah dengan selalu belajar hal baru.

Sebagai blogger, Anda tentunya wajib menyajikan informasi-informasi segar yang selaras dengan topik atau niche. Di samping itu, berikan pengalaman lebih baik kepada pengunjung lewat hal-hal baru di blog Anda. Beberapa hal yang dapat Anda pelajari untuk mendukung perkembangan blog misalnya:

  • Edit foto, skill ini memungkinkan Anda menyajikan gambar menarik sebagai pendukung konten.
  • SEO, ilmu SEO selalu berubah dari waktu ke waktu. Untuk itu, sebagai blogger Anda harus terus update perkembangan SEO terbaru agar blog Anda selalu muncul di halaman pertama.
  • Coding, blogging memang tidak mengharuskan Anda menguasai coding. Namun ilmu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa hingga keamanan blog.
  • Membangun jejaring, kemampuan networking meningkatkan kesempatan Anda untuk dikenal lebih luas, baik di kalangan sesama blogger maupun penikmatnya.
  1. Berkomunikasi dengan Baik

Tips menjadi blogger sukses berikutnya adalah dengan menjalin komunikasi secara baik. Blogger profesional mendapatkan kesuksesan, salah satunya berkat kepiawaian mereka dalam berkomunikasi dengan audiensnya.

Komunikasi antara blogger dan audiens biasanya melalui kolom komentar. Meskipun saat ini Anda bisa terhubung dengan audiens melalui sosial media. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi dengan audiens antara lain:

  • Usahakan membalas semua komentar yang masuk
  • Balas komentar secara personal untuk membangun kedekatan dengan audiens
  • Berikan balasan secukupnya, sesuai pertanyaan ataupun tanggapan yang diberikan audiens
  • Gunakan bahasa sederhana untuk memastikan audiens memahami jawaban Anda
  • Selalu menjaga kesopanan bahasa meskipun Anda tidak setuju dengan opini audiens.
  1. Membangun Networking

Networking yang luas menjadi salah satu kunci sukses blogger profesional. Dengan memiliki jaringan luas, Anda akan terdorong untuk lebih maju dan berkembang.

Di samping itu, jaringan luas memudahkan Anda dalam mempromosikan blog. Tips menjadi blogger sukses dengan membangun networking bisa dilakukan melalui:

  • Bergabung ke komunitas
  • Berbagi informasi di forum-forum atau komunitas
  • Menawarkan kolaborasi, dll.
  1. Selalu Produktif

Upayakan selalu produktif, terutama jika blog yang dikelola masih baru. Halaman blog biasanya menampilkan postingan terbarunya di bagian paling atas.

Apabila posting terakhir Anda sudah lama, audiens akan berpikir bahwa blog ini tidak dikelola secara serius. Maka dari itu, lakukan update konten secara rutin dan terjadwal.

Anda bisa membuat mind mapping terlebih dahulu untuk memudahkan rencana pembuatan konten. Dengan begitu, Anda memiliki banyak ide dan bisa terus produktif menghasilkan konten-konten baru.

Tidak ada kesuksesan yang diraih secara mudah dan instan. Diperlukan ketekunan, kedisiplinan, dan konsistensi untuk sukses di semua pekerjaan. Dengan konsisten menjalani tips menjadi blogger sukses, Anda akan meraih kesuksesan itu di kemudian hari.