Tips Penggunaan Aplikasi Google Map yang Lebih Efektif

Tips Penggunaan Aplikasi Google Map yang Lebih Efektif

Google Map merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting untuk digunakan sehari-hari terutama saat bepergian. Namun sayangnya penggunaan aplikasi Google Map seringkali tidak efektif sehingga Anda kesulitan sampai di alamat yang dituju.

Adapula pengguna yang menganggap aplikasi ini justru membingungkan. Padahal jika Anda memahami cara penggunaannya maka hal tersebut tidak akan terjadi. Anda bisa tetap sampai ke tempat tujuan dengan panduan arah dari aplikasi ini.

Tips Penggunaan Aplikasi Google Map

Pada dasarnya setiap fitur yang disediakan oleh aplikasi ini sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa memberikan petunjuk arah yang tepat. Bahkan alamat yang ditunjukkan bisa lebih detail dan akurat dengan menggunakan aplikasi ini.

Salah satu syaratnya tentu Anda harus mempelajari setiap fitur yang ada didalamnya. Di zaman seperti sekarang ini hal tersebut sangat diperlukan karena banyak sekali pekerjaan yang bisa dimudahkan dengan adanya aplikasi ini.

Bahkan untuk beberapa pekerjaan khusus penggunaan aplikasi Google Map yang cukup baik bisa bersifat lebih wajib. Misalnya untuk ojek online serta kurir ekspedisi maka hal tersebut bersifat wajib untuk dikuasai karena berhubungan dengan pekerjaannya.

Untuk menambah informasi Anda dalam mempelajari penggunaan dari aplikasi tersebut simak beberapa tips berikut ini.

Pastikan Aplikasi Sudah Ter-update

Aplikasi peta digital ini harus selalu dicek secara berkala agar aplikasi selalu ter-update. Anda bisa meng-update aplikasi tersebut melalui PlayStore maupun AppStore. Anda harus memastikan jika aplikasi yang terpasang merupakan versi terbaru.

Penggunaan aplikasi Google Map bisa lebih maksimal dan efektif jika versi dari aplikasi selalu update. Tujuannya tidak lain agar semua fitur dan lokasi yang dibutuhkan bisa selalu tersedia dan relevan dengan kondisi di lapangan.

Trending:  Aplikasi Kamera Terang di Malam Hari, Coba di Sini!

Anda bisa mendapatkan alamat berikut arah petunjuknya dengan lebih akurat. Terkadang beberapa alamat mengalami perubahan sehingga perlu disesuaikan dengan alamat terbaru sehingga Anda tidak kesulitan saat mencarinya.

Penggunaan Aplikasi Google Map untuk Mencari Lokasi Macet

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mencari tahu lokasi atau titik kemacetan di daerah tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui lokasi yang  diberlakukan aturan ganjil genap.

Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda untuk bisa mengetahui jalur yang cukup aman dan tidak terlalu banyak hambatan. Sebelum bepergian Anda bisa membuka aplikasi tersebut kemudian telusuri rute dari alamat yang dituju.

Untuk penggunaan aplikasi Google Map seperti ini maka pilihlah map details dan klik traffic untuk melihat titik kemacetan yang biasanya akan ditunjukkan dengan warna kuning hingga merah yang merupakan tanda tingkat kepadatan lalu lintas.

Sementara itu, jika ingin mengetahui jalur yang terkena aturan ganjil genap maka Anda bisa memilih menu di bagian bawah pilihan moda transportasi yaitu “Avoiding odd plate roads“. Nantinya akan terlihat jalur mana yang bisa Anda lewati sesuai dengan plat nomor.

Sebaiknya Simpan Alamat Kantor dan Rumah

Alamat kantor dan rumah sebaiknya Anda simpan pada aplikasi peta digital tersebut. Tujuannya agar Anda bisa lebih praktis jika ingin mendapatkan petunjuk arah jika ingin pergi ke tempat tersebut terutama jika berasal dari jalur yang berbeda dari biasanya.

Untuk penggunaan aplikasi Google Map seperti ini bukalah aplikasinya terlebih dahulu kemudian pilih tombol menu. Selanjutnya pilih 3 garis horizontal yang biasanya berada di sudut kiri atas dan pilih tempat yang akan disimpan dengan alamat yang sesuai.

Trending:  Download Aplikasi Google Maps Terbaru 2022

Nantinya Google Maps akan melakukan navigasi tempat tinggal Anda dengan lebih cepat sehingga tidak akan mudah tersesat. Hal ini akan sangat bermanfaat jika Anda akan melewati jalur yang berbeda sesuai kebutuhan.

Gunakan untuk Melihat Suasana Jalanan

Situasi lalu lintas atau jalanan yang akan Anda lewati bisa Anda lihat melalui aplikasi ini. Beberapa orang akan lebih mudah mengingat arah menuju alamat tujuan dengan mengetahui kondisi jalanan atau dengan menghafal tempat-tempat di sekitarnya.

Salah satu hal yang menjadi bagian penggunaan aplikasi Google Map yang sangat efektif ialah dengan menggunakan menu street view. Menu ini merupakan fitur untuk memperlihatkan kondisi jalanan yang akan dilalui.

Sentuh dan tahan pada peta untuk menyimpan pin sesuai lokasi yang diinginkan. Setelah itu akan muncul gambar lokasi yang akan dilalui tepatnya di bagian bawah layar. Klik gambar tersebut untuk melihat detail dari jalur yang akan dilalui.

Berbagi Lokasi

Berikutnya Anda juga bisa menggunakan Google Map untuk berbagi lokasi dengan teman Anda. Jika terdapat teman atau saudara yang ingin mengetahui lokasi anda maka Anda bisa membagikan lokasi terkini di mana Anda berada.

Anda bisa memilih tombol menu yang ditandai dengan 3 baris di sudut kiri atas. Pilih menu berbagi lokasi ketuk ikon tambahkan orang yang berada di kanan atas. Penggunaan aplikasi Google Map seperti ini perlu Anda ketahui dengan cukup baik.

Hal ini bisa digunakan untuk terus mengabari orang-orang di sekitar Anda terutama keluarga jika Anda sedang bepergian. Orang lain bisa terus memantau lokasi tempat anda berada sehingga tidak terlalu merasa khawatir.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dan pelajari mengenai aplikasi Google Map. Aplikasi tersebut sangat diperlukan terutama di kondisi seperti sekarang ini yang mengandalkan teknologi untuk beraktivitas.

Trending:  6 Aplikasi Edit Video Ucapan Idul Fitri 1443 H Kekinian

Penggunaan aplikasi Google Map harus Anda pelajari sebaik mungkin karena manfaat yang bisa Anda peroleh cukup banyak. Berbagai aktivitas bisa dibantu akan terselesaikan dengan baik jika menggunakan aplikasi ini dengan cukup baik.

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …