Masa Pakai Lebih Awet, 8 Tips Rawat Laptop Dengan Tepat

Penggunaan laptop saat ini memang memiliki peran cukup penting mengingat semua hal dilakukan secara online. Namun, elektronik kerap rentan mengalami masalah termasuk juga penggunaan laptop dalam aktivitas sehari-hari sehingga membutuhkan Tips rawat laptop

Pasalnya sekarang banyak anak sekolah yang melakukan proses belajar secara daring dari rumah, begitu juga pada para pekerja. Sehingga perangkat laptop harus dirawat dengan baik dan benar agar bisa terus digunakan tanpa kendala.

Tidak Menaruh Benda Berat Di Atas Laptop

Penggunaan laptop saat ini hamper menyeluruh di kalangan masyarakat karena bentuknya yang simpel serta tidak terlalu berat. Tidak heran jika para pengguna bisa mebawa peranti satu ini kemana pu tanpa harus bersusah payah.

Dan juga laptop memiliki fungsi yang sama seperti PC untuk memudahkan pengerjaan serta penyelesaian pekerjaan. Sehingga laptop perlu dirawat dengan baik yaitu dengan tidak menaruh benda berat sembarang di atas laptop.

Memiliki bentuk yang tipis, laptop sanat rentan mengalami kerusakan sehingga tidak bisa sembarangan saat menggunakannya. Benda berat dapat merusak LCD hingga motherboard pada laptop akibat tekanan dari benda tersebut.

Bersihkan Area Sekitar Kipas Secara Teratur

Tips rawat laptop agar awet selanjutnya dengan membersihkan area sekitar kipas agar sirkulasi udara pada perangkat selalu baik. Pasalnya setiap laptop memiliki kipas yang terpasang pada area bawah untuk menjaga suhu perangkat.

Mngkin banyak orang yang tidak menyadari bahkan menyepelekan fungsi dari kipas ini karena jarang terlihat. Kipas yang berfungsi dengan baik dapat menjaga perfoma perangkat agar tetap baik.

Dan jika kipas perangkat tidak berfungsi dengan baik, maka sirkulasi udara untuk laptop akan tersumbat. Dengan begitu, mesin laptop akan lebih mudah panas dan berdampat lebih mudah mengalami kerusakan fatal.

Trending:  Kelebihan Laptop Acer Aspire 3 A315- 41G- R38X

Simpan Pada Tempat Bersirkulasi Baik

Cara merawat dan menyimpanan laptop dengan baik dan benar dapat menjaga kesehatan laptop agar tidak mudah rusak. Terutama performa laptop jga akan terjaga sehingga tidak akan mengalami kendala saat menggunakannya.

Sebenarnya merawat laptop membutuhkan cara yang sederhana, namun banyak orang yang tidak memperhatikan hal tersebut. Salah satunya caranya dengan memperhatikan tempat untuk menyimpan laptop harus memiliki sirkulasi yang baik.

Sebaiknya menyimpan laptop pada tempat yang memiliki sirkulasi uadra yang baik dan hindari tempat tertutup. Karena ventilasi laptop harus terjaga kebersihannya serta tidak boleh tertutup agar tidak mudah panas.

Letakan Pada Permukaan Rata

Memiliki bentuk yang kecil dan ringan membuat laptop menjadi salah satu perangkat yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Pasalnya tidak harus terhubung dengan listrik ketika menggunakannya asalkan baterai sudah penuh.

Namun, kemudahkan penggunaan laptop tersebut yang sering membuat orang sembarangan dalam menggunakannya. Bahkan sering kali pengguna tidak memperhatikan tempat yang digunakan untuk meletakkan laptop.

Padahal permukaan yang tidak rata saat meletakkan perangkat dapat menjadi faktur perusak laptop. Karena menggunakan laptop pada permukaan yang tidak rata mengakibatkan rusak pada CD ROM hingga motherboard.

Gunakan Tas Khusus Laptop

Mungkin sudah banyak tas yang didesain dengna berbagai fungsi termasuk untuk menyimpan laptop. Sehingga akan memudahkan setiap orang yang membutuhkan berbagai hal, namun tidak perlu ribet saat membawanya.

Meskipun memiliki slot tesendiri utuk menyimpan laptop, membawa laptop dengan dicampur dengan benda lain tidak baik. Pasalnya benda lain dalam tas dapat merusak laptop dengan menekan atau menggores laptop tanpa disadari.

Meskipun tidak terlalu berat, namun tekanan tersebut dapat merusak sedikit demi sedikit karena lebih rawan benturan dan guncangan. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan tas khusus laptop saat bepergian agar laptop tetap terjaga dari berbagai bahaya penyebab kerusakan.

Trending:  Rekomendasi Laptop Untuk Pelajar Spek Yang Terbaik

Tidak Meninggalkan Laptop Di Dalam Mobil

Menggunakan laptop memang cukup mudah dan juga lebih efisien untuk bekerja atau belajar dimanapun. Namun, setiap orang yang menggunakan perangkat tersebut juga harus memperhatikan tips rawat laptop yang benar.

Pasalnya perangkat satu cukup rentan mengalami kerusakan jika tidak diperhatikan baik perawatan maupun penggunaannya. Oleh karena itu, setiap pengguna harus lebih hati-hati dalam menggunakan laptop dengan tidak meninggalkan di dalam mobil.

Udara dalam mobil yang tertutup membuat laptop akan mudah panas karena tersumbatnya sirkulasi udara. Dengan begitu, laptop akan lebih mudah mengalami kerusakan bahkan meningkatkan tindak pecurian.

Hindari Menggunakan Laptop Di Atas Kasur

Kasur merupakan salah satu tempat ternyaman untuk melakukan berbagai aktivitas santai seperti mendengarkan music atau melihat film. Bahkan sering kali orang juga lebih suka bermain laptop di atas kasur.

Padahal kebisaaan tersebut bisa menjadi salah satu faktor penyebab rusaknya laptop tanpa disadari. Pasalnya di atas kasur tentu banyak debu yang dapat menyumbat sirkulasi udara pada perangkat satu ini.

Dengan begitu, kipas pada laptop akan lebih mudah kotor dan menyebabkan mesin laptop cepat panas. Bahkan menggunakan laptop di atas kasur juga rentan mengalami kerusakan karena terguncang atau tertindih barang berat.

Jauhkan Dari Makanan atau Minuman

Banyak hal yang menjadi penyebab dari rusaknya laptop meskipun pengguna sudah sangat berhati-hati, termasuk karena masalah sepele. Seperti makanan atau minuman yang berada di sekitar laptop dapat berbahaya bagi komponen listrik dalam perangkat.

Tips rawat laptop yang tetap bermanfaat untuk memperpanjang masa pakai sehingga lebih awet. Selain itu, perangkat laptop yang terawat dengan baik tidak akan mudah mengalami masalah atau mengalami kerusakan.

Trending:  Inilah Beberapa Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar

Check Also

Tips Memilih PC Komputer yang Penting Untuk Diperhatikan

Di era serba digital seperti saat ini, perangkat teknologi seperti smartphone hingga PC komputer menjadi …