Yuk Intip Tips Sebelum Membeli HP Bekas, Agar Tidak Rugi!

Tips sebelum membeli hp bekas ini memang cocok untuk Anda yang ingin membeli benda canggih tersebut. Yups, karena ini bukan barang baru maka Anda mesti hati-hati dalam memilihnya.

Mengganti smartphone memang bukan suatu hal aneh lagi bagi kita. Apalagi kini berbagai merek smartphone selalu meluncurkan ponsel terbarunya. Namun, untuk membeli benda pintar tersebut tentu saja harus memiliki uang yang cukup atau banyak.

Sedangkan budget yang Anda miliki hanya cukup untuk membeli HP bekas saja. Namun jangan berkecil hati, meskipun bekas Anda masih bisa membeli hp yang kualitasnya masih bagus. Syaratnya ikuti tips yang akan kami sampaikan.

Berbagai Tips Sebelum Membeli HP bekas

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli hp bekas mulai dari merek, prosesor dan lainnya. Maka Anda memerlukan beberapa tips di bawah ini:

Tips Sebelum Membeli HP Bekas Pertama dengan Mengetahui Apa yang Ingin dibeli

Tips sebelum membeli hp bekas yang pertama adalah dengan mengetahui Smartphone seperti apa yang ingin Anda beli. Anda harus benar-benar mengetahui alasan mengapa ingin membeli smartphone tersebut.

Ketahui juga jika ponsel yang Anda pilih dapat membantu dalam hal apa? Seperti kebutuhan untuk bekerja, mengetik, mendesain, atau hanya sekedar have fun saja.

Jadi tips sebelum membeli hp bekas ini, Anda tidak perlu mengetahui merek atau seri dari ponsel yang ingin dibeli. Cukup mengetahui spesifikasi standar hp bekas yang Anda inginkan.

Anda juga harus sudah menentukan kriteria hp seperti apa yang diinginkan mulai dari ukuran layar dan lainnya. Tentu saja, Anda harus mencari ponsel sesuai dengan budjet yang dimiliki ya!

Lakukanlah Survei Harga

Tips sebelum membeli hp bekas yang kedua adalah dengan mensurvei harga hp bekas. Hal ini bisa dilakukan setelah Anda mengetahui ponsel seperti apa yang ingin dibeli dan apa merek serta tipenya.

Trending:  Inilah Daftar Masalah Umum Pada Smartphone

Cari tahu juga soal harga terbarunya, sehingga Anda bisa membandingkan harga tersebut dengan ponsel bekasnya. Untuk mencari tahu soal harga dari ponsel tersebut cukup mudah, bisa mencarinya secara online melalui situs-situs e-commerce.

Dalam Tips ini pun Anda secara tidak langsung bisa melihat riview orang-orang mengenai ponsel itu. Setelah mengetahui harganya, Anda bisa membelinya secara online atau mendatangi tokonya secara langsung.

Carilah Toko yang Memiliki Reputasi Baik

Jika Anda memutuskan membeli hp tersebut secara online, maka Anda perlu menaikkan lagi tingkat ke hati-hatiannya. Agar Anda tidak merasa kecewa sebab barang yang diterima tidak sesuai ekpektasi, maka carilah toko yang memiliki reputasi baik.

Tips yang ketiga ini, Anda bisa melakukannya dengan membaca komentar dari pembeli terdahulu tentang toko tersebut.

Jika banyak penilaian positif yang Anda lihat, maka bisa dipertimbangkan dengan baik. Namun jika sebalinya, maka lebih baik cari toko lain yang memiliki reputasi lebih baik.

Membeli Ponsel Secara Langsung dengan Penjualnya

Tips  yang keempat adalah dengan bertemu langsung sang penjual jika memungkinkan. Meskipun membeli secara online sangat mudah dan praktis, tapi jika ingin mengecek hpnya secara langsung maka bisa bertemu dengan penjualnya.

Meskipun penjual tersebut memajang foto-foto barang yang bagus, itu tidak bisa dijadikan patokan jika benda itu akan memuaskan. Bisa saja ketika sampai di rumah, ponsel tersebut membuat Anda kecewa.

Hal paling tidak mengenakan adalah ketika Anda susah membayarnya, namun ponsel tersebut tidak pernah dikirim. Maka tips sebelum membeli hp bekas Anda bisa bertemu langsung dengan penjualnya.

Sebab meskipun reputasi toko online sangat baik, belum tentu itu benar adanya. Apalagi kini sudah buzzer e-commerce yang mulai merajalela. Jika membelinya langsung, kemungkinan hasilnya akan sesuai ekpektasi

Trending:  Tips Membeli HP Second Dan Rekomendasi Hp Yang Berkualitas

Pastikan Jika Ponsel tersebut Bukan Barang Curian

Tips  kelima adalah dengan memastikan jika benda tersebut buka barang curian. Itulah sebabnya, akan lebih baik jika Anda bertemu langsung dengan penjualnya.

Barang curian kerap kali dijual dengan harga yang sangat murah. Jadi ketika ponsel yang Anda beli harganya sangat murah, wajib dipertanyakan terlebih dahulu. Carilah penjual yang memang menawarkan harga ponsel bekas yang masuk akal.

Memeriksa HP bekas dengan Teliti

Tips sebelum membeli hp bekas yang terakhir adalah dengan memeriksa benda tersebut dengan teliti. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi fisik ponsel yang ingin dibeli.

Jika ponsel tersebut hanya lecet-lecet biasa saja tidak terlalu banyak, masih bisa ditolerir. Namun jika terdapat luka yang fatal, seperti retak pada layar atau body Anda bisa mempertimbangkannya lagi.

Tips sebelum membeli hp bekas pada tahap ini pun, Anda bisa mengetahui apakah ponsel tersebut pernah terendam air atau tidak. Caranya dengan melihat bagian soket pengisian baterai.

Jika tembaganya terlihat korosi sampai berwarna hijau kebiruan, kemungkinan besar bagian tersebut sudah terpapar cairan. Atau jika Anda mudah percaya terhadap orang lain, coba tanyakan kepada penjualnya masalah ini.

Kemudian tips selanjutnya dengan mengecek apakah ponsel tersebut berfungsi atau tidak. Caranya dengan memasukan SIM card yang Anda bawa, lakukan panggilan, kirim pesan atau browsing.

Anda juga bisa menanyakan apakah penjual tersebut masih memiliki dusnya atau tidak. Jika masih memilikinya, kemungkinan besar ponsel tersebut memang benar miliknya bukan hasil curian.

Itu dia beberapa tips sebelum membeli hp bekas yang perlu Anda terapkan agar tidak tertipu oleh penjualnya.

Trending:  Rekomendasi iPad Terbaik Untuk Pelajar dan Mahasiswa Yang Wajib Anda Simak!

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …