Ketahui Tips Ubah Kamera Hp Jadi Seperti DSLR

Kamera DSLR sampai saat ini terus bertahan menjadi kamera terbaik dalam menghasilkan gambar HD dan jernih. Tapi tidak ketinggalan zaman, sekarang juga mulai banyak ponsel dengan kualitas kamera lebih bahkan bisa setara dengan DSLR tergantung orang yang menggunakannya. Tips ubah kamera Hp jadi seperti DSLR ini akan membantu kamu dalam dunia fotografi terutama menggunakan ponsel sebagai alatnya.

Tips Ubah Kamera Hp Jadi Seperti Kamera DSLR

Kamera dan hp seolah satu pernagkat yang tidak bisa terpisahkan. Terutama melihat semakin banyaknya orang menggunakan ponsel sebagai sarana mengabadikan setiap momen dalam hidup, setiap merk hp berlomba memberikan kualitas kamera terbaik untuk menarik pasar. Meski kamera hp bagus jika tidak tahu cara penggunaannya agar dapat hasil foto yang bagus, akan sangat disayangkan. Untuk itu yuk, ketahui tips.

  1. Memerhatikan Komposisi

Agar mendapatkan hasil foto yang jernih, bagus seperti dilakukan oleh fotografer profesional kamu perlu mempelajari beberapa komponen dasar Rule Of Third garis bantu, angel of view atau sudut pengambilan gambar, framing dan dasar-dasar lainnya. Setelah mempelajari dasar utama tadi, barulah kamu perhatikan pencahayaan saat mengambil gambar.

  1. Arah Cahaya

Tips ubah kamera hp jadi seperti DSLR selanjutnya perhatikan pencahayaan. Usahakan mendapatkan pencahayaan alami baik dari sinar matahari atau dari lampu neon (tidak menggunakan flash). Jika melakukan pengambilan gambar di dalam ruangan cobalah untuk mengambil gambar di dekat jendela, pintu, atau sudut yang memiliki pencahayaan cukup banyak. Hal ini sangat berpengaruh pada hasil foto lebih jernih dan seperti profesional. Harus perhatikan aturan dasar dalam fotografi selalu memerhatikan arah datangnya cahaya dan tidak membelakangi atau melawan arah cahaya datang. Usahakan juga untuk menembak subjek dengan cahaya pada satu sisi saja.

  1. Penggunaan Flash

Penggunaan Flash bisa kamu lakukan apabila subjek fotografi dalam keadaan cahaya rendah. Menggunakan flash bisa membantu menghasilkan foto yang lebih dalam beberapa kesempatan, tapi akan lebih baik jika dimatikan dan mendapatkan cahaya yang cukup secara alami. Nah, penggunaan Flash ini bisa kamu gunakan saat objek yang ingin kamu foto berada dalam cahaya rendah.  Dan akan lebih baik menggunakan flash saat berada di dalam ruangan yang benar-benar tidak ada cahaya, tetapi disertai dengan meningkatkan tingkat ISO dan eksposure atau bisa menggunakan mode malam pada fitur kamera bawaan hp.

  1. Stabilkan Tangan Saat Pengambilan Gambar

Kelemahan kamera ponsel tidak memiliki fitur atau pengaturan speed. Jadi kamu akan kesulitan mengambil gambar ketika berkendara, berjalan, atau tidak bisa terkena getaran sedikit, membuat gambar menjadi kabur. Nah, untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus saat bepergian kamu bisa berhenti terlebih dahulu dan mulai memotret seperti biasa. Tips ubah kamera hp Posisikan kedua tangan untuk mengambil gambar untuk menjaga kestabilan hasil gambar. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur timer untuk mengambil foto secara otomatis.

  1. Hindari Zoom Foto

Salah satu agar mendapatkan hasil foto yang bagus, hindari untuk memperbesar objek foto. Usahakan berada dengan objek foto sedekat mungkin agar mendapatkan hasil yang detail dan bagus. Karena biasanya hp tidak memiliki optik zoom sehingga membuat hasil gambar tidak maksimal bahkan kabur.

  1. Gunakan Mode Brust

Moder busrt memiliki fungsi untuk mengambil beberapakali foto dengan sekali shoot. Mihat kapasitas penyimpanan ponsel yang lumayan banyak dan baterai bisa dibilang lebih hemat dibandingkan kamera digital, kamu bisa mengambil foto sebanyak mungkin menggunakan hp. Meski begitu kamu tetap harus memerhatikan farming, sudut pengambilan gambar dan pencahayaan tepat supaya menghasilkan foto yang berkualitas. Mode burst sangat diandalkan mengambil gambar untuk objek yang bergerak, jadi kamu bisa memotret kondisi jalanan, anak-anak yang sedang bermain atau bahkan burung yang sedang terbang dilangit menggunakan mode burst ini.

  1. Gunakan Mode HDR

Jika kamu memiliki kestabilan bagus saat mengambil gambar, gunakan mode HDR untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik karena mode HDR memberikan pencahayaan an bayangan difoto secara merata. Mengaktifkan mode ini menghasilkan foto punchy dan terang. Bisa dijadikan solusi jika saat pengambilan gambar cahaya rendah, terlalu terang, atau cahaya kurang jelas.

  1. Gunakan Aplikasi

Nah, untuk mengakali agar dapat hasil foto sebagus kamera DSLR yakni mendownload aplikasi kamera sebagai pihak ketiga. Karena seperti kita ketahui bahwa kamera ponsel memiliki keterbatasan fitur kamera dan untuk mengatasinya bisa menggunakan aplikasi. Banyak aplikasi pihak ketiga memberikan fitur lengkap bahkan seperti yang terdapat dalam kamera DSLR Bahakan juga secara teratur diperbaharui dengan fitur terbatu yang semakin mendukung pengguna untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Aplikasi-aplikasi ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di Play Store maupun app store. Mungkin akan memakan ruang ponsel tetapi hal ini akan sebanding dengan hasil foto semakin baik, bahakan seperti profesional.

  1. Aplikasi Edit Foto

Solusi selanjutnya untuk mendapatkan hasil foto seperti kamera DSLR, mengunduh aplikasi editor foto. Kamu bisa mengedit hasil jepretan kamera sebelumnya menggunakan aplikasi pihak ketiga pada ponsel. Meski begitu akan lebih baik hasilnya jika kamu menggunakan editor foto pada PC. Bahkan proses editing ini juga digunakan oleh pemotret profesional. Tentu mereka tidak langsung mengunduh hasil foto begitu saja, tetapi menerapkan beberapa proses editing untuk menghasilkan foto semakin baik.

Trending:  Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi, Reels, Story IG

Tips kamera hp jadi seperti DSLR ini benar-benar sangat membantu untuk menghasilkan foto lebih baik, dan seperti profesional.

Check Also

Rekomendasi Aplikasi Terbaik Yang Dibutuhkan Perempuan

Apa aplikasi terbaik yang dibutuhkan perempuan di ponsel cerdas mereka? Sejujurnya, daftarnya hampir sama dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.