Tips Update Windows 11 Dengan Aman, Cek Hal Pendukung

Di era teknologi banyak pembaharuan teknologi sehingga lebih maju serta semakin canggih sesuai kebutuhan. Dengan begitu, masyarakat akan semakin mudah dalam melakukan berbagai aktivitas dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu Tips update Windows 11

Salah satunya penggunaan laptop atau PC yang sangat menunjang berbagai aktivitas seperti belajar atau bekerja. Namun, pengguna harus melakukan update Windows agar teknologi bisa mengikuti zaman dengan fitur yang lebih canggih.

Periksa Kompatibilitas PC Atau Laptop

Tips update Windows 11 memang cukup penting untuk diperhatikan karena menyangkut kerja pada PC atau laptop nantinya. Dengan memperbaharui windows, maka fitur yang dimiliki oleh perangkat menjadi semakin canggih dan memudahkan segala pekerjaan.

Namun, tidak semua perangkat bisa mendukung untuk melakukan update teknologi versi terbaru karena memiliki kapasitas masing-masing. Oleh karena itu, sebelum melakukan update ke Windows 11 ada baiknya melakukan cek pada kompatibilitas PC atau laptop yang akan digunakan.

Dengan memeriksa kompatibilitas pada perangkat dapat membantu meminimalisir masalah saat menjalankan Windows 11. Akan tetapi, update tidak perlu dilakukan jika perangkat PC atau laptop tidak memenuhi spesifikasi pemasangan Windows terbaru ini.

Pastikan Baterai Penuh

Hadirnya Windows 11 memang menjadi kabar gembira bagi para pecinta untuk menikmati fitur canggih terbaru yang ada. Tidak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong untuk melakukan update atau membeli perangkat dengan Windows terbaru ini.

Namun, untuk perangkat yang ingin update ke Windows terbaru tentu tidak bisa asal asalan karena bisa menimbulkan masalah. Sehingga disarankan untuk memeriksa kompatibilitas perangkat yang akan digunakan terlebih dahulu agar sesuai.

Tidak hanya itu, sebelum melakukan update Windows pengguna juga harus memastikan daya baterai pada perangkat. Pasalnya proses update Windows membutuhkan daya baterai yang cukup untuk menghindari kegagalan saat update atau kerusakan Sistem.

Trending:  10 Rekomendasi Hardisk Internal Terbaik 2021

Backup Data Sebelum Update

Meskipun terlihat mudah, namun setiap pengguna harus mengetahui tips update Windows yang benar agar tidak terjadi masalah. Jika tidak menerapkan persiapan yang benar perangkat atau sistem akan rentan mengalami masalah kecil hingga masalah yang fatal sekaligus.

Bahkan tidak semua PC atau laptop bisa diupdate ke Windows terbaru karena tidak semua memiliki spesifikasi yang mendukung. Oleh karena itu, sangat penting memastikan kompatibilitas perangkat terlebih dahulu.

Jika perangkat sudah memiliki spesifikasi yang sesuai untuk update, maka langkah selanjutnya dengan membackup daa. Pasalnya saat melakukan update data dalam komputer akan ikut hilang sehingga perlu di backup ke penyimpanan cloud atau flashdisk.

Optimalkan Penyimpanan

Banyak hal yang harus dilakukan dan diperhatikan sebelum melakukan update Windows karena rawan bagi sistem. Mungkin banyak peringkat seperti PC atau laptop yang bisa melakukan update, namun masalah ikut timbul karena tidak dipersiapkan dengan baik.

Salah satunya adalah kapasitas penyimpanan pada perangkat juga menjadi faktur penting terkait keberhasilan proses update nantinya. Pasalnya untuk versi Windows 11 membutuhkan ruang penyimpanan setidaknya 64 GB yang tergolong cukup besar.

Oleh karena itu, pengguna harus melakukan pengoptimalan penyimpanan dengan melakukan clean up atau memindahkan data ke harddisk secara manual. Dengan begitu, ruang penyimpanan pada perangkat akan memadai untuk melakukan update.

Buat Recovery Drive

Penggunaan PC atau laptop memang cukup dominan saat ini dimana segala hal dilakukan secara online baik proses belajar maupun pekerjaan. Sehingga setiap orang membutuhkan perangkat yang sehat agar tidak mengalami kendala saat menggunakannya.

Dengan memperbaharui Sistem Windows ke versi terbaru juga bisa menjadi penunjang kelancaran dalam melakukan aktivitas dengan PC atau laptop. Namun, penguna harus menerapkan tips update Windows 11 agar perangkat tidak mengalami masalah saat proses maupun setelah proses update.

Trending:  3 Brand Laptop Terlaris yang Banyak Digunakan Kalangan Muda

Salah satunya dengan membuat Recovery drive atau penyimpanan guna pemulihan yang bisa bermanfaat saat sistem mengalami eror. Perangkat yang sudah update kerap mengalami eror sehingga bisa dikembalikan ke sistem semula menggunakan Recovery drive.

Cek Kerusakan Pada Sistem

Semua perangkat elektronik tidak akan lepas dari bahaya serangan virus yang dapat merusak sistem hingga menyebabkan perangkat mati total. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan antivirus yang memiliki kinerja atau fungsi yang baik guna melindungi perangkat.

Pasalnya Sistem yang rusak atau corrupt tidak bisa mengoptimalkan proses update Windows 11 dengan melakukan tips update Windows yang baik. Dengan begitu, setiap pengguna kompuer atau laptop harus melakukan proses scanning terlebih dahulu guna memeriksa adanya kerusakan pada sistem.

Jika memang tidak terdeteksi masalah pada Sistem, maka proses update ke Windows 11 bisa dilakukan. Namun, jika terdeteksi adanya kerusakan sistem , maka harus memperbaikinya sendiri atau membawa ke orang yang lebih ahli.

Aktifkan Fitur Secure Boot

Untuk melakukan proses update Windows ada baiknya dilakukan oleh orang yang sudah ahli sehingga meminimalisir kesalahan. Pasalnya dengan melakukan update tentu sangat rentan terjadi masalah pada perangkat termasuk kerusakan pada Sistem.

Meskipun begitu, jika pengguna yakin untuk melakukan sendiri tentu bisa dengan memperhatikan hal-hal penting sebelum melakukan update. Salah satunya dengan mengaktifkan secure boot yang memiliki peran penting terhadap perangkat.

Dengan mengaktifkan secure boot, maka perangkat hanya akan menjalan sistem operasi yang terpercaya. Dengan begitu, keamanan pada perangkat akan terjaga selama proses update hingga proses update Windows 11 selesai.

Dengan memperhatikan tips update windows 11 dengan aman, maka proses pembaharuan tidak akan mengalami kendala. Baik masalah sederhana hingga masalah fatal dapat dihindari sehingga seluruh data dalam perangkat tetap aman.

Trending:  Rekomendasi Laptop Murah yang Dapat Anda Manfaatkan Dengan Mudah

Check Also

Tips Memilih PC Komputer yang Penting Untuk Diperhatikan

Di era serba digital seperti saat ini, perangkat teknologi seperti smartphone hingga PC komputer menjadi …