Transformasi Perkembangan RAM PC hingga Kini

Produk-produk terbaru yang kini Anda bisa nikmati telah mengalami transformasi sedemikian rupa sampai pada kecamggihan yang membantu banyak sekali pekerjaan Anda, termasuk RAM pada PC Anda. Bagaimana transformasi perkembangan RAM hingga saat ini dari mulai teknologinya dan perubahan bentuk fisiknya akan kami ulas mendalam disini.

Seru rasanya bisa mengetahui apa yang kerap Anda gunakan saat menyalakan PC Anda sebab komponen hardware pada PC memang kompleks dan kesemuanya saling topang untuk mencapai performa optimal yang dibutuhkan oleh user.

Dalam sistem komputer, kehadiran RAM sangat vital karena amat berpengaruh oada performa komputer itu sendiri terutama pada sisi kecepatan dan kapasitas tab yang Anda buka. Terlebih kebutuhan user saat ini yang umumnya menyalakan banyak tab pada saat mengoperasikan komputer.

Misalnya saja Anda sedang membuat desain grafis, biasanya Anda akan mengaktifkan music player dan sosmed bukan? Jadi kapasitas RAM yang digunakan dan kompatibilitasnya baik dengan prosesor dan kebutuhan user akan berpengaruh pada kinerja PC yang digunakan, lantas bagaimana sebenarnya sejarah RAM berkembang.

Menikik Transformasi Perkembangan RAM dari Waktu ke Waktu

Cikal-bakal RAM Generasi Pertama Tahun 1834

Jauh sebelum Indonesia merdeka, seorang pria bernama Charles Babbage berinisiatif membangun sebuah sistem analytical engine yang merupakan bibit dari adanya sistem komputer saat ini. Pria asal London, Inggris ini mengembangkan pemikiran dasar matematika untuk membantu hidup manusia dari manual menjadi mekanik untuk mengurangi potensi kesalahan.

Sistem aritmatika mekanik yamg ia kembangkan membutuhkan memori baca yang pada saat itu menggunakan punch card tetapi lama-kelamaan berkembang hingga kini transformasi perkembangan RAM ada di titik sekarang yang canggih.

Transformasi RAM dari Tahun 1932 ke Atas

Cetusan Babbage memantik banyak ilmuwan lain untuk terus mengembangkannya agar bisa berkontribusi pada peradaban manusia yang menginginkan efisiensi dan efektifitas hidup. Selanjutnya pada Tahun 1932 Gustav Tauschek melakukan perbaikan terhadap punch card agar performanya lebih baik.

Trending:  Hp Pavilion Gaming 17 Untuk Para Gamers

Sistem memori berbasis kartu yang dikembangkan Tauschek makin memuluskan banyak ilmuwan setelahnya untuk terus mengembangkannya sebab dirasa idenya cukup brilian dan berpotensi memecahkan banyak masalah manusia dalam menghadapi tantangan hidup.

Sekitar tahun 1936 transformasi perkembangan RAM berubah lagi, dari punch card ke sliding bagian logam, teknologi yang amat baru pada saat itu ditemukan pria Jerman bernama Konrad Zuse. Seorang teknik sipil dan oenemu bahasa pemrograman pertama Plankalkul ini mengembangkan memori mekanik yang digunakan pada sistem komputer.

Dari tangannya kemudian memicu banyak penemuan-penemuan baru terutama di dunia komputer yang Anda bisa rasakan sendiri transformasinya sudah secanggih apa.

Pada tahun 1939 seorang Jerman bernama Helmut Schreyer menemukan memori prototype memakai lampu neon yang di-Install pada salah satu komputer pertama bernama Z3. Pria yang ahli pada electrical engineering dan computer science ini cukup fenomenal dengan temuannya yang memudahkan orang setelahnya menemukan hal baru lagi agar semakin canggih dan kompatibel dengan kebutuhan hidup.

Artinya apa yang ditemukan bisa diproduksi masal sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh sebanyak mungkin manusia di muka bumi.

Singkatnya, pada tahun 1942 The Atanasoff-Berry Computer memiliki sekitar 60 bit kata-kata dan 50 memori utama berbentuk kapasitor sementara untuk memori sekunder menggunakan kartu punch.

Sementara itu 5 tahun berselang ada pria asal Amerika bernama Frederick Viehe yang menemukan memori menggunakan inti magnetik. Viehe mulai menaikan teknologi memori dalam bentuk dan kapasitas yang mana dampaknya sangat besar bagi transformasi perkembangan RAM dalam dunia computer science.

Transformasi Perkembangan RAM pada Era Modern

Penemuan DRAM pada Era RAM Modern

DRAM (Dynamic Random Access Memory) ditemukan oleh insinyur listrik asal Texas Amerika Serikat bernama Robert Dennard. Pada sekitar tahun 1968 Intel mulai memproduksinya secara massal sehingga bisa diakses oleh lebih banyak orang, jauh sebelum IBM mengeluarkan produk komputer pertamanya.

Trending:  Keunggulan MSI GF63, Laptop Gaming Yang Banyak Dicari

Dari sini awal mula RAM modern lahir, cetusan Dennard telah membuat perkembangan besar yang mana peran memori atau RAM itu sendiri sangat vital pada PC.

Awalnya, RAM hanya bermain di area frekuensi 4,77MHz saja dengan kebutuhan daya sekitar 5V waktu akses memorinya membutuhkan sekitar 200ns (nano second). Berkat aktifitas research and development yamg baik, alhasil pada tahun 1970 sudah dapat diproduksi DRAM dengan lebih baik dengan range frekuensi dari 4,77MHz sampai 40MHz.

Nama memorinya masih menggunakan kata dynamic didepan sebab ada keabsahan data yang tersimpan akan diperbarui secara berkala pada memori tersebut, ini merupakan transformasi perkembangan RAM pada era modern dan diproduksi massal.

Pada Tahun 1987 RAM kembali mengalami transformasi yakni dengan ditemukannya teknologi FPM (Fast Page Mode) DRAM yang memungkinkan Anda mentransfer data lebih cepat pada jumlah baris memori yang sama dari sebelumnya.

Dengan waktu akses yang lebih singkat yakni 50ns, Anda sudah dapat mengakses range frekuensi dari 16MHz sampai 66MHz yang tentu sangat terasa bedanya dari era sebelumnya. Bagaimana tidak, bandwitch yang ditawarkan dapat mencapai 188,71MB untuk setiap detiknya Anda melakukan transfer data.

Teknologi FPM kemudian diganti dengan teknologi EDO (Extended Data Output) DRAM yang diklaim kinerjanya naik signifikan hingga 20%. Perubahan dari FPM ke EDO merupakan transformasi perkembangan RAM yang mulai cepat perubahannya dari waktu ke waktu, perubahan teknologinya kian singkat namun signifikan. EDO bekerja pada waktu akses bervariasi antara 70ns sampai 50ns sedangkan untuk rentang frekuensinya berkisar antara 33MHz-75MHz.

EDO diproduksi pada sistem pabrikasi Intel 486 dan prosesor pentium generasi awal dimana dimensinya masih besar namun dari situlah perkembangan teknologi komputer bertumbuh. Pada 1997 ditemukan SD RAM yamg kompatibel dengan pentium 2 maupun 3 sementara DR RAM ditemukan pada tahun 1999 dengan kecepatan data mencapai 1,6GB per detik.

Trending:  Cara Mengatasi Laptop Not Responding!

Kemudian, ditemukanlah Double Date Rate Transfer atau DDR yang awalnya ditujukan untuk kartu grafis tetapi nyatanya bisa aplikasikan pada memori yang terbukti bertahan hingga kini.

Era DDR RAM berkembang sejak tahun 2000 dari mulai DDR 2 sampai kini sudah DDR 4 dengan kecepatan yang sangat baik, nyata sekali transformasi perkembangan RAM yang kerap tidak kita sadari bukan?

Check Also

Begini Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Laptop saat ini sudah menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu …