Web Hosting Berbayar, Berikut Kelebihan dan Kelemahannya

Web Hosting Berbayar, Berikut Kelebihan dan Kelemahannya

Dengan adanya web hosting berbayar, beberapa web developer tentu jadi merasa diuntungkan. Pada dasarnya hosting berbayar adalah server atau tempat penyimpanan virtual yang disewa. Di dalam periode waktu tertentu, Anda harus membayar biaya sewa tempat virtual alias hosting.

Jika disederhanakan, hosting ialah tempat menyimpan data yang diunggah ke internet. Baik foto, video, script hingga elemen tambahan lainnya, semua bisa disimpan dalam server tersebut. Lalu, hosting itu perlu uang sewa karena alasan seperti biaya layanan dan peningkatan keamanan.

Tidak semua web hosting berbayar karena ada juga yang dapat digunakan secara gratis. Namun, fasilitas di dalamnya tidak sebagus dan selengkap berbayar karena digunakan secara umum. Dari karakteristik yang ada, Anda nanti akan tahu mengapa berbayar itu lebih direkomendasikan.

Kelengkapan dan kualitas fasilitasnya jauh lebih unggul dibandingkan hosting gratis. Layanan juga lebih lengkap dan memadai sehingga servernya mendapat perhatian lebih. Sebelum kita mulai membahas kelebihan dan kelemahannya, Anda harus tahu jenis-jenis hosting terlebih dulu.

Jenis-jenis Hosting yang Beredar di Internet

Terdapat empat jenis hosting yang perlu Anda ketahui untuk saat ini di antaranya shared, cloud, VPS dan WordPress. Keempat jenis hosting tersebut memiliki kualitas dan fasilitasnya masing-masing. Berikut ini penjelasan singkat mengenai keempat jenis hosting yang bisa digunakan.

  1. Shared

Hosting bersama atau shared bisa digunakan oleh banyak orang secara bersamaan. Karena di penyimpanannya terbuka untuk umum, semua bisa saling membagi file satu sama lain. Tentu saja hal ini bisa dilakukan ketika pengguna mendapatkan izin menerima dari pengguna lain.

  1. Cloud

Jenis kedua ialah Cloud hosting yang database penyimpanannya lebih besar dan luas. Cloud bisa menjadi salah satu web hosting berbayar karena banyak fasilitas di dalamnya. Jika dilihat dari datanya, cloud ialah kumpulan server yang terhubung menjadi satu jaringan raksasa.

  1. VPS
Trending:  5 Layanan Hosting Gratis Terbaik Untuk Pemula

Virtual Private Server merupakan hosting yang khusus memiliki penyimpanan pribadi. Semua perusahaan besar menggunakan VPS agar data di dalamnya aman. Semua data yang disimpan di dalam VPS hanya bisa diakses oleh sedikit pengunjung atau anggota situs tersebut.

  1. WordPress

Terakhir ada hosting yang umumnya digunakan oleh pemula. WordPress ialah hosting gratis yang bisa digunakan dengan mudah karena fiturnya terbatas. Tipe penyimpanannya masuk kategori shared, namun fasilitas di dalamnya dibuat lebih simpel dan sederhana.

Cara Menggunakan Web Hosting Berbayar

Untuk dapat menggunakan hosting berbayar, Anda harus mengunjungi salah satu host terlebih dulu. Setelah itu beli lisensi yang dapat digunakan untuk membuka server sendiri. Jika tidak beli lisensi, Anda bisa menyewanya agar dapat izin masuk ke dalam server dan mengolahnya sendiri.

Beberapa hosting berbayar diberi fasilitas lengkap, namun ada juga yang sifatnya Customable. Arti dari Customable ialah, hosting tersebut dapat dimodifikasi sesuka hati Anda. Fasilitas, fitur serta elemen lain bisa dibuat dan diprogram sendiri sehingga hostingnya terlihat unik.

Tentu saja hosting seperti ini sangat sulit untuk diolah dan membutuhkan developer profesional untuk mengolahnya. Web hosting berbayar memiliki karakteristik yang berbeda beda tergantung host penyedianya. Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui host mana yang diperlukan.

Baik dari segi fasilitas, kapasitas penyimpanan, tingkat keamanan, kecepatan bandwidth hingga layanannya, semua bisa jadi bahan pertimbangan. Selama Anda paham cara memodifikasi server, berbagai tipe hosting berbayar bisa dimanfaatkan untuk membuat situs website pribadi.

Beberapa Kelebihan Web Hosting Berbayar

Setelah mengetahui jenis-jenis dan cara menggunakannya, kini Anda bisa ketahui kelebihan dari hosting berbayar. Secara umum ada beberapa karakteristik yang mirip antara hosting berbayar di Indonesia. Berikut kelebihan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan hosting tersebut.

  1. Kapasitas Penyimpanan
Trending:  6 Jasa Hosting Terbaik Cocok untuk Kebutuhan Bisnis Online

Hosting ialah penyimpanan virtual yang terhubung ke dalam suatu tempat. Dalam ruang itu, tempat penyimpanannya bisa besar ataupun kecil. Hosting berbayar memiliki kapasitas yang besar sehingga Anda bisa menyimpan banyak data situs di dalamnya.

Uniknya beberapa host web hosting berbayar dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan klien jika membayar lebih. Kapasitas ini bisa mencapai 1 Tera tergantung layanan host yang Anda pilih. Ini jadi kelebihan karena hosting gratis dibatasi dan ukurannya kurang dari 50Gb.

  1. Tingkat Keamanan

Tingkat keamanan hosting berbayar juga sangat bagus sehingga developer memakainya. Jika disebutkan terdapat keamanan DDoS, Malware, SSL, pencadangan Data hingga keamanan informasi pengguna. Semua itu diperlukan untuk menjaga data virtual agar tetap aman.

Tingkat keamanan menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan dengan seksama. Ketika host tidak bisa menjamin keamanan datanya, maka layanannya bisa dipastikan buruk. Anda perlu mencari web hosting berbayar yang berkualitas agar keamanan datanya terjamin.

  1. Bebas Iklan

Tentu saja karena berbayar, Anda tidak akan menerima iklan dari pihak Host. Berbeda halnya dengan hosting gratis, Anda akan mendapat iklan terus menerus ketika menggunakannya. Ini akan mengganggu pengguna khususnya pengunjung yang mengakses situsnya.

Oleh sebab itu, Anda perlu gunakan hosting berbayar agar tidak mendapat iklan mengganggu. Manfaatkan juga fasilitas yang ada agar situs Anda tampak lebih bagus dan profesional.

  1. Modifikasi Menyeluruh

Web hosting berbayar banyak direkomendasikan karena mudah dimodifikasi. Fitur, fasilitas serta domainnya dapat dimodifikasi sesuai selera dan keinginan Anda. Hal ini akan membantu situs terus berkembang dan menunjukkan profesionalitas dimata pengguna internet.

Beberapa perusahaan besar sudah menggunakan hosting berbayar untuk meningkatkan situs resminya. Salah satu contoh penyempurnaan kualitas ialah dengan mengubah domain. Anda bisa mengganti domain sesuai nama perusahaan, agar pengguna internet tahu identitasnya.

  1. Layanan Penuh
Trending:  Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar yang Perlu Anda Ketahui

Terakhir Anda akan mendapatkan pelayanan penuh ketika menggunakan hosting berbayar. Pelayanan ini diberikan dalam bentuk penyempurnaan server, peningkatan kecepatan server dan perbaikan kendala. Hosting pada dasarnya dapat mengalami kendala di setiap waktu.

Hosting berbayar akan mendapatkan layanan penuh sehingga proses perbaikannya cepat. Di sisi lain jika Anda gunakan hosting gratis, maka proses perbaikannya lama. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi situs dan menurunkan kualitasnya jika kendala tidak segera diperbaiki.

Kelemahan Menggunakan Web Hosting Berbayar

Selain kelebihan, tentu hosting berbayar memiliki kelemahan yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui kelemahan yang ada, mungkin Anda bisa mempertimbangkan penggunaan hosting ini ke depannya. Berikut kelemahan hosting berbayar yang perlu diketahui developer.

  1. Butuh Keahlian

Karena modifikasinya bebas, Anda harus punya keahlian sebagai developer web. Tipe hosting berbayar sangat unik dan luas pengembangannya sehingga keahlian harus diutamakan. Jika Anda tidak memiliki keahlian, maka pembelian ini akan percuma dan beralih merugikan.

  1. Perawatan Berkala

Keahlian tersebut nantinya juga digunakan untuk merawat situs secara berkala. Host hanya bisa merawat server dan tidak bisa mempengaruhi situs Anda. Jadi, semua perawatan web hosting berbayar harus dilakukan secara mandiri dengan mengutamakan keahlian developer.

  1. Berbayar

Kelemahan terakhir ialah biayanya yang bisa mahal dan membebani Anda ke depannya. Jika tidak bisa memaksimalkan hosting, Anda akan rugi besar karena sudah membayarnya.

Dengan mengetahui informasi di atas mulai dari jenis, cara, kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mengetahui bahwa keahlian harus diutamakan agar web hosting berbayar bisa dimaksimalkan segala fiturnya.

Check Also

Web Hosting Gratis, Cari Tahu Keuntungan dan Kekurangannya

Web Hosting Gratis, Cari Tahu Keuntungan dan Kekurangannya

Menggunakan web hosting gratis memang jadi salah satu opsi yang dimiliki oleh blogger dan web …