fbpx
Web Hosting Gratis, Cari Tahu Keuntungan dan Kekurangannya

Web Hosting Gratis, Cari Tahu Keuntungan dan Kekurangannya

Menggunakan web hosting gratis memang jadi salah satu opsi yang dimiliki oleh blogger dan web developer. Hosting sendiri lebih dikenal orang awam sebagai server tempat penyimpanan. Hal ini benar adanya karena hosting digunakan untuk menyimpan berbagai macam elemen virtual.

Hosting digunakan untuk menyimpan data berkas web yang nantinya bisa diakses dan dilihat oleh pengguna internet. Data berupa gambar, program, suara, video hingga berkas file script, semua bisa disimpan di dalam server agar fasilitas web blogger jadi terlihat lebih menarik.

Untuk dapat mengakses hosting, pengguna internet membutuhkan domain atau Link. Domain itu digunakan sebagai jalur atau alamat yang menghubungkan pengunjung ke dalam server. Ketika menggunakan web hosting gratis, biasanya domain ini sudah terintegrasi dengan nama host.

Artinya domain tersebut tidak bisa diubah namanya karena sudah melekat dengan nama hosting. Berbagai ketentuan lain yang ada di dalam hosting gratis dapat mempengaruhi desain akhir web Anda nantinya. Oleh sebab itu, keuntungan dan kekurangannya juga harus Anda ketahui.

Mengenal Lebih dalam Web Hosting Gratis

Seperti namanya, web hosting ini tidak berbayar atau gratis selama digunakan untuk server Anda sendiri. Hosting digunakan pada suatu website untuk menyimpan seluruh data yang diperlukan. Tanpa adanya hosting atau server, Anda tidak akan dapat mengunggah foto dan data lainnya.

Sederhananya, developer web menyewa ruang secara virtual untuk menyimpan data di internet. Ruang penyimpanan virtual itulah yang dinamakan hosting atau server website. Dengan adanya web hosting gratis, Anda tidak perlu menyewa ruang dan membayar per periode.

Pastinya hal ini sangat menguntungkan karena semua data penyimpanan bisa disimpan di server secara gratis. Cara kerja hosting sendiri ialah developer mengunggah data dan disimpan di sana. Ketika pengguna internet mengakses situs Anda, mereka akan dibawa ke dalam ruang server.

Seluruh data yang diperlukan oleh pengguna internet baik itu kata, gambar, foto atau video akan dimunculkan secara langsung. Data yang muncul berasal dari hosting pihak developer situs web. Selama hosting gratis itu masih aktif, maka semua datanya bisa muncul setiap dibutuhkan.

Hosting sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis seperti shared, cloud, VPS dan WordPress. Semua jenis hosting tersebut menawarkan fasilitasnya masing-masing dalam menyimpan data. Namun tentu saja, Anda harus mengetahui karakteristik hosting gratis dulu sebelum mempelajarinya.

Keuntungan Menggunakan Web Hosting Gratis

Pada dasarnya keuntungan utama dari hosting gratis ialah tidak berbayar selama digunakan. Tapi, masih ada keuntungan lain yang bisa Anda rasakan ketika menggunakannya. Berikut ini 3 hal yang dapat Anda dapatkan ketika menggunakan hosting gratis pada situs web pribadi.

  1. Bebas Biaya Perawatan

Karena gratis, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk merawat hosting. Semua itu sudah ditanggung oleh host penyedia server untuk website Anda. Anggaran untuk mengurus website tentunya akan semakin berkurang karena Anda tidak perlu membayar lebih.

  1. Dapat Pelayanan

Host atau pemilik server bisa memberikan Anda pelayanan ketika menggunakan produknya. Ini jadi salah satu keuntungan web hosting gratis yang bisa dirasakan secara langsung. Setiap mengalami masalah, Anda hanya perlu menghubungi host untuk minta diperbaiki.

  1. Simpel

Keuntungan terakhir yang bisa Anda rasakan adalah hosting simpel dan mudah dipakai. Tentu saja hosting gratis memiliki fitur dan fasilitas yang lebih sederhana. Sehingga, semua elemen website Anda bisa ditambahkan dengan mudah tanpa harus membuatnya sendiri.

Kekurangan Menggunakan Web Hosting Gratis

Beberapa orang tidak tahu bahwa kekurangan hosting gratis lebih banyak daripada keuntungan di dalamnya. Hal ini berkaitan dengan kondisi server yang sifatnya dibuat untuk bersama-sama. Berikut ini kekurangan yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan hosting gratis.

  1. Keterbatasan Penyimpanan

Hosting merupakan tempat penyimpanan virtual data di internet bagi para developer. Tentu saja ada kapasitas penyimpanan yang harus diperhatikan oleh setiap penggunanya. Karena gratis, hosting biasanya hanya menawarkan kapasitas kecil mulai dari 250Mb sampai 30Gb.

  1. Minimnya Support

Perlu diingat, web hosting gratis itu dibuat untuk universal atau penggunaan bersama. Jika satu pengguna mengalami masalah, maka proses penyelesaiannya akan butuh waktu lama. Inilah alasan mengapa hosting gratis tidak direkomendasikan untuk memulai akun bisnis.

  1. Banyaknya Iklan

Sifatnya yang gratis membuat host perlu mencari dana tambahan untuk mengelolanya. Cara satu-satunya ialah dengan memperbanyak iklan di dalam situs website Anda. Kondisi seperti ini akan sangat mengganggu khususnya bagi pengguna internet seperti pengunjung.

  1. Minimnya Fasilitas

Memang, Anda akan mendapat fasilitas ketika menggunakan hosting gratis. Tapi fasilitas itu tidak selengkap hosting berbayar sehingga pengembangannya jadi terbatas. Minimnya fitur dan fasilitas bisa mempermudah pengelolaan, namun tidak untuk pengembangan.

  1. Domain Hosting

Web Hosting gratis memiliki domainnya sendiri dan tidak bisa dimodifikasi. Anda tidak akan bisa memiliki domain sendiri ketika sudah menggunakan server gratis. Tentu saja ketika dicari di internet, Anda harus menggunakan nama hosting sebagai alamat pencarian utama.

  1. Minimnya Keamanan

Kekurangan hosting gratis lainnya terletak di bagian keamanannya. Tingkat keamanan yang rendah dapat menyebabkan data hilang atau disalin oleh orang lain. Jika terus dibiarkan, hal ini akan menurunkan kualitas situs Anda sehingga algoritma Google jadi menghiraukannya.

  1. Bandwidth dan Kecepatan Lambat

Kecepatan akses situs web pada dasarnya juga dipengaruhi oleh hosting yang digunakannya. Ketika hosting lambat, maka kecepatan aksesnya juga akan semakin berkurang. Hosting gratis bisa melambat karena digunakan oleh banyak orang dan server yang kualitasnya buruk.

  1. Tidak Cocok untuk Akun Bisnis

Kekurangan terakhir web hosting gratis ialah tidak cocok sebagai akun bisnis. Alasannya bisa dilihat dari beberapa poin sebelumnya seperti domain yang tidak bisa diubah. Kondisi ini akan menyebabkan situs menjadi tidak profesional dan menurunkan minat calon konsumen.

Server Website Gratis Termasuk Jenis Shared Hosting

Setelah mengetahui karakteristiknya, kini Anda bisa cari tahu mengapa web hosting itu tersedia secara gratis. Sekarang ada empat jenis hosting yang perlu diketahui di antaranya shared, cloud, VPS dan WordPress. Keempat versi hosting itu memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri.

  1. Shared Hosting

Hosting yang bisa digunakan secara bersama oleh beberapa pengguna sekaligus. Data yang disimpan akan masuk dalam satu database besar dan aksesnya mudah. Semua pengguna bisa mengakses data yang ada di dalam shared hosting dan bisa dibagikan jika memiliki izinnya.

  1. Cloud

Penyimpanan awan atau cloud hosting memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Jika dilihat, tipe penyimpanannya sama seperti shared hosting namun lebih besar. Penyebabnya karena ratusan server bekerja sama dalam satu cloud yang membentuk jaringan raksasa.

  1. VPS Hosting

Virtual Private Server ialah jenis hosting yang memiliki penyimpanan sendiri. Biasanya jenis hosting ini berbayar karena Anda menyewa tempat untuk kepentingan pribadi. Kapasitas di server sepenuhnya menjadi milik Anda karena hak sewanya sudah dipegang.

  1. WordPress

Terakhir yaitu WordPress digunakan secara bersama namun hanya untuk pengguna server ini. Biasanya server ini dikhususkan untuk pemula yang baru belajar membuat blog pribadi. Fasilitas di dalamnya sederhana dan mendukung pemula untuk mengolah sendiri situsnya.

Dari keempat jenis di atas, hanya shared dan WordPress yang bisa digunakan secara gratis. Anda bisa manfaatkan semua fasilitas di dalamnya untuk mempelajari cara bangun situs sendiri. Web hosting gratis memang cocok digunakan untuk belajar membangun khususnya bagi pemula.